Berita Nasional Terpercaya

Agribisnis UNU Yogyakarta Kampanyekan Petani Muda

0

Bernas.id – Sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor handalan di Indonesia. Bahkan sektor ini pula yang telah menempatkan negara agraris sebagai ikon Indonesia. Hal itu bisa dilacak karena sektor pertanian masih memegang peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Bahkan sektor ini telah menjadi salah satu penopang utama pendapatan devisa dari ekspor sekaligus penyangga ketahanan pangan  di Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ironisnya, saban hari sektor pertanian kian di anaktirikan terutama kian berkurangnya minat pemuda untuk terjun ke dunia pertanian, khususnya padi aktivitas on-farm. Jika mengutuip data Kementerian Pertanian (2014) dalam Sensus Tani 2013 menyebutkan bahwa penduduk, baik laki-laki maupun perempuan yang berusia 15 tahun ke atas, jumlahnya cenderung menurun. Sedangkan kategori usia 55-59 tahun dan 60 tahun ke atas mengalami kenaikan masng-masing 373 orang dan 47 orang. Dengan identifikasi tersebut, Program Studi Agribisnis Universitas Nahdlatul Yogyakarta (UNU) Yogyakarta tergerak untuk meluncurkan program “Petani Muda”.

Menurut Kepala Program Studi Agribisnis, Nurul Salehawati, MSc, program tersebut bertujuan untuk menjadi penyambung antara teori yang diperoleh para mahasiswa di bangku perkuliahan dan yang terjadi di lapangan terutama sektor agribisnis. “Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam tentang dunia pertanian sekaligus berminat berkarir dalam dunia agribisnis,” jelasnya dalam rilis yang dikirim ke Bernas.id, Minggu 8 Juli 2018.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Perlu diketahui bahwa program Petani Muda dimulai dari identifikasi dan asesmen kepada sejumlah mahasiswa yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Kemudian, para mahasiswa tersebut akan digabung ke dalam satu grup kerja dan diberikan hak kelola sepetak lahan dengan luasan tertentu.

“Pada lahan tersebut, mahasiswa akan melakukan aktivitas usahatani sejak pra tanam, tanam, pemeliharaan, hingga pasca panen. Setiap tahapan, para mahasiswa dapat berkonsultasi langsung dengan dosen maupun petani yang telah memiliki banyak pengalaman. Terakhir dengan kampanye ini pula kami berharap akan lahir banyak petani muda di Indonesia.” jelas Nurul Salehawati, Kaprodi Agribisnis UNU Yogyakarta. (*/Jat)

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia    

Leave A Reply

Your email address will not be published.