Berita Nasional Terpercaya

Layanan Data dan Informasi Terpercaya, Sleman Launching Aplikasi Geoportal

0

Bernas.id – Berangkat dari semangat mewujudkan Smart Regency tahun 2021, Kabupaten Sleman merilis aplikasi Geoportal dan sosialisasi kegiatan simpul jaringan daerah. Bupati Sleman, Sri Purnomo disaksikan Sekretaris Daerah Sleman, Sumadi, melaunching aplikasi Geoportal, ditandai dengan pemutaran globe, Aula Lantai 3, Sekretaris Daerah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 13 Juli 2018.

Dalam laporan kegiatan simpul jaringan daerah dan aplikasi geoportal, Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Sleman, Muhammad Sugandi, menyebut bahwa pembangunan satu data dan satu peta telah dilakukan oleh Dinas Tata Ruang sejak tahun 2017. ?Pembangunan simpul jaringan dan aplikasi geoportal bertujuan sebagai sarana pengukuran, pertukaran data, dan informasi geospasial yang bermanfaat bagi kemajuan dan pembangunan daerah,? katanya.

Dikatakan Sugandi, pedoman dalam pelaksanaan kegiatan simpul jaringan daerah dan aplikasi geoportal berdasarkan pada perjanjian kerjasama antara pemerintah kabupaten Sleman dengan badan informasi geospasial, di mana akses pengolahan data informasi geospasial kabupaten Sleman telah tersambung di portal nasional dengan alamat geoportal.slemankab.go.id. ?Program Pemerintah Pusat berupa kebijakan satu peta, one map one policy dan Peraturan Bupati Sleman No 13 tahun 2018 tentang pengelolaan data geospasial dan informasi geospasial,? imbuhnya.

Sugandi pun menyebutkan manfaat simpul jaringan daerah dan aplikasi geoportal. ?Pertama, penyediaan data, akses, dan pemanfaatan yang terpercaya, up to date, dan akurat untuk proses pengambilan keputusan. Kedua, sebagai acuan penyusunan data spasial serta standarisasi dalam pelaksanaan manajemen data dan informasi di lingkup perangkat daerah. Ketiga, data dan informasi yang terhimpun dapat dijadikan parameter bagi perangkat daerah dalam memetakan sasaran kegiatan, evaluasi, dan monitoring, Keempat, mewujudkan pertukaran data dan informasi geospasial yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna di Kabupaten Sleman, dan Kelima, menjamin akses data dan informasi geospasial yang dapat dipertanggungjawabkan,? rincinya.

Dikatakan Sugandi, simpul jaringan daerah ini akan melibatkan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Sleman. ?Oleh karena itu, kami mengharapkan dukungan dari seluruh perangkat daerah di kabupaten Sleman guna terwujudnya kebijakan satu peta, one map one policy di Kabupaten Sleman,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo, dalam kegiatan launching dan sosialisasi simpul jaringan daerah dan geoportal Kabupaten Sleman menyebut bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui aplikasi geospasial dan simpul jaringan daerah kabupaten Sleman.

?Kami berharap aplikasi ini akan semakin memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam mengakses layanan publik, khususnya dalam memperoleh data atau informasi dari aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu sesuai kebutuhan yang kita perlukan,? katanya.

Disampaikan Sri Purnomo, seluruh perangkat daerah akan mendukung kegiatan simpul jaringan daerah dan aplikasi geoportal. ?Kita mendukung visi-misi Kabupaten Sleman yang menjadikan masyarakat semakin sejahtera, kemudian mandiri dan terintegrasi dengan e-government menjadi semakin fleksibel. Saya berharap layanan publik untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terkait dengan data-data spasial juga diikuti dengan ketersediaan informasi. Ketika sudah membuat aplikasinya, tapi kalau di dalamnya kontennya tidak ada, ya sama saja. Harus terus disempurnakan konten isi-isinya, begitu dilaunching dilengkapi, ada perkembangan,? ujarnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.