Berita Nasional Terpercaya

Dindukcapil Yogyakarta Tetap Buka Layanan Adminduk Saat Cuti Bersama

0

Bernas.id– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta tetap membuka layanan administrasi kependudukan saat cuti bersama yang dipusatkan di kantor dinas tersebut di Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

?Jenis layanan yang diberikan sama seperti jenis layanan pada hari biasa. Semua jenis layanan administrasi kependudukan bisa diakses,? kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Sisruwadi, Selasa (12/6).

Layanan administrasi kependudukan tersebut akan dibuka selama tiga hari mulai Selasa (12/6) hingga Kamis (14/6) dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Dirinya berharap, layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang belum sempat mengakses layanan administrasi kependudukan seperti rekam dan cetak kartu tanda penduduk elektronik (e-ktp), cetak kartu keluarga, cetak kartu identitas anak dan berbagai layanan kependudukan lain.

Bahkan, layanan untuk pindah datang penduduk, permohonan akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian juga bisa dilayani.

?Warga yang sebelumnya tinggal di luar kota dan kebetulan mudik saat libur lebaran pun bisa memanfaatkan layanan ini,? sambungnya.

Sebelumnya, ia mengaku sempat pesimistis jika upaya untuk membuka layanan administrasi kependudukan saat cuti bersama tidak mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat. Tetapi kekhawatiran tersebut tidak terjadi, bahkan jumlah warga yang mengakses layanan administrasi kependudukan cukup banyak.

?Bisa dua kali lipat dibanding rata-rata jumlah warga yang mengakses layanan kependudukan pada hari biasa. Rupanya, informasi ini sudah disampaikan hingga ke RT dan masyarakat,? katanya.

Jenis layanan yang paling banyak diakses masyarakat, lanjut Sisruwadi adalah rekam dan cetak kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Namun, bagi masyarakat yang baru melakukan perekamanan, maka proses pencetakannya menunggu penunggalan data oleh pusat.

Ia meyakinkan jika seluruh sistem dan jaringan yang dibutuhkan untuk memberikan layanan administrasi kependudukan dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

?Sehari sebelum membuka layanan, kami sudah mengecek seluruh kesiapan sistem dan jaringan. Termasuk kesiapan blanko yang dibutuhkan. Saat semuanya sudah siap, maka layanan bisa dibuka sehingga masyarakat tidak kecewa,? ungkapnya.

Dia menegaskan jika Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta tidak mengeluarkan anggaran apapun untuk membuka layanan administrasi kependudukan saat cuti bersama.

?Petugas yang memberikan layanan datang dengan sukarela. Meskipun demikian, layanan tetap bisa diberikan dengan maksimal. Ini bagian dari tanggung jawab kami untuk memberikan layanan publik yang baik,? pungkasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.