Berita Nasional Terpercaya

Sapi Fistula Salah Satu Unggulan Iptek BPTBA LIPI

0

Bernas.id – Salah satu unggulan iptek yang dilakukan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam ( BPTBA) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah Sapi Fistula, yang merupakan proses pengambilan isi rumen pada Sapi dengan cara membuat lubang buatan di perut Sapi sebelah kiri.

Diungkapkan Kepala BPTBA LIPI Hardi Julendra, S.Pt, M.Sc penelitian terhadap Sapi Fistula dilakukan pada tahun 2009 dan 2010, dengan bangsa ternak peranakan ongele (PO) spesies bos indicus berkelamin betina, dan saat dilakukan fistula berusia 1,5 tahun dengan berat badan sekitar 500 kilogram.

“Fistula sendiri adalah membuat lubang buatan didinding perut Sapi sebelah kiri atau yang dikenal dengan rumen, dengan proses reproduksi tetap normal, dan fisiologi normal,” ujar Hardi, Sabtu (14/07) di Kantor BPTBA LIPI Gunungkidul.

Dijelaskan Hardi, proses pelubangan dinding sapi melalui operasi, dengan luka yang sudah sembuh tidak akan menyakiti ternak. “Diibaratkan tindik telinga pada manusia,” jelasnya.

Pengambilan isi rumen tersebut, lanjutnya dipergunakan untuk penelitian in vitro gas-test di laboratorium, pengujian kecernaan pakan in sacco. “Koleksi dan identifikasi mikrobia rumen, dan lainnya,” katanya.

Pusat Unggulan Iptek (PUI) sendiri merupakan suatu organisasi yang melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf internasional, dan bergerak pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin, dengan standar hasil yang sangat tinggi, serta relevan dengan kebutuhan pengguna iptek. (Mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.