Berita Nasional Terpercaya

Disdik Sleman: Pengenalan Coding Games Kembangkan Kreatifitas dan Daya Inovatif Siswa

0

Bernas.id ? Puluhan siswa dari 10 SMP di Kabupaten Sleman mendapatkan pelatihan pengenalan coding games mulai tanggal 13-16 Agustus 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para siswa agar lebih kreatif, mandiri, serta membentuk generasi pencipta karya-karya games yang membanggakan Indonesia, Laboratorium Komputer lantai 3, Diskominfo Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin 13 Agustus 2018.

Marina Kusumawardhani, Ketua Co-Founder Code4Nation, sebagai Project Manager mengatakan bahwa visi dan misi dari kegiatan pengenalan coding games ini agar anak-anak di seluruh Indonesia bisa menikmati manfaat dari penggunaan IT (Teknologi Digital). ?Jangan anak-anak di daerah kota besar saja, tetapi ingin ke seluruh pelosok Indonesia, minimal kabupaten,? jelasnya ke Bernas.id.

Baca 30 peserta dari 10 SMP di Kabupaten Sleman Belajar Coding Games

Kegiatan pengenalan coding ini, sebut Marina, bekerjasama dengan Kantor Staf Presiden yang mempunyai program nasional Literasi Digital Inklusif bersama Kominfo untuk 100 smart city di Indonesia. ?Dengan mengikuti ini, kenapa tidak sekalian (memberikan-red) pelajaran coding bagi warga sekitarnya, terutama bagi anak-anaknya karena kalau anak-anak dari awal mula yang sudah suka main game, akan menjadi hobi, mungkin bisa menjadi profesi,? tuturnya.

Alasan kenapa dipilih pengenalan coding game, Marina menjawab karena games itu sesuatu yang sangat menarik bagi anak-anak, kalau misalkan pelajaran coding sesuatu yang lain akan membosankan. ?Diharapkan bisa membentuk ketertarikan di awal, lalu mereka akan lanjut-lanjut sendiri, coba-coba di rumah. Kalau bisa anak-anak Indonesia itu, bukan hanya main game saja, tapi belajar membuatnya. Coding itu membentuk pola pikir, kayak latihan otak yang produktif,? ujarnya.

Marina berharap pengenalan coding games ini setidaknya bisa menjadi kegiatan esktrakulikuler di sekolah. ?Idealnya menjadi mata pelajaran, minimal jadi esktrakulikuler yang kegiatannya diteruskan di sekolah masing-masing,? imbuhnya.

Sementara itu, Sri Wantini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman mengatakan dengan kegiatan pengenalan coding games ini supaya nanti anak-anak akan lebih terarah. ?Jadi kita memberikan bekal kepada peserta didik supaya peserta didik kita menjadi literat, tidak hanya sekedar literat baca tulis, bahasa, budaya, tetapi termasuk juga literat digital  (IT) supaya mereka paham. ?Sekaligus nanti juga disampaikan terkait dengan segi positif dan negatifnya agar memanfaatkan IT dengan positif,? katanya kepada Bernas.id.

?Sekaligus mengembangkan kreatifitas dan daya inovatif dari masing-masing peserta didik,? imbuhnya.

Alasan peserta didik dari SMP yang diikutkan kegiatan pengenalan coding ini, Sri Wantini menyebut bahwa mereka sudah punya bekal kemampuan dasar komputer karena di seluruh SMP di Sleman sudah diberikan bekal IT di sekolahnya. Masing-masing SMP 3 peserta yang terdiri dari 2 siswa dan 1 guru IT. Kita ambilkan sekolah-sekolah yang memang perlu mendapatkan semangat dan motivasi,?jelasnya.

Beberapa sekolah SMP yang diundang Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk kegiatan pengenalan coding games ini, SMP 5 Sleman, SMP 3 Sleman, SMP 2 Mlati, SMP 2 Godean, SMP 2 Moyudan, SMP 1 Minggir, SMP 1 Seyegan, SMP 3 Pakem, SMP 4 Ngaglik, dan lainnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.