Berita Nasional Terpercaya

Tak Percaya, 6 Hal Ini Pasti Ada di Momen Lebaran

0

Bernas.id – Momen Lebaran adalah momen yang paling dinanti oleh umat Islam, khususnya di Indonesia. Ada banyak hal yang biasanya umat Islam Indonesia lakukan ketika hari raya Idul Fitri tiba.

Berikut beberapa tradisi khas Lebaran di Indonesia, yaitu:

Mudik

Mudik merupakan hal yang wajib bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bagi mereka yang pergi merantau untuk mencari nafkah, momen Lebaran merupakan momen setahun sekali yang dapat dimanfaatkan sebagai momen berkumpul bersama keluarga. Bahkan menjadi momen yang wajib dilaksanakan.

Halal bi Halal

Halal bi halal atau tradisi silaturrahim menjadi hal yang tak dapat terpisahkan dari momen Hari Raya Lebaran. Pertemuan fisik, jabat tangan sambil saling memaafkan memberikan suasana yang tak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi. Momen ini menjadi momen yang tak dapat dipisahkan karena merupakan esensi dari Lebaran itu sendiri.

Takbir dan Bedug

Tabuhan bedug yang diiringi dengan kumandang takbir merupakan ciri khas dari suasana Lebaran. Suara takbir dan tabuhan bedug dalam irama yang khas bergema dari hampir seluruh masjid di Indonesia, bahkan seringkali arak-arakan takbir keliling turut memeriahkan malam kemenangan ini hingga menjelang waktu sholat hari raya.

Ketupat

Lebaran dan ketupat merupakan pasangan yang tak terpisahkan. Hampir di setiap rumah biasanya terhidang ketupat yang disajikan bersama opor, rendang, ataupun semur sesuai dengan selera masing-masing keluarga.

THR

THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan hal yang semakin menyempurnakan kebahagiaan Lebaran. Selain THR yang diberikan perusahaan pada karyawannya, THR juga biasanya dibagikan oleh orang dewasa yang telah bekerja kepada anak-anak.

Baju Baru

Baju baru menjadi lambang akan diri yang baru di hari Lebaran ini. Biasanya, pusat perbelanjaan akan ramai dipadati pengunjung yang mencari baju Lebaran. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.