Berita Nasional Terpercaya

Deklarasi Gerakan Kampung Panca Tertib di Kadipaten Kidul

0

Bernas.id — Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, beberapa kampung dari tingkat RW sampai dengan Kelurahan di Kecamatan Kraton, Yogyakarta, pada hari Minggu, 19 Agustus 2018, menggelar berbagai lomba dan olah raga.

Salah satunya adalah Kampung Kadipaten Kidul, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, Minggu (19/08/2018), di ruas Jalan Nagasari, selain olah raga senam bersama, warga juga menggelar Deklarasi Gerakan Kampung Panca Tertib. Adapun isi deklarasi, adalah bentuk kebulatan tekad dan komitmen warga untuk mewujudkan tertib lingkungan dan tertib sosial.

Untuk mewujudkan tertib lingkungan dan tertib sosial, melalui lima langkah, yaitu, 1) Mewujudkan tertib lalulintas, 2) Mewujudkan Jam Belajar Masyarakat dari Pukul 19.00 sd 21.00 WIB, 3) Memberantas Penyakit Masyarakat, 4) Mewujudkan lingkungan bersih, sehat, indah, nyaman dan asri, dan 5) Penambahan pohon perindang di Kawasan Kampung Kadipaten Kidul.

Kegiatan deklarasi dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawali) Kota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi MA, Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno, Lurah Kadipaten Sri Ernawati, perwakilan dari pejabat terkait, dan tokoh masyarakat Kampung Kadipaten Kidul. Wawali Kota Yogyakarta, menambahkan dalam pidatonya, bahwa dengan panca tertib itu, masyarakat juga diharapkan bisa mempromosikan Kadipaten Kidul sebagai kampung batik.

?Dengan panca tertib, masyarakat harus dapat memberi nilai tambah mengingat Kadipaten Kidul banyak yang jualan batik. Jadi perlu membranding atau mempromosikan sebagai kampung batik, sehingga kampung memiliki karakter kuat. Jam belajar pun harus disertai mematikan handphone (HP), karena HP membuat interaksi dengan keluarga berkurang,?tutur Heroe Poerwadi.

Dengan lingkungan yang sehat, indah, nyaman, aman, pepohonan rindang, dan masyarakatnya mempunyai semangat gotong royong, Wawali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, berharap, kedepan Kadipaten Kidul menjadi kampung ramah anak dan juga ramah untuk warga lanjut usia (lansia). Menyinggung perihal pelayanan pemerintah kepada masyarakat, orang nomer dua di Pemkot Jogja ini, menjelaskan keberadaan aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

?Jadikan Kadipaten Kidul sebagai kampung ramah anak dan juga kampung ramah lansia, karena keduanya kebutuhannya sama, yaitu lingkungan yang sehat, nyaman dan aman. Selain itu, warga dan terlebih pengurus RT/ RW agar dalam HP-nya ada aplikasi Jogja Smart Service (JSS). JSS adalah aplikasi layanan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dari pengaduan, kependudukan, hingga kebutuhan ambulan bagi warga yang sakit, bisa melalu aplikasi JSS ini. Silakan unduh (download) di PlayStore,?ujarnya. (ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.