Berita Nasional Terpercaya

Gentongisasi, Cara Warga Pakualaman untuk Hidup Sehat

0

Bernas.id – Gentongisasi, atau gerakan penggunaan gentong dalam kehidupan sehari-hari telah digalakan oleh warga Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman Jogja, oleh isteri Wakil Gubernur DIY GKBRAA Paku Alam X. Gentong kini sudah mulai banyak dipakai untuk cuci tangan, memelihara lele, atau untuk memelihara tanaman.

Salah satu cara menggalakkan pemakaian gentong di kawasan ini adalah dengan digelarnya Lomba Gentong Hias CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) Kelurahan Siaga (Kesi) Kelurahan Purwokinanti, Pakualaman Yogyakarta. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dilakukan Rabu (8/8) di Dalem Pendopo Pujowinatan, Pakualaman. Terpilih sebagai juara lomba, RW 9 kelurahan tersebut.

“Ini adalah awal untuk mengembangkan Kelurahan Purwokinanti dan Kecamatan Pakualaman. Semua pihak harus bisa bersinergi menjadikan masyarakat sehat dan sejahtera,” ujar GKBRAA Paku Alam usai menyerahkan hadiah pada pemenang.

Ia mengaku, gerakan gentongisasi disertai dengan pemberian gentong yang pernah dilakukannya adalah awal yang baik. Ia berharap semakin banyak warga yang memanfaatkan gentong dalam kehidupan sehari-hari. 

“Monggo ibu-ibu yang mengembangkannya. Sudah banyak gentong dari masyarakat sendiri, untuk kita sendiri,” ujarnya.

Camat Pakualaman Misbach menjelaskan, gentongisasi adalah sebuah program sinergisitas dari GKBRAA Paku Alam yang disambut baik warga. Pemakaian gentong menurutnya penting untum melestarikan budaya, untuk mengembalikan apa yg sudah dijalankan di masa lalu. 

“Gentong juga mencerminkan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Ia menambahkan, di Kelurahan Purwokinanti juga terdapat gerakan Kelurahan Siaga adalah salah satu kegiatan independen yang digalakkan masyarakat secara swadaya, namun tidak lepas dari binaan puskesmas setempat dan beberapa instansi lain lintas sektoral. Beberapa inovasi di bidang kesehatan telah dihasilkan, diantaranya ditanamnya 110 jenis tanaman obat yang ditanam dalam gentong di kelurahan tersebut. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.