Berita Nasional Terpercaya

Mudik dengan Sepeda Motor, 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan

0

Bernas.id ? Banyak moda transportasi yang bisa dipakai untuk mudik. Contohnya, menggunakan angkutan pesawat, kapal, mobil, dan yang terakhir motor. Mudik menggunakan sepeda motor memang tidak disarankan. Namun, jika tak ada pilihan transportasi lain, terpaksa harus mudik memakai motor.

Nah, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk mudik, perhatikan lima hal ini agar selamat sampai tujuan. Berikut ini, ulasannya:

Bawa barang dan penumpang sesuai kapasitas

Kamu disarankan tidak membawa barang yang berlebihan. Kapasitas barang dan penumpang yang dibawa akan memengaruhi performa kendaraan dan laju di jalan. Motor memiliki kapasitas berat yang ditentukan, serta hanya untuk satu penumpang.

Gunakan safety gear yang lengkap

Gunakan helm agar bisa melindungi kepalamu dan menahan terpaan angin serta debu. Juga selalu gunakan masker dan sarung tangan. Masker bisa melindungi mulut dan hidung dari polusi. Sarung tangan bisa melindungi tangan dari sinar matahari, mempererat grip, dan bisa membantu meringankan benturan.

Lakukan pengecekan motor

Pengecekan motor menjadi penting saat akan mudik perjalanan jauh, misal service kendaraan terlebih dahulu agar kondisi rem dan mesin tetap prima. Perhatikan pula permukaan ban motormu, apakah masih ada layak atau sudah gundul.

Pastikan kondisi kesehatanmu prima

Makan bergizi dan istirahatlah yang cukup. Kesehatan tubuh akan memengaruhimu ketika di perjalanan. Jangan sampai saat di perjalanan mudik, tubuh kita justru drop karena kurang sehat. Bawa obat-obatan yang diperlukan untuk bisa dipergunakan ketika diperjalanan.

Petakan jalur-jalur yang rawan macet

Sebelum mudik, kamu pelajari dulu jalur-jalur yang akan kamu lewati, apakah itu jalur rawan macet atau tidak. Kamu bisa mengeceknya melalui informasi-informasi resmi yang disediakan di portal resmi pemerintah yang banyak tersedia di internet. Selain itu, tentukan lokasi-lokasi  di mana kamu akan beristirahat. (Jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.