Berita Nasional Terpercaya

Besok Sore Sultan Makan Tumpeng Bersama Rakyat di Malioboro

0

Bernas.id – Gubernur DIY Sri Sultan HB X akan makan nasi tumpeng bersama dengan rakyat Jogja di kawasan Jalan Malioboro. Acara yang bertajuk “Tumpengan Pancasila: Dahar Kembul Sri Sultan HB X Bersama Rakyat” itu akan digelar Selasa, 7 Agustus 2018, mulai pukul 18:30.

Widihasto Wasana Putra selalu koordinator kegian menerangkan,  acara digelar untuk memaknai momentum Bulan Pancasila. Tercatat, hingga hari ini sudah ada 240 buah tumpeng sumbangan berbagai lapisan masyarakat yang akan disajikan untuk makan bersama secara lesehan.

“Tumpeng dipilih karena mencerminkan filosofi luhur budaya Jawa yakni 'Sangkan Paraning Dumadi' sekaligus 'Manunggaling Kawula lan Gusti',” ujarnya dalam jumpa pers yang digelar Senin (6/8/2018) di Kantor Gubernur DIY.
 
Ia meneruskan, kehadiran gubernur bersama isteri akan didampingi wakil gubernur dan isteri. Bersama jajaran Forkominda dan tokoh masyarakat, mereka akan duduk lesehan di Malioboro dahar kembul berbaur bersama masyarakat sebagai bentuk nyata golong gilig antara pemimpin dan masyarakat. Harapannya pemimpin semakin dapat memahami dan mewujudkan amanat hati nurani rakyat

Pelaksanaan acara dahar kembul ini sengaja dipilih bertepatan dengan hari Selasa Wage. Sebab pada hari tersebut selama satu hari penuh aktivitas perdagangan kaki lima di Malioboro libur.

“Rehatnya aktivitas perdagangan ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum penyeimbang agar Malioboro tidak melulu dijejali hiruk pikuk perniagaan semata, namun juga perlu diselaraskan dengan ekspresi dan artikulasi budaya. Masyarakat yang akan ikut dilarang membawa atau memakai atribut politik tertentu,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang ingin berpartisipasi menyediakan tumpeng untuk masyarakat bisa mengumpulkannya di Bale Tanjung Kompleks Kepatihan. Masyarakat bisa menghubungi penanggungjawab penerima Tumpeng, yakni Adit (081904245888).

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DIY GKR Mangkubumi menerangkan, pihaknya siap menyokong penyelenggaraan acara besok sore, dengan mengarahkan pramuka menjadi relawan di salah satu dari 17 titik bagi tumpeng. Hal ini menurutnya masih berhubungan dengan peringatan HUT pramuka yang akan diperingati tanggal 14 Agustus.

“Sekarang kami sedang melakukan roadshow mengunjungi kwarcab-kwarcab agar persiapan semakin baik. Harapannya masyarakat semakin bisa nyengkuyung Pancasila,” ujarnya.

Sementara Danang Wibowo selaku panitia dari Eksis Komunika menerangkan acara ini digelar untuk memeriahkan Bulan Pancasila yang sudah diluncurkan Gubernur DIY sejak awal Juni dan akan berlangsung sampai akhir Agustus 2018. Hingga saat ini telah dan masih digelar berbagai lomba yang melibatkan anak-anak maupun pemuda di Yogyakarta.

“Rangkaian itu akan kita apresiasi lewat pemberian penghargaan pada tanggal 25 Agustus di Pagelaran Kraton,” ujarnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.