Berita Nasional Terpercaya

Menteri Sosial, Idrus Marham Serahkan Draft UU Lansia ke Komisi VIII DPR RI

0

Bernas.id ? Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional 2018 diperingati di Lapangan Markas Komando Paskhas TNI AU.  Peringatan Hari Lansia ini mengusung tema, ?Lansia Bahagia Masyarakat Sejahtera? yang bertujuan memberikan suatu kebahagiaan kepada lansia dengan memberi peran yang proporsional sesuai dengan program Pemerintah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis 5 Juli 2018.

Ketika akan menyerahkan naskah akademik (draft uu) kepada ketua Komisi VIII DPR RI, Menteri Sosial Idrus Marham menyebut draft uu lansia dilihat sebagai instrumen dalam rangka untuk memberikan landasan yang kuat pada posisi dan peran lansia ke depan.

?Bapak Ibu sekalian, oleh karena itu, naskah akademik ini memuat secara subtansial tentang perubahan paradigma kita di dalam melihat posisi dan peran lansia. Dalam perspektif peran, sebenarnya lanjut usia itu adalah masa panggilan pengabdian yang paripurna. Oleh karena itu, nanti pasal-pasal yang ada akan mencoba melihat bagaimana peran lansia ke depan. Kenapa kita tidak mencari konsep, kita berikan usia paripurna dalam peran-peran kepada bangsa,? jelasnya.

Baca Hari Lansia Nasional 2018, Puan Maharani Sebut Tugas Kakek Nenek Biasanya Urus Cucu

Undang-undang ini, lanjut Menteri Idrus, akan memosisikan usia paripurna itu dalam perspektif peran sebagai penyangga pembangunan, yang kedua sebagai pengawas nilai-nilai budaya bangsa, dan yang ketiga, kita tempatkan para senior kita sebagai inspirator dan motivator terhadap generasi selanjutnya. ?Itulah peran-peran yang kita inginkan ke depan sehingga perlakuan kita kepada para lanjut usia itu tidak dilihat dalam persepktif sebagai usia yang tidak berperan. Oleh karena itu, Menteri Sosial di bawah koordinasi Ibu Menko PMK,? imbuhnya.

Baca Hari Lanjut Usia Nasional 2018, Para Lansia Akan Diberdayakan Pemerintah

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong pun menerima draft uu lansia dengan perasaan senang hati dan bahagia. ?Dengan perasaan yang bahagia, senang bisa melanjutkan perjuangan ini. Pesan Tuhan, jika engkau menyayangi yang di bumi, niscaya di langit akan menyayangimu. Hari ini, kita mengajak semua untuk menyayangi usi lanjut. Oleh karena itu, DPR sangat senang menerima ini karena ada empat perintah konstitusi, pertama untuk memberikan pengakuan, memberikan jaminan, memberikan perlindungan, dan memberikan kepastian hukum. Tepuk tangan untuk kita semua,? katanya ketika menerima draft uu lansia. (Jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.