Sejarah Perjalanan Bernas sebagai Media Online


08 Agustus 2018

logo media online bernas.id persis logo Harian Bernas versi cetak

Bernas.id - Sebagai media cetak, nama Bernas telah tercatat di Dewan Pers dan Serikat Penerbitan Pers (SPS) lengkap dengan sejarah kelahirannya pada tanggal 15 November 1946 atau setahun setelah kemerdekaan bangsa Indonesia. Lantas bagaimana dengan perjalanan sejarah Bernas sebagai media online? Ini menarik untuk disusun sebagai kelengkapan dari bagian sejarah Bernas secara komprenhensif.

Kemajuan teknologi informasi terutama digitalisasi bentuk media secara online mendorong koran-koran besar membangun media online guna mendampingi koran cetaknya pada kisaran tahun 1998-an. Hal inilah yang menjadikan stimulus dan keresahan beberapa teman di Bagian Redaksi Harian Bernas, sewaktu berkantor di Jalan Jenderal Sudirman 52 Yogyakarta, agar koran kebanggaannya juga membangun media online sebagaimana koran-koran besar terbitan Jakarta.

WWW. BERNAS.CO.ID

Adalah almarhum FX Mantoro Suryo Putro, wartawan yang menjabat sebagai Manajer Promosi Harian Bernas yang didukung oleh Pemimpin Perusahaan Bambang Sigap Sumantri, mengajak teman-teman redaksi di antaranya Dody Sarjana dan Yup Pratomo, yang kini menjadi pimpinan redaksi di sebuah koran di bawah manajemen Kompas Gramedia, merupakan tim kecil yang membidani lahirnya media online WWW.BERNAS.CO.ID.

Namun perjalanan pengelolaan media online tersebut terseok-seok tak menentu. Pertama, manajemen pada waktu itu masih mengedepankan koran cetak yang masih prospektif dari sisi bisnis. Sehingga beberapa jajaran petinggi Harian Bernas belum merasa perlu adanya media online, di samping keberadaan teknologi internet masih terbatas. Kedua, kurangnya prasarana dan sarana teknologi yang memadai yang dimiliki oleh redaksi.

Media online WWW.BERNAS.CO.ID semakin tidak terurus terlebih adanya keputusan manajemen yang menyatakan harus mandiri lepas dari manajemen Kompas Gramedia yang suport Bernas selama beberapa tahun. Kemudian ditambah kesibukan perencanaan kepindahan gedung kantor ke Sonosewu, Bantul daerah pinggiran sebelah barat Kota Yogyakarta.

Tahun 2001 akhirnya kepindahan gedung kantor benar-benar terjadi, dari Jalan Jenderal Sudirman pindah ke Jalan IKIP PGRI, Sonosewu, Yogyakarta. Hal itu menambah keterpurukan WWW.BERNAS.CO.ID, terutama berkurangnya kepedulian dalam pengelolaan oleh redaksi, juga adanya beberapa teman yang meninggalkan Harian Bernas untuk pindah ke perusahaan media lainnya.

CYBERNAS Koran Online (www.bernas.co.id)

Pada tahun 2004, Harian Bernas melakukan re-inventing atau melahirkan kembali dengan manajemen baru dari PT Bernas digantikan manajemen yang benar-benar mandiri PT Media Bernas Jogj. Nama nama koran pun berubah menjadi Harian Pagi Bernas Jogja. Semangat manajemen baru ini membuat Pemimpin Umum Bimo Sukarno (Alm) juga bersemangat untuk membangun kembali media online yang pernah menjadi kebangaan.

Dengan dibidani oleh Manajer Produksi/ Redaktur Handoko Adi Nugroho, maka pada tahun 2006 dibuatlah media onlie dengan nama brand CYBERNAS Koran Online (www.bernas.co.id). Namun persoalan klasik masih mendera kembali, yaitu masalah sarana prasarana dan kesiapan sumber daya manusia (SDM). Kurang mampunya dalam menyikapi teknologi menjadikan media CYBERNAS Koran Online layu sebelum berkembang dan terlupakan kembali.

WWW.BERNASJOGJA.COM

Tahun 2010 Direktur PT Media Bernas Jogja, Tony Sitohang mendapatkan mandat dari Komisaris agar membantu dalam pengelolaan Harian Pagi Bernas Jogja, karena Pemimpin Umum Bimo Sukarno sakit dan terpaksa non aktif hingga tutup usia pada tahun 2013.

Dalam pengelolaannya Tony Sitohang yang dibantu oleh Pemimpin Perusahaan, Bambang Sukoco, Manajer Iklan, Zubaedi (Alm), dan Sekretaris Korporat, Tedy Kartyadi, serta Pelaksana Teknik Handoko Adi Nugroho dan Adi Winarto, pada tahun 2011 membangun kembali media online guna untuk pendampingi koran cetak Harian Pagi Bernas Jogja.

Media online dengan nama WWW.BERNASJOGJA.COM ini dikonsep berbeda dengan konsep media online sebelumnya, konsepnya sangat sederhana hanya menampilkan bentuk sama dengan edisi cetak Harian Pagi Bernas Jogja dalam format gambar Pdf. Penerbitan secara online diunggah (upload) setelah jam 10.00 WIB pagi. Hal ini dilakukan guna menghindari kanibalisme pasar eceran dan pelanggan koran versi cetak. Dan tujuan utama pembuatan media online yang serupa sama persis dengan cetak Harian Pagi Bernas Jogja, semata untuk pelayanan bagi para pemasang iklan, yaitu untuk menambah jangkauan wilayah pembaca dan sebagai bukti iklan untuk klien/ pemasang di Jakarta.

Dalam perjalanannya media online WWW.BERNASJOGJA.COM, agar lebih eksis secara nasional dan dapat berkontribusi dalam pemasukan, manajemen melakukan kerja sama dengan media online Wayang Force di Jakarta yang berlaku semacam agency, yang juga menampilkan berbagai media cetak koran, majalah maupun tabloid ternama di Indonesia.

Kerja sama dengan pihak Wayang Force tersebut berakhir tepat dengan waktu kepindahan kantor Harian Pagi Bernas Jogja dari Jalan IKIP PGRI, Sonosewu, Yogyakarta, pindah ke Hebat Building di Jalan Ringroad Utara No 7A Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta. Kepindahan gedung kantor tersebut karena keinginan dari pemegang saham mayoritas PT Media Bernas Jogja, yakni CEO Hebat Grup Putu Putrayasa, agar berlokasi lebih strategis dan bergengsi tentunya.

HARIAN BERNAS.Com

Sosok pengusaha yang bergerak di bidang properti dan pendidikan ini, tepat peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 2015, tertarik untuk bergabung dan mengampu koran yang telah menjadi heritage-nya Yogyakarta. Sementara pada hari Jumat Kliwon, 10 Juli 2015 oleh Putu Putrayasa, nama/ brand Harian Pagi Bernas Jogja dikembalikan ke nama Harian Bernas atau nama ketika menjadi koran besar regional saat berkantor di Jalan Sudirman No.52 Yogyakarta.

Harian Bernas bukan sekadar koran pengungkap fakta biasa, namun memposisikan sebagai koran istimewa yang independen dan sebagai penebar inspirasi pembangun negeri. Hadir bersama dengan versi online HARIANBERNAS.Com yang diresmikan bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69, pada tanggal 15 November 2015, di Sahid Rich Hotel Yogyakarta. Ini merupakan bentuk konvergensi media antara media cetak Harian Bernas yang hadir secara lokal di DIY dan sekitarnya, serta sajian dalam bentuk media online HARIANBERNAS.Com yang jangkauan lebih mengglobal.
    
Konvergensi media tersebut dalam rangka menjawab kebutuhan dan keanekaragaman segmen pembaca masa kini yang juga sering disebut generasi milenial seperti halnya yang telah dilakukan oleh koran-koran besar nasional lainnya. Perkembangan HARIAN BERNAS.Com dilihat dari data pengunjungnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan koran cetak Harian Bernas. Pertama, konsep penggarapan yang sangat berbeda antara versi cetak dengan bentuk online. HARIANBERNAS. Com hasil besutan Direktur Utama PT Media Bernas Jogja, Putu Putrayasa dan Tim Teknis dari Gama Informatika (GI), memerlukan keragaman konten kekinian di samping kecepatan publis tentunya. Kedua, dari sisi jangkauan jelas lebih luas tidak terbatas oleh waktu dan ruang.

BERNAS.id

PT Media Bernas Jogja sebagai manejemen merasa perlu untuk meningkatkan performa HARIANBERNAS.Com dari berbagai aspek termasuk kualitas dan kuantitas konten, serta kemudahan akses. Oleh karena itu, pada awal bulan Agustus 2017 laman/ website HARIANBERNAS.Com (www.harianbernas.com) diganti menjadi BERNAS.id (www.bernas.id). Pergantian nama baru BERNAS.id disertai tindakan oleh manajemen mematenkan brand BERNAS. Pematenan nama brand BERNAS tercatat dalam Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Nomor: HKI-02-HI.06.01 tahun 2017 tentang Formulir Permohonan Merek, tanggal, 03 Maret 2017 dan diputuskan oleh pejabat terkait oleh Sugianto SH pada tanggal 07 Agustus 2017.

Harian Bernas cetak migrasi ke BERNAS.id

Penurunan pembaca atau oplah koran cetak Harian Bernas berdampak pada pemasukan omset iklan dan sirkulasi penjualan koran. Sehingga secara bisnis penerbitan koran cetak mengalami kerugian dan tidak visible lagi dibandingkan media online. Dan akhirnya manajemen PT Media Bernas Jogja, pada tanggal 28 Pebruari 2018, memutuskan untuk menghentikan Harian Bernas cetak dan migrasi total terbit secara online ke BERNAS.id.

Keputusan penghentian sementara koran cetak Harian Bernas dan migrasi total sebagai media online BERNAS.id, tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Utama PT Media Bernas Jogja tentang Harian Bernas Berhenti Cetak, No: 006/ Dirut/ MBJ/ II/ 2018, Tertanggal, 24 Februari 2018, oleh Direktur Utama Putu Putrayasa.

Surat keputusan itu bertujuan agar para pengelola BERNAS.id (Redaksi dan Bisnis) dapat lebih fokus dalam melayani khalayak pembaca pada umumnya dan sebagai jawaban guna menyikapi tantangan zaman, terutama kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang. Dengan demikian, BERNAS.ID merupakan migrasi total media cetak Harian Bernas.

Penulisan sejarah perjalanan Bernas menjadi media online BERNAS.id diharapkan dapat melengkapi sejarah berdirinya Surat Kabar Harian (SKH) Bernas yang telah ditulis sebelumnya. Sehingga sebagai media massa BERNAS.id dapat dikatakan telah menapaki usia yang ke-72 tahun pada 15 November 2018.

Tedy Kartyadi, mantan Karyawan PT Bernas (Tahun 1990 - 2004) dan PT Media Bernas Jogja (Tahun 2004 - 2018)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
DIY

Nasdem Ngotot Kelima Bacaleg yang Dicoret Penuhi Syarat

Bernas.id - Sidang Ajudikasi terkait sengketa bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) digelar di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY, Senin (20/8). Partai Nasdem ngotot agar kelima bacalegnya yang dicoret KPU DIY untuk dimasukkan lagi dala ...

Budaya

Gebyar Batik Sleman Dukung Predikat Jogja Sebagai Kota Batik

Bernas.id - Dengan tema "Innovation for Sustainable Future", Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman menyelenggarakkan Gebyar Batik Sleman 2018. Tujuan Gebyar Batik Sleman ini untuk mendukung pelaksanaan Jogja Interna ...

DIY

BPBD Sleman Kukuhkan Kembali Desa Tangguh Bencana

Bernas.id - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman kembali mengukuhkan Desa Tangguh Bencana. Pengukuhan dilakukan kepada Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati yang dilaksanakan di Lapangan Tirtoadi, Se ...

DIY

Banyak Ditemukan Tempat Pemotongan Hewan Kurban di DIY yang Tak Penuhi Syarat Higienitas dan Sanitasi

Bernas.id - Dalam rangka monitoring ketersediaan hewan kurban menjelang Idul Adha pada tahun 2018 di DIY, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY bersama TPID Kabupaten/Kota melaksanakan kegiatan pelaksanaan pemantauan pada tanggal 9, 10, ...

Pendidikan

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Deklarasikan Santri Berkemajuan

Bernas.id - Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan dalam rangka menyemarakan milad Muhammadiyah ke-109 Hijriyah dan milad Mu'allimaat. Serangkaian kegiatan itu berupa jalan sehat, lomba asrama ter-Muhamma ...

DIY

Nezar Patria Berbicara Pers di Abad Digital

Bernas.id - Nezar Patria, Ketua Dewan Pers mengatakan infrastruktur dari Kementerian Kominfo RI saat ini menjadi relevan dan penting bagi media saat ini. Palapa Ring menjadi satu jagad komunikasi di negeri ini karena 90% seluruh pelosok di ...

DIY

911 Botol Miras dan Ribuan Gram Narkoba Dimusnahkan

Bernas.id - Kejaksaan Negeri Yogyakarta melakukan pemusnahan ribuan barang bukti tindak pidana umum, Senin (20/8) di halaman instansi tersebut. Dari ratusan barang yang dimusnahkan di antaranya adalah 911 botol minuman keras (miras) dan 315 ...

DIY

Bagir Manan Berbicara tentang Pers dan Pemilu yang Bermartabat di Yogyakarta

Bernas.id - Dewan Pers bekerjasama dengan BP3TI menggelar workshop dan sosialisasi di 34 provinsi di Indonesia melalui program bertajuk "Bakti untuk Negeri: Penguatan & Pemberdayaan Ekosistem Pers melalui Ketersediaan Infrastruktur ...

DIY

Dewan Pers Gelar Workshop di 34 Provinsi di Indonesia

Bernas.id-Dewan Pers bekerjasama dengan BP3TI menggelar workshop dan sosialisasi  di 34 provinsi di Indonesia melalui program bertajuk "Bakti untuk Negeri: Pengembangan Ekosistem Pers Melalui Pembangunan Infrastruktur IT." ...

DIY

Lombok Kembali Diguncang Gempa, ACT Terapkan Total Disaster Management

Bernas.id -Belum selesai keadaan emergency gempa yang terjadi pada 29 Juli lalu, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali diguncang gempa berkekuatan 6,5 SR pada minggu (19/8/2018). Gempa yang berasal dari 32 km arah timur laut L ...

Budaya

Bulan Pancasila Bersih-Bersih Masjid Gede Mataram Kotagede

Bernas.id - Rangkaian bulan Pancasila yang digelar mulai 1 Juni hingga 27 Agustus 2018, dengan melibatkan banyak lembaga dan komunitas di DIY masih bergulir hingga hari ini, terlihat pada kegiatan kerja bakti bersih komplek Masjid Gede ...

DIY

Partai Nasdem DIY Optimis Raih Kursi DPR RI di Pemilu 2019

Bernas.id - Belajar dari pengalaman mengikuti pemilu legislatif (Pileg) pada tahun 2014 silam dimana partai Nasdem DIY saat itu belum bisa mengirimkan kader terbaiknya di kursi DPR RI. Untuk pemilu 2019 mendatang, Ketua DPW Nasdem DIY H Sub ...

DIY

Deklarasi Gerakan Kampung Panca Tertib di Kadipaten Kidul

Bernas.id -- Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, beberapa kampung dari tingkat RW sampai dengan Kelurahan di Kecamatan Kraton, Yogyakarta, pada hari Minggu ...

Budaya

Sajian Penuh Cinta Diana Krall Pukau Ribuan Penonton Prambanan Jazz 2018

Bernas.id - Pertunjukan hari kedua Prambanan Jazz Festival  pada 18 Agustus 2018 di komplek wisata Candi Prambanan berlangsung meriah hingga jelang tengah malam. Penampilan dari musisi jazz asal Amerika Serikat Diana Krall berhasil mem ...

DIY

Antisipasi Gempa, ACT DIY dan RRI Jogja Bersinergi Gelar Pelatihan Siaga Gempa

Bernas.id -Gempa bumi dapat terjadi kapan dan dimana saja tanpa mengenal tempat dan waktu. Minimnya edukasi mitigasi bencana gempa bumi kepada masyarakat dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa lebih banyak dan kerusakan infrastruktur yang ...

DIY

Terjadi Peningkatan Setoran Sampah di BSSI RW 08 Suryoputran

Bernas.id -- Dampak dari kerusakan alat berat yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan, Bantul selama tiga hari lalu, selain menimbulkan permasalahan penumpukan sampah di beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Kota ...

Pendidikan

Wisudawan UNY Harus Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Bernas.id -Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa mengatakan saat ini, tantangan dunia pendidikan semakin kompleks dan menuntut persiapan dan pemikiran yang sangat serius. Setidaknya, terdapat dua tantangan besar yang dihadapi ...

Budaya

Tohpati Feat. Sheila Majid Sukses Semarakkan Malam Pertama Prambanan Jazz 2018

Bernas.id - Prambanan Jazz Festival kembali digelar pada 17, 18 dan 19 Agustus 2018 di komplek wisata Candi Prambanan, Yogyakarta. Pertunjukan hari pertama berlangsung meriah hingga lewat tengah malam. Salah satunya karena ada penampilan da ...

Wacana

Peringatan Hari Kemerdekaan Bukan Sekadar Lomba

DI beberapa sudut kota tampak para penjual umbul-umbul yang menjajakan dagangan kepada masyarakat yang tidak sengaja melintas. Tiang-tiang bendera dari bambu tertancap di halaman depan rumah-rumah masyarakat menyambut hari perayaan kemerdek ...

Budaya

Ada Ogoh-ogoh Dinosura di Perayaan HUT ke-73 RI

Bernas.id -- Sebagai bentuk kebhinekaan dan keragaman budaya yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia, kelompok pemuda Hindu yang tergabung dalam Pesantian Wisnu Sakti, Tambakan, Jogonalan Klaten, dalam rangka turut memeriahkan perayaan mempe ...

DIY

Wakaf Sumur Hiswana Migas, Air Mengalir Deras

Bernas.id -Selain terkenal dengan tempat wisata yang mempesona, Kabupaten Gunungkidul, DIY, ternyata juga menyimpan beragam masalah. Salah satu yang menjadi masalah tahunan di Kabupaten Gunungkidul adalah kekeringan. Kekeringan terjadi kare ...

Budaya

Inilah Jajaran Artis Prambanan Jazz 2018, Ada Kejutan dari Diana Krall

Bernas.id - Sejak digelar tahun 2015 lalu, Prambanan Jazz Festival selalu ditunggu tidak hanya oleh pecinta musik jazz saja, namun masyarakat pada umumnya. Banyak faktor yang membuat orang selalu menunggu Prambanan Jazz, selain penempata ...

DIY

Kita Ini Melakukan Perlombaan Bukan Pertandingan

Bernas.id - Roy Suryo, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan tak ada masalah dengan adanya kader Partai Demokrat yang bersuara lantang tidak sejalan dengan keputusan partai terkait Capres-Cawapres di Pemilu 2019 nanti. Ia anggap lonta ...

DIY

Tiga Anak Bangsa Berbicara Makna Kemerdekaan di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Bernas.id – Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Kepresidenan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berlangsung dengan khidmat dan lancar. Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku B ...

DIY

Puluhan Pesepeda Onthel Peringati HUT RI di Halaman Masjid Kauman

Bernas.id - Paguyuban Onthel Djogjakarta atau lebih dikenal dengan nama Podjok merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dengan cara unik. Mereka menggelar upacara bendera di halaman Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Jumat (17/8/2018). Selain dii ...

DIY

Kasus Udin Bukti Lemahnya Komitmen Pemerintah dalam Penegakkan Hukum

Bernas.id --Sampai saat ini kasus meninggalnya wartawan Bernas (kini bernas.id, red), Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin, belum diungkap secara tuntas. Bahkan hingga 22 tahun Udin meninggal akibat dianiaya orang tak dikenal, aparat penegak ...

Budaya

HUT RI ke-73, Dokter dan Perawat RSUP Dr Sardjito Bergantian Baca Puisi

Bernas.id – Dalam rangka HUT RI ke-73, RSUP Dr Sardjito menggelar kegiatan pembacaan puisi kebangsaan bertajuk “Jujur Itu Hebat”. Selain pembacaan puisi, juga dilakukan pemutaran film dokumenter Kepahlawanan Prof Dr Sardji ...

Ekonomi

Kadin dan IWAPI Bantul Akan Menggelar Pameran di Kedubes Singapura

Bernas.id - Guna memperkenalkan produk unggulan industri kreatif yang ada di Kabupaten Bantul,  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bantul akan menggelar pameran dan pengenalan prod ...

DIY

Ribuan Cup Kopi Dibagikan Gratis di Prawirotaman

Bernas.id - Sebanyak 100 stand mewarnai acara Prawiro Coffee Festival#2 di Jalan Prawirotaman 2, pada Kamis (16/8/2018) siang hingga malam hari. Acara yang digelar tahun kedua ini mengambil tema "Tirakatan Sambil Ngopi" yang bersa ...

DIY

Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Tower JCM

Bernas.id - Independence Day Military Expo (IDME) 2018 telah dibuka dan digelar area drop off Jogja City Mall (JCM). IDME 2018 merupakan kegiatan hasil kerjasama dari Jogja City Mall dengan jajaran TNI POLRI, event akan digelar selama empat ...

DIY

Pengibaran Bendera Merah Putih di Wisata Bukit Klangon Cangkringan Sleman

Bernas.id - Bendera Merah Putih berukuran 9 x 6 meter berkibar di tiang setinggi 17 meter, Kamis (16/8/18) di Wisata Bukit Klangon, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol Inf Diantoro mengatakan bahwa ke ...

DIY

Tumpukan Sampah Mulai Picu Bau Menyengat di TPS Ngasem Kraton Jogja

Bernas.id -- Sehubungan dengan rusaknya alat berat yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan rusak dan tidak bisa operasi, maka truk-truk pembawa sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta tidak dapat membuang samp ...

DIY

Kurangi Kemiskinan, DIY Bangkitkan Wilayah Selatan, Abad Samudera Hindia

Bernas.id - Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan tingkat kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih tertinggi di Pulau Jawa. Hal ini disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Keistimewaan Sekretaris Daerah DIY, Dr Ir ...

DIY

Pameran Pembangunan 2018 Tunjukkan Kinerja Pemerintah Daerah DIY

Bernas.id - Pameran Pembangunan 2018 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi dibuka, diawali dengan pemotongan pita bunga oleh Asisten Keistimewaan Sekretaris Daerah DIY, Dr Ir Didik Purwadi, MEc. Pameran Pembangunan 2018 digelar dalam rangk ...

Pendidikan

Wisuda ke-18, Ketua STIEBBANK: Gelar Sarjana Jangan Sekali-kali untuk Menyombongkan Diri

Bernas.id - Sebanyak 68 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan (STIEBBANK) Yogyakarta diwisuda, Rabu (15/8/2018). Dari 68 orang tersebut,  14 orang berasal dari program studi akuntansi, dan 54 orang dari progra ...

DIY

Alat Berat di Piyungan Rusak, TPS di Jogja Penuh

Bernas.id - Sampah dari Kota Yogyakarta terpaksa tertahan di sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) dan depo. Pasalnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan tidak beroperasi setelah alat berat di lokasi rusak. “Karena alat ber ...

DIY

Mengenang 22 Tahun Wartawan Bernas Udin Meninggal, Tim Bernas.id Berziarah

Bernas.id- Tim redaksi dan marketing bernas.id (bentuk online Harian Bernas, red) berziarah ke pusara wartawan Bernas Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin di Dusun Gedongan, Trirenggo, Bantul, Rabu (15/8/2018). Rombongan Tim Bernas.id yang d ...

Budaya

Pemkab Sleman Adakan Lomba Permainan Tradisional

Bernas.id - Dalam rangka menyambut HUT 73 RI, Pemerintah Kabupaten Sleman selenggarakan berbagai lomba permainan tradisional bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 17 Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman di Lapangan Pem ...

Kesehatan

Penderita Diabetes Bisa Mengatur Sendiri Menu Makanan

Bernas.id - Kemajuan teknologi informasi memudahkan siapa pun, termasuk orang yang sedang sakit sekalipun, bisa mengatur sendiri menu makanan melalui aplikasi sitem mobile web. Dengan mengatur menu makanan sendiri sesuai rekomendasi dokter ...

DIY

DPRD DIY dan Pemda DIY Sepakati Tambah Belanja Daerah Rp45,1 Miliar

Bernas.id--DPRD DIY dan Pemda DIY akan menyepakati untuk menambah belanja daerah sebesar Rp45,1 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan DIY 2018. Belanja tambahan itu antara lain untuk membayar tenaga outsourcin ...

Pendidikan

UGM Dorong Penambahan Guru Besar

Bernas.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) terus berupaya menambah jumlah guru besarnya. Pasalnya hingga saat ini jumlah guru besar di UGM masih belum ideal dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang ada. Guru besar UGM saat ini hanya berj ...

Ekonomi

G2R Tetrapreneur, Inovasi dari Jogja untuk Pasarkan Produk Desa Tembus ke Level Global

Bernas.id – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penjajakan awal dengan produk unggulan dari Desa Wukirsari dan Girirejo, Imogiri, Bantul terkait Program Global Gotong (G2R) Tet ...

Ekonomi

Profesor UGM Tegaskan Ndeso Itu Sesungguhnya Jati Diri Kita

Bernas.id – Prof Rika Fatimah, pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa ndeso itu bukan suatu kata yang negatif atau merendahkan, tapi ndeso itu sesungguhnya merupakan jati diri kita. Hal ...

Pendidikan

Pramuka Perlu Dibranding Ulang agar Diminati Generasi Cyber

Bernas.id - Gerakan Pramuka yang kini berusia 57 tahun tidak sama lagi, suasana dan kondisinya ketika dilahirkan. Adhyaksa Dault selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, ...

Budaya

Nokia Luncurkan Smartphone Android Oreo Go Pertama

Bernas.id - Nokia 1 kini sudah mulai dijual di Indonesia. Smartphone ber-OS Android Oreo Go pertama ini diklaim mempunyai performa yang baik meskipun mengusung spesifikasi yang rendah. Smartphone asal FInlandia ini  dibuat un ...

DIY

Desa Caturtunggal Serahkan Rumah Relokasi untuk Warga

Bernas.id -Lurah Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Agus Santoso S.PSi menyerahkan 8 unit rumah relokasi kepada warga terdampak penataan pemukiman kawasan Sungai Gajahwong di Pringgodani, Padukuhan Mrican, Desa Caturtungga ...

DIY

Kendaraan Stop di Atas Marka Berbiku Digembok dan Digembosi

Bernas.id-Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bersama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY melakukan penertiban terhadap kendaraan yang berhenti dan parkir di atas marka berbiku-biku kuning di sepanjang Jalan Cik Ditiro. Penertiba ...

DIY

Panen Raya Perdana Mina Padi di Dusun Samberembe, Kabupaten Sleman

Bernas.id - Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Muda Samberembe menggelar Panen Raya Perdana kolam dalam di Demfram Tanam Jajar Legowo Minapadi, Samberembe, Candibinangun, Pakem, Sleman pada Senin 13 Agustus 2018. Pada kesempatan tersebut Wak ...

DIY

Optimalisasi Produksi Pangan di Lahan Sempit, HKTI DIY Sarankan Mina Padi

Bernas.id – Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Profesor Ali Agus mengatakan bahwa di Indonesia, khususnya di Jawa apalagi di Yogyakarta, lahan pertanian itu semakin lama semakin sempit, pa ...

DIY

Sultan Minta Materi RAD Baru Tak Dianggap Pekerjaan Tambahan

Bernas.id- Pemda DIY secara resmi meluncurkan rencana aksi daerah (RAD) tujuan pembangunan berkelanjutan sustainable development goals (SDGs) 2018-2022 di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Senin (13/8). Drngan ini, ...