Berita Nasional Terpercaya

Menristekdikti Mohamad Nasir Lepas KKN UNY

0

Bernas.id – Menristekdikti Mohamad Nasir menyebut bahwa dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa akan mendapat tempat yang baik untuk mengimpelentasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Harapannya, selama KKN mahasiswa bisa menjalankan tugas dengan baik dan menjadi agen perubahan di masyarakat, upacara pelepasan KKN semester khusus Universitas Negeri Yogyakarta yang berlangsung di GOR UNY, Jumat, 13 Juli 2018.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Menristekdikti pun berpesan pada mahasiswa agar dalam KKN menyampaikan dua hal pada masyarakat setempat, yaitu gerakan masyarakat sehat dan literasi pendidikan. Menurut Nasir, dengan masyarakat yang sehat akan terdapat pikiran dan tubuh yang sehat sehingga akan melakukan hal yang lebih baik. Sedangkan literasi pendidikan meliputi pemberantasan buta aksara dan buta teknologi.

Menristekdikti juga menyarankan untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak bukan dengan menyebarkan ujaran kebencian atau sejenisnya. Selain itu, masyarakat setempat juga bisa diajari cara mencari ilmu dengan menggunakan teknologi.

Menurut Ketua LPPM UNY, Dr Suyanta, kegiatan KKN akan berlangsung sejak 13 Juli hingga 26 Agustus 2018. ”Dengan KKN UNY telah mengimplementasikan kegiatan tridharma perguruan tinggi khususnya pengabdian masyarakat,”katanya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Harapan Dr Suyanta, dengan KKN, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kehidupan bermasyarakat dan mengabdikan kemampuan dan ilmu yang dimiliki untuk membantu masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa memperoleh kompetensi sosial sebagai bagian kompetensi lulusan pada umumnya.

KKN semester khusus tahun ajaran 2017/2018 ini diikuti oleh 3.949 mahasiswa yang terbagi dalam 388 kelompok dan 101 dosen pembimbing lapangan. Lokasi tersebar di 13 kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Klaten, Purworejo, Magelang, Wonogiri, Blora, Temanggung, dan Kebumen.

Selain itu, juga ada KKN Kebangsaan di Lampung yang dikoordinasikan Dirjen Belmawa dimana UNY mengirimkan 5 orang mahasiswa. Sedangkan, KKN di daerah 3T yaitu di Bengkayang, UNY mengirimkan 23 mahasiswa yang sekaligus disimultankan dengan kegiatan PPL dengan harapan bisa mendukung pembangunan pendidikan di daerah perbatasan.

Pelepasan KKN ditandai dengan pengibasan bendera start oleh Menristekdikti pada mahasiswa KKN di Temanggung, Kebumen dan Wonogiri yang berangkat menggunakan bus UNY. (*/Jat)

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia    

Leave A Reply

Your email address will not be published.