Berita Nasional Terpercaya

Pengenalan Lingkungan Sekolah, Siswa dan Alumni Dilarang Terlibat

0

Bernas.id? Sekolah diingatkan untuk tidak melibatkan siswa dan alumni selama masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dilaksanakan. Di samping bertujuan untuk memutus rekrutmen genk sekolah, upaya tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama PLS.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana mengatakan kegiatan yang mengarah pada perpeloncoan seperti baris-berbaris juga diminta ditiadakan. Apabila tujuannya untuk mengenalkan ekstarkulikuler, tetap berada di bawah pengawasan guru.

“Selama PLS, penyelenggara juga dilarang meminta siswa baru membawa barang-barang atau aksesoris yang tidak ada hubungannya dengan sekolah,” ujar Edy, Sabtu (14/7).

Edy juga mewanti-wanti selama PLS digelar agar tidak melibatkan siswa apalagi alumni. Kalaupun melibatkan siswa, menurutnya bisa ditunjuk dari pengurus OSIS untuk mengenalkan organisasi tersebut tetapi tetap dalam pengawasan guru.

“PLS itu tanggung jawab guru dan kepala sekolah sebagai komandonya. Keterlibatan siswa saja tidak boleh apalagi alumni. Tidak ada relevansinya dan tidak perlu dilibatkan. Ini untuk memotong rekrutmen geng sekolah,” sambungnya.

Terkait pelaksanaan PLS Disdik sudah menyebarkan Surat Edaran maupun Permendikbud No.18/2016 tentang PLS kepada masing-masing sekolah. Dia menjelaskan, masa PLS sendiri dimulai sejak Senin (16/7) hingga Rabu (18/7) mendatang.

Di hari pertama PLS para orangtua/wali murid diminta untuk hadir dan mendengarkan penjelasan tentang profil sekolah. “Selama PLS diarahkan untuk pengenalan lingkungan sekolah, program dan kurikulum hingga area sekitar sekolah. Semua yang berhubungan dan mendukung kegiatan siswa di sekolah dikenalkan,? pungkasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.