Berita Nasional Terpercaya

Wakil Walikota Jogja Minta Permasalahan Penerimaan Siswa Baru Diinventarisir

0

Bernas.id – Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi meminta Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk menyiapkan inventarisasi terhadap sejumlah permasalahan yang dialami pada penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 yang mengutamakan sistem zonasi jarak.

?Dinas Pendidikan saya minta untuk segera melakukan inventarisasi terhadap berbagai permasalahan dan kendala yang muncul saat penerimaan peserta didik baru, termasuk apa saja yang menjadi masukan dari masyarakat,? kata Heroe Poerwadi, Senin (9/7).

Heroe berpendapat, pada pelaksanaan PPDB berbasis jarak yang baru pertama kali dilaksanakan di Kota Yogyakarta memang masih ditemukan berbagai kendala. Ini mulai dari kendala sistem hingga pemahaman orang tua calon siswa baru.

Walau demikian, menurut Heroe Kota Jogja tidak menerapkan PPDB berbasis jarak secara penuh, namun tetap memberikan kuota untuk jalur prestasi yang bisa diakses siswa dengan nilai tinggi untuk mendaftar ke sekolah yang diinginkan.

Pada PPDB tahun ini, peserta dari jalur zonasi berbasi jarak memperoleh kuota 75 persen, jalur prestasi dalam Kota Yogyakarta 15 persen, jalur prestasi luar kota lima persen dan jalur khusus 5 persen.

?Selain inventarisasi, tentunya Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan evaluasi terhadap seluruh proses PPDB tahun ini. Bagaimanapun juga, penerapan PPDB berbasis jarak dilakukan karena sudah ditetapkan oleh kementerian,? pungkas Heroe. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.