Wajah Pasar Beringharjo Kini


12 Juni 2018

Pasar Beringharjo (sumber foto: Bernas.id/Jati)

Bernas.id - Pasar Beringharjo, rutinitas para pedagangnya tak pernah sepi. Dari pintu masuk sisi barat, ramah para pedagang yang menawarkan ragam pakaian batik, tas, atau topi anyaman menyambut para pengunjung.

Benedik Cahyo S, Kepala Bidang Penataan, Pengembangan, dan Pendapatan Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta menyebut bahwa jumlah pengunjung per hari untuk Pasar Beringharjo (low session) mencapai 10.000 orang. “Untuk long weekend sampai sekitar 17.500 orang dan menjelang Lebaran diperkirakan dua kali lipatnya sampai 35.000 orang,” paparnya ke Bernas.id, Selasa 5 Juni 2018.

Nyatanya, keberadaan Pasar Beringharjo tidak bisa dilepaskan  dari keberadaan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sri Sultan Hamengku Buwono I menjadi perintis pasar yang terletak di sebelah utara Benteng Vredenburg ini.

Awalnya, Sri Sultan HB I hanya ingin membangun sarana perdagangan saja dengan deretan lapak-lapak. Namun, seiring waktu, wilayah pasar itu dijadikan tempat transaksi jual beli oleh rakyat Yogyakarta dan sekitarnya.

Kala itu, Pemerintah Hindia Belanda pun mulai mengembangkan pemukiman orang Belanda beserta fasilitas publik lainnya di sekitar kawasan pasar tersebut. Menangkap peluang situasi tersebut, HB I bertekad mengembangkan pasar yang masih sederhana itu.

Tanggal 24 Maret 1925, Sultan HB I akhirnya memberikan proyek pembangunan los-los pasar kepada Perusahaan Beton Hindia Belanda (Nederlandsch Indisch Beton Maatschappij). Akhir Agustus 1925, 11 kios selesai dibangun, kemudian kios yang lainnya menyusul. Akhir Maret 1926, pembangunan pasar bergaya arsitektur Art Deco rampung. Kini, Pasar Beringharjo memiliki luas tanah 25.600 m2 dengan luas bangunan lebih kurang 65.000 m2.

“Pasar Beringharjo sudah sejak lama ada sebagai pusat perekonomian. Empat kesatuan yang harus ada di sebuah Kesultanan, yaitu kraton, alun alun, pasar, dan masjid gedhe. Itu berdasar sejarah,” tutur Benedik.

Seiring waktu dengan banyaknya pembangunan, Pasar Beringharjo pun memiliki banyak perubahan di dalamnya. Benedik menyebut Pasar Beringharjo mulai 11 April 2018 lalu telah melayani pembeli sampai dengan malam hari pukul 21.00 WIB. Selain itu, di selatan Pasar Beringharjo, kini telah tersedia fasilitas drop zone dengan fasilitas ATM centre.

“Drop zone area untuk menurunkan dan menaikkan pengunjung pasar dengan nyaman dan teduh di pintu utama sisi Selatan. Tersedia kursi-kursi tunggu di tempat yang teduh,” jelas Benedik.

Mengikuti perkembangan era digital saat ini, sebut Benedik, di Pasar Beringharjo telah tersedia layanan digital untuk pedagangnya, berupa layanan E-Retribusi, yaitu pembayaran retribusi pelayanan pasar dalam hal ini retribusi kios dan los melalui mesin yang bekerja sama dengan BPD DIY. “Mendukung program gerakan non tunai sejak tanggal 15 Mei 2018,” imbuhnya.

Dari sisi keamanan pasar, Benedik menyebut adanya alat atau sistem terkini yang telah dipasang di titik-titik strategis Pasar Beringharjo. “Pasar Beringharjo sudah dilengkapi dengan CCTV dengan kamera yang tersebar pada titik-titik strategis dan dipantau selama 24 jam melalui dua ruang pemantau CCTV,” jelasnya.

Jelang Lebaran 2018, selain drop zone dan jam buka sampai malam, Benedik menyebut bahwa dari sisi sarana dan prasarana ada upaya-upaya perbaikan fasilitas pasar. “Dari sisi keamanan dan kebersihan lebih digiatkan tenaga kamtib dan kebersihan pasar,” terangnya.

Ketika disinggung Pasar Beringharjo objek wisata belanja kedua setelah Malioboro, Benedik menyatakan ketidaksepakatannya karena ada sudah sejak lama ada sebagai pusat perekonomian. “Pasar Beringharjo objek wisata belanja pertama bukan kedua,” jawab tegasnya.

Kalau ada yang menyebut Pasar Beringharjo sebagai objek wisata batik, Benedik juga kurang setuju. “Pasar Beringharjo tidak hanya menjual komoditas batik saja. Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu dengan berbagai macam komoditas barang yang dijual. Memang untuk Beringharjo bagian barat sebagai pintu masuk utama didominasi batik sehingga mungkin sebagian orang menganggap dan menyebut sebagai objek wisata batik karena memang batik di Pasar Beringharjo dijual dengan harga grosir yang berkualitas bagus dengan berbagai pilihan corak model ataupun warnanya,” bebernya.

Disampaikan Benedik, selain batik, sebenarnya masih banyak komoditas unggulan lain dari Pasar Beringharjo, misalnya kerajinan di Lantai 3 sisi timur, Beringharjo tengah, dan bahan pokok di Lantai 1 sisi timur. “Tas rajut di Lantai 2 dan 3 bagian tengah. Kerajinan rotan di sisi timur Lantai 3,” imbuhnya.

Pak Yohanes, penjual berbagai ragam pakaian yang semenjak umur 20 tahun sudah berdagang menilai bahwa  Pasar Berigharjo saat ini semakin baik. “Keamanannya, kebersihannya, dan tata tertibnya, misal retribusi semua berjalan dengan bagus,” katanya.

Menurut Yohanes, Pasar Beringharjo disebut sebagai objek wisata belanja kedua setelah Malioboro, bagus-bagus saja. “Soale kadang-kadang ada orang yang mungkin waktunya belanja untuk pagi dan siang nggak ada, sorenya masih bisa (kePasar Beringahrjo-red) karena ada yang masih buka,” ujarnya.

Selain itu, Pasar Beringharjo, lanjut Yohanes, mampu menggiatkan pariwisata Jogja. ”Mau belanja itu bagus, baik, komplit. Jadi, tidak mengecewakan pengunjung. Kalau menjelang Lebaran, biasanya pakaian, tapi mungkin barengan sama sekolah jadi agak sepi sekarang ini. Kalau dulu sebelum lebaran, ada stok omset lebaran. Sekarang tidak berani, sekarang pasarnya sepi,” tuturnya.

Sementara itu, Ibu Upik, sebagai padagang kaos dan baju yang sudah 12 tahun berjualan menyebut Pasar Beringharjo berbeda kayak yang biasanya karena agak redup. “Belum kelihatan karena biasanya kalau akan Lebaran, sudah ramai padat apalagi sudah masuk mendekati. Kalau tahun sekarang ini, kurang.  Faktor ekonomi  yang pertama, saya rasa. Kedua, barengan orang Lebaran sama anak-anak masuk  sekolah,” bebernya.

Terkait pelayanan dari kantor Pasar Beringharjonya, Ibu Upik menjawab bagus. “Untuk customer-customer bagus, misal kalau ada barang orang tertinggal, nanti diantarkan ke kantor lalu diumumkan beberapa kali untuk ambil di situ,” katanya.

Pasar Beringharjo disebut sebagai objek wisata belanja kedua setelah Malioboro, Ibu Upik memiliki pernyataan yang berbeda. “Kalau pendapat saya, untuk orang grosir kan harus ke Pasar Beringharjo, kalau ke Malioboro isitlahnya ke kaki limanya. Ciri khasnya Jogja kalau nggak masuk ke Malioboro nggak masuk ke Jogja. Kaki lima yang rada tertib mungkin Jogja. Untuk belanja sampai malam, mungkin Malioboro,” jawabnya.

Sedangkan, Saryono, asal Sukoharjo yang sudah berjualan sejak tahun 1992 menyebut Pasar Beringharjo, khususnya di bulan puasa dan menjelang Lebaran ini terasa masih biasa-biasa saja. “Biasa-biasa saja kalau menjelang hari Lebaran, awal puasa sampai pertengahan puasa masih sepi,” tukasnya.

Untuk pelayanan dari pihak kantor Pasar Beringharjo, Saryono menyebut bagus. “ Tidak ada masalah, bagus-bagus saja,” jawabnya pendek.

Ketika dimintai komentar Pasar Beringharjo sebagai objek wisata belanja kedua setelah Malioboro, Saryono menjawab kurang setuju. “Saya kurang setuju. Kalau pusat belanja pertama itu ya Beringharjo, Malioboro malahan yang kedua. Kalau di pasar segala bentuk jenis dagangan ada. Kalau di Malioboro kebanyakan kerajinan,” jelasnya.

Melisa, salah seorang pengunjung dari Kota Solo menyebut bahwa harga-harga di Pasar Beringharjo terkenal murah  “Ya soalnya dengar-dengar murah. Kadang untuk barang-barang tertentu memang lebih murah,” ucapnya.

Disebut Melisa, Pasar Beringharjo boleh juga dikatakan wisata batik karena hampir semua barang dagangannya batik. “Soalnya mencari model pakaian polosan jarang di sini,” ucapnya.

Ketika ditanya Pasar Beringharjo sebagai objek wisata belanja kedua setelah Malioboro, Melisa menjawab sepakat. “Setuju saja, memang bener. Soalnya kalau ke Jogja biasanya kalau nggak ke Malioboro, ya ke Beringharjo tujuan utamanya,” jawabnya.

Sementara itu, Ani pengunjung dari Bantul menyebut barang dagangan Pasar Beringharjo itu murah dan lengkap. “Modelnya banyak dan macam-macam. Di dalam (Pasar Beringahrjo-red) lumayan bagus, jadi nggak usah ke mana-mana lagi, sudah ada semua di situ,” katanya.

Saat ditanyai pasar Beringharjo sebagai objek wisata belanja kedua setelah Malioboro, Ibu Ani menolak anggapan tersebut karena Pasar Beringharjo justru yang pertama. “Pasar Beringharjo yang nomor satu karena lebih murah, sana (Malioboro-red) lebih mahal,” pungkasnya. (Jat)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Ribuan Warga Kulonprogo Dilatih untuk Bekerja di NYIA

SLEMAN, BERNAS.ID- Pernyataan PT Angkasa Pura I akan lebih mengutamakan warga terdampak dan warga Kulonprogo untuk bekerja di New Yogyakarta International Airport (NYIA) nanti bukan sekedar omong kosong. Selepas mengisi acara di UGM, Rab ...

DIY

Tiang Listrik Lokasi Favorit Pemasangan APK Caleg

SLEMAN, BERNAS.ID- Bawaslu Kabupaten Sleman menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang tidak sesuai aturan (sembarangan) di wilayah Kecamatan Depok, Sleman. Dari 8 titik lokasi sasaran penertiban, banyak APK yang dipasang menempel ...

DIY

Forum Wartawan Yogyakarta Laporkan Pemilik Akun FB Yanto Sumantri ke Polisi

SLEMAN,BERNAS.ID -Puluhan awak media yang tergabung dalam forum wartawan DIY melaporkan pemilik akun facebook (FB) Yanto Sumantri ke Polda DIY, Selasa (15/1/2019). Latar belakang laporan ke polisi terkait dengan postingan Yanto Sumantri ...

DIY

Dijadikan Lagu Kampanye, Pencipta Lagu Jogja Istimewa Geram

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Rapper Marzuki Mohamad atau juga dikenal dengan nama Kill The DJ keberatan lirik lagu 'Jogja Istimewa' diganti menjadi dukungan ke capres Prabowo Subianto.  Hal itu diketahui dari sebuah video ya ...

DIY

KPID Tegaskan, Tudingan ICJ Tentang Berita Hoaks Keliru

YOGYA, BERNAS.ID - Polemik grup publik facebook 'info cegatan jogja' yang ramai mempersoalkan pemberitaan MNC TV Biro Yogyakarta direspons oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). KPID DIY mene ...

DIY

Lapor ke Polda DIY, Marzuki Mohamad Tak Terima Lagunya untuk Politik

SLEMAN, BERNAS.ID- Marzuki Mohamad atau yang dikenal Kill the DJ, pencipta lagu Jogja Istimewa melaporkan akun Twitter @Cakhum karena lagu ciptaannya dicatut untuk mengkampanyekan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke Polda DIY. Terkait k ...

DIY

Tolak Pembangunan Apartemen, Para Ketua RT Muja-Muju Kembalikan SK

YOGYA, BERNAS.ID-Sejumlah ketua RT yang berada di bawah RW 05 Balirejo, Muja-Muju, Umbulharjo mengembalikan surat keputusan (SK) kepemimpinan mereka, di kantor kelurahan Muja-muju, Selasa (15/1/2019). Pengembalian SK dilakukan karena para p ...

Pariwisata

Data Arkeologis: Sendratari Dyah Bhumijaya di Situs Ratu Boko

SLEMAN, BERNAS.ID -- PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Ratu Boko bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Minggu (13/01/2019), menggelar Sendratari Dyah Bumijaya, ...

DIY

Satpol PP Tertibkan Empat PKL Jogja di Awal Tahun Ini

YOGYA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Jogja telah menertibkan sedikitnya empat pedagang kaki lima (PKL) di awal tahun ini. Selain itu, petugas juga menertibkan satu parkir liar di wilayah Kota Jogja.  Kepal ...

Ekonomi

Pelaku Ekonomi Sekitar Proyek Underpass Kentungan Khawatir

SLEMAN, BERNAS.ID- Senin, 14 Januari 2019 menjadi awal dimulainya pembangunan underpass di Simpang Empat Kentungan, Jalan Kaliurang, Ringroad Utara Sleman. Selain akan memberikan dampak yang cukup siginifikan terhadap laju arus lalu-lintas ...

DIY

Bobol Toko, Residivis Kuras Belasan HP dan Puluhan Kartu Perdana

SLEMAN,BERNAS.ID- Jajaran Unit Reskrim Polsek Ngaglik berhasil meringkus dua pelaku pencurian berinisial DK (20) warga Pakem dan RY (18) warga Ngemplak pada Minggu (13/1) sekitar pukul 23.30 WIB. Keduanya ditangkap setelah melakukan tindak ...

DIY

UWMY Gelar Widya Mataram Got Talent

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) yang telah berdiri sejak 1982, saat ini memiliki 2 kampus yaitu di nDalem Mangkubumen dan di dalam Jogja City Mall Lantai 1. UWMY memiliki 10 Program Studi yaitu Manaj ...

Budaya

Kemeriahan Wayangan Merti Desa Ringinsari

SLEMAN, BERNAS.ID - Merti Desa di Padukuhan Ringinsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk, Sabtu malam (12/01/2019) di lapangan Ringinsari. Pagelaran wayang kulit ini menampilkan lak ...

Budaya

Pameran Nusantara, Hadirkan Puluhan Karya Visual Perupa Anak dan Dewasa

YOGYA, BERNAS.ID - Pameran seni rupa keluarga Nusantara dihadirkan di Jogja Gallery, Mulai 12 – 21 Januari 2019. Ini adalah pameran gabungan antara puluhan seniman cilik dan dewasa. "Hari ini saya merasa bangga karena seniman- ...

DIY

HS Merasakan AL Merespon Ciumannya

KOTAYOGYAKARTA, BERNAS.ID- Kasus dugaan perkosaan dan pencabulan terhadap AL, mahasiswi UGM ketika KKN di Pulau Seram semakin terbuka fakta-faktanya. Polda DIY pun berkomitmen untuk mengungkap kasus ini seterang-terangnya. Tommy Susanto, ...

DIY

Polisi Komitmen Selesaikan Kasus AL, Mahasiswi UGM, Seterang-terangnya

SLEMAN, BERNAS.ID- Polda DIY menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami AL, mahasiswi Fisipol UGM yang selama ini disamarkan Agni dengan seterang-terangnya. Untuk perkembangan terakhir, Kombes ...

Pendidikan

Nanokitosan dari Cangkang Kepiting, Anti Hama Ramah Lingkungan

SLEMAN, BERNAS.ID- Peneliti UGM, Dr Ronny Martien, berhasil mengolah limbah cangkang kepiting dan udang menjadi nanokitosan untuk menekan hama pertanian yang ramah lingkungan. Ronny mengungkapkan pengembangan formula nanokitosan bermula dar ...

DIY

10 Ribu Warga Sleman Belum e-KTP

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman melakukan perekaman e-KTP di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Yogyakarta, Pakem, pada Kamis 10 Januari 2019. Kabid Pelayanan Pen ...

DIY

Polsek Depok Timur Ungkap 4 Kasus Curanmor

SLEMAN, BERNAS.ID- Selama Operasi Curanmor Progo 2018, Unit Reskrim Polsek Depok Timur Polres Sleman berhasil mengungkap 4 kasus curanmor (pencurian kendaraan bermotor) dengan mengamankan 4 tersangka berinisial MS, AMP, MN, dan M dengan bar ...

DIY

Ngopi atau Ngolah Pikir di Angkringan, Ini Manfaatnya.

YOGYAKARTA, BERNAS.ID -- Ngobrol untuk membahas permasalahan lingkungan atau berkenaan dengan isu-isu kewilayahan bahkan sampai isu negara di angkringan bisa lebih cair daripada diskusi resmi ala akademisi. Dalam menyampaikan pendapat maupu ...

Olahraga

Kejuaraan Atletik Tandai Peresmian Stadion Mandala Krida Baru

YOGYA, BERNAS.ID - Event BPD Championship 2019, kejuaraan atletik yang digelar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) DIY, menandai peresmian Stadion Mandala Krida usai renovasi, Kamis 10 Januari 2019. Event ini diikuti oleh r ...

Olahraga

Gubernur Resmikan Stadion Mandala Krida Baru

YOGYA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Stadion Mandala Krida baru yang sudah direvitalisasi sejak 2012, pada Kamis (10/1/2019) pagi. Peresmian ditandai dengan pemotongan buntal dan penandatanganan prasasti. ...

DIY

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkot Yogyakarta Teken MoU dengan Kemenag

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan publik di Kota Yogyakarta, komitmen ini dibuktikan dengan penandatangan Mou antara Pemkot Yogyakarta dengan Kantor Kementrian Agam ...

Ekonomi

Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok, Ramah Lingkungan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menyaksikan pelatihan budidaya lele sistem bioflok menggunakan drum di Masjid Al Ikhwan, Dukuh, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. Pelatihan ini digelar oleh Majelis ...

DIY

Gubernur DIY Resmi Membuka Sarasehan Kebangsaan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi membuka Sarasehan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Gerakan Suluh Kebangsaan pada hari Rabu (9/1/2019) di Bale Raos, Yogyakarta. Acara Sarasehan Keban ...

DIY

Gubernur Optimis Pembangunan NYIA Sesuai Target

KULONPROGO, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta rombongan melakukan kunjungan kerja guna meninjau progres New Yogyakarta International Airport (NYIA), Senin (8/1/2019) di Temon, Kulonprogo, tak hanya sebatas me ...

DIY

Gubernur Tinjau Langsung Progres NYIA

KULONPROGO, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengadakan kunjungan kerja guna meninjau progress pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada Senin (8/1/2019) di Temon, Kulonprogo. Hal ini terkait den ...

DIY

Pencoretan OSO, Mahfud MD Anggap KPU Sudah Benar Ikuti Putusan MK

YOGYA, BERNAS.ID - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai sikap Komisi Pemilihan Umum mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi yang melarang pengurus partai politik menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah benar. ...

DIY

Kajari Sleman : Terdakwa Jootje Sudah Masuk DPO

SLEMAN, BERNAS.ID - Persidangan kasus aduan palsu dengan terdakwa Jootje Max Sondakh memasuki babak akhir. Mahkamah Agung (MA) telah mengeluarkan putusan menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Jootje. Namun sejak putusan ditandat ...

Olahraga

Krishna Murti Dapatkan Gambaran Kecil Pengaturan Skor dari Krisna Adi

SLEMAN, BERNAS.ID- Kasus pengaturan skor masih menjadi perhatian yang hangat bagi masyarakat, khususnya para pecinta bola. Satgas Anti Mafia Bola masih terus bekerja untuk membongkar selubung permainan skor guna memperbaiki dunia persepakbo ...

DIY

Tolak Klitih, Massa 9119 Minta Perda Khusus 

YOGYA, BERNAS.ID - Sejumlah elemen masyarakat Yogya yang tergabung dalam gerakan 9119 merekomendasikan pemerintah provinsi DIY untuk membuat peraturan daerah (Perda) khusus untuk aksi kriminal jalanan, khususnya bagi pelaku di bawah um ...

DIY

Romo Benny: Jangan Pilih Pemimpin Seperti Hitler!

YOGYA, BERNAS.ID - Pastor dan aktivis Romo Benny Susetyo mengingatkan masyarakat Indonesia untuk memilih pemimpin yang memiliki keutamaan. Pemimpin yang bisa mengaktualisasikan ideologi Pancasila menjadi praksis, dan mewujudkan keadilan men ...

DIY

Syafii Maarif: Waspadai Kebangsaan Indonesia yang Belum Kokoh

YOGYA, BERNAS.ID - Buya Syafii Maarif mengingatkan, saat ini kebangsaan Indonesia belum kokoh. Bisa saja ke depan Indonesia "bercerai', ada wilayah yang memisahkan diri. "Mudah-mudahan tidak terjadi. Ini tergantung kebijaka ...

DIY

Mahfud MD dan Tokoh Nasional Lain Bentuk Suluh Kebangsaan di Jogja

YOGYA, BERNAS.ID - Mahfud MD dan beberapa tokoh nasional lain seperti Sri Sultan HB X, Syafii Maarif, dan Benny Susetyo berkumpul di Bale Raos Yogyakarta, mendeklarasikan gerakan Suluh Kebangsaan, Rabu (9/1/2019). Deklarasi ditandai dengan ...

Budaya

Diangkat Jadi Abdi Dalem, Wawali Dapat Gelar dari Keraton Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah lama mengajukan diri untuk diwisuda menjadi abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, disusul kemudian mengikuti pelatihan selama tiga hari untuk mendalami filosofi Keraton hingga tata cara berpakaia ...

Ekonomi

Dugaan Korupsi, Kadis PUPR-Bupati Banjar Digugat ke Pengadilan

MARTAPURA, BERNAS.ID - Dugaan korupsi menyeruak di tengah proyek pembebasan lahan di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Melalui pengacara Mahyuddin, dua orang pemilik lahan yang terimbas p ...

Pendidikan

Rektor UGM Jelaskan Kronologi Penanganan Kasus di ORI DIY

SLEMAN, BERNAS.ID- Terkait pemanggilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI), pihak UGM mendatangi kantor ORI DIY yang beralamat di Jl Waltermongosidi No.20, Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedatangan Rektor UGM untuk memberikan keterang ...

DIY

Dewan Awasi Penyaluran Dana Kelurahan di Jogja

YOGYA, BERNAS.ID - Komisi A DPRD DIY melakukan pemantauan ke kantor Kelurahan Suryatmajan Yogyakarta,  Selasa  (8/1/2019).  Pemantauan dilakukan terkait pemberian dana kelurahan dari pusat yang turun mulai tahun anggaran 2019 ...

Budaya

Film Jogja "Kembalilah dengan Tenang" Melenggang ke Prancis

YOGYA, BERNAS.ID- Film Kembalilah dengan Tenang (2018) yang disutradarai oleh Reza Fahriyansyah masuk dalam seleksi Clermont-Ferrand International Short Film Festival ke-41. Festival tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 1-9 Febru ...

DIY

ORI Layangkan Pemanggilan Pertama Rektor UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengunjungi Polda DIY yang diterima langsung Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri dan jajaran, Senin 7 Januari 2019. Ketika dikonfirmasi kedatan ...

Ekonomi

Angkasa Pura I Utamakan Warga Terdampak untuk Bekerja di NYIA

SLEMAN, BERNAS.ID- PT Angkasa Pura I akan lebih mengutamakan warga terdampak untuk menjadi karyawan di New Yogyakarta International Airport. Hal tersebut dikatakan Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yog ...

DIY

Kebakaran Hanguskan Puluhan Kios di Seberang Taman Pintar

YOGYA, BERNAS.ID - Kebakaran terjadi kompleks Taman Parkir Jalan Senopati, Yogyakarta, Minggu (6/1/2019) pukul 22.30 WIB. Laporan BPBD Kota Yogyakarta menyebutkan, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, dan tak ada korban jiwa pada p ...

Budaya

Hokya Traditional Dance Meriahkan Pasar Nini Thowok

KULONPROGO, BERNAS.ID -- Kelompok Tari Hokya Traditional Dance dari Nagan Kulon, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, Minggu (06/01/2019), ikut memeriahkan parade tari di Pasar Nini Thowok, Dusun Bendung Khayangan, Desa Pendow ...

DIY

FMKI Ajak Umat Menjadi Pemilih yang Cerdas dan Beriman

BANTUL, BERNAS.ID - Forum Masyarakat Katolik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (FMKI DIY) bersama Dewan Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran Bidang Pelayanan dan Kemasyarakatan menyelenggarakan Sarasehan dengan mengangkat tema Men ...

Kesehatan

BPBD Klaten Siapkan 25 Ribu Masker Antisipasi Hujan Abu Merapi

KLATEN, BERNAS.ID - Erupsi Gunung Merapi menyebabkan hujan abu mengguyur sejumlah wilayah di Klaten, Jawa Tengah. Mengantisipasi hal tersebut, BPBD Kabupaten Klaten telah menyiapkan 25 ribu masker untuk dibagikan kepada warga. Berda ...

DIY

Walikota Lantik 11 Pejabat Tinggi Pratama

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik 11 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Grha Pandawa kompleks Balaikota, Jum’at (4/1/2019). Dalam kesempatan yang sama Walikota juga melantik posisi jabatan Admini ...

Budaya

Pameran Lukisan dan Mural Unik Bertema Panji-panji

BANTUL, BERNAS.ID - Pameran lukisan dan mural "Tan Hana Dharma Mangrwa" digelar oleh Gegerboyo. Pembukaan dilakukan Sabtu (5/1/2019) di REDBASE Yogyakarta. Gegerboyo adalah project kolaboratif antara Vendy Methodos, EnkaNkmr, D ...

DIY

Mempelai Dhaup Ageng Resmi Menjadi Suami Istri

KOTAYOGYAKARTA, BERNAS.ID-Prosesi ijab Dhaup Ageng telah dilakukan pada Sabtu 5 Januari 2019, pukul 07.30 WIB. Akad nikah dilangsungkan dengan mahar kitab suci Al-Quran dan seperangkat alat shalat di Mesjid Agung Pakualaman,Yogyakarta. S ...

DIY

Umat Hindu Rayakan Momen Langka 50 Tahun Sekali

BANTUL, BERNAS.ID - Umat Hindu di Indonesia hari Sabtu (5/1/2019) ini merayakan dua hari raya yang sangat spesial. Dua hari raya itu ialah Hari Raya Kuningan dan Siwaratri. Hari Raya Kuningan yang dilaksanakan setiap Sabtu (Saniscara) Kl ...

DIY

Empat Pelaku Klitih di Sleman Diringkus Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polsek Ngaglik Sariharjo Sleman dan tim Progo Sakti, Diskrimum Polda DIY berhasil meringkus 4 tersangka pelaku penganiayaan di jalanan (klitih) terhadap dua korbannya berinisial SS (17) warga Godean dan RF (1 ...