Berita Nasional Terpercaya

Harga Telur Kini Mulai Stabil

0

Bernas.id -Harga telur di pasar tradisional Jogja mulai stabil di kisaran Rp26.000 per kilogram dalam beberapa hari terakhir. Demikian pula dengan harga bawang putih yang juga turun ke kisaran Rp23.000 – Rp24.000 per kilogram dari sebelumnya yang mencapai Rp35.000 per kilogram.

Pedagang sembako Pasar Kranggan, Warti mengatakan, sudah tiga hari harga telur terus turun dari sebelumnya yang mencapai Rp28.000 per kilogram. Penurunan harga tersebut menurutnya terjadi sedikit demi sedikit, hingga mencapai harga Rp26.000 per kilogram saat ini. Ia mengaku tak pernah menyetok telur dalam jumlah banyak. Sebab harga telur sangat fluktuatif dan tidak bisa diprediksi. Terkadang dalam satu bulan, harga terus bisa terus meroket naik. 

“Ini separuh stok masih saya beli dengan harga saat sedang tinggi. Separuh lagi harga normal sekarang. Ini masih nunggu sampai turun lagi, jadi enggak berani nyetok banyak,” ujarnya, Selasa (17/7). 

Warti menyatakan keheranannya akan anomali pembeli telur. Pasalnya saat harga telur sedang tinggi, barang tersebut sangat laris dibeli konsumen. Namun saat harga telur turun, biasanya sepi pembeli. Meski demikian, ia cukup bersyukur karena saat harga telur turun dari pemasok, telur yang ia beli dengan harga sebelumnya tak banyak tersisa, sehingga ia tak mengalami kerugian yang berarti. 

Pedagang lainnya, Tugiyati menyebut harga bawang putih juga sudah turun. Dari sebelumnya mencapai Rp35.000 hingga Rp40.000 per kilogram kini di kisaran Rp23.000 – Rp24.000 per kilogram. Begitu pula dengan komoditas pokok lainnya seperti beras. 

“Harga-harga bahan kebutuhan pokok sudah mulai turun sesudah Lebaran,” ujarnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.