Berita Nasional Terpercaya

Sewindu Komunitas Kretek, Menyalakan Kesantunan

0

Bernas.id – Memperingati delapan tahun (sewindu) berdiri, Komunitas Kretek mengadakan acara 'kopi darat' dan peringatan yang digelar Rabu (3/10/2018) malam di Warung Mojok, Sleman. Acara diikuti oleh puluhan penikmat kretek dari kawasan DIY dan sekitarnya.

Ketua panitia acara Aris menjelaskan, acara ini terbuka buat semua orang, khususnya kretekus, atau perokok kretek. Tema acara adalah “Menyalakan Kesantunan”. 

“Maksudnya, komunitas kretek mengusung semangat untuk menjadi perokok santun. Yang kami terus sebarkan para kretekus lain itu, perokok santun. Itu yang mau kita kampanyekan,” ujarnya.

Ia berharap, ke depan stigma negatif bagi para perokok bisa dihilangkan. Ia juga berharap berbagai pihak bisa terus memperjuangkan hak-hak kretekus untuk bisa menikmati rokok, tentunya dengan tanpa mengganggu mereka yang tidak merokok.

Abhisam DM selaku salah satu pendiri Komunitas Kretek menjelaskan, persoalan rokok terkait dengan kemandirian ekonomi bangsa. Rokok kretek menurutnya sudah berhasil memberikan sumbangan berharga bagi struktur ekonomi Indonesia.

“Visi komunitas kretek lebih besar dari urusan kretek, yakni penyelamatan komoditas nasional kita,” ujarnya.

Acara dimeriahkan dengan talkshow “Menyalakan Kesantunan” dan saling tukar kado antar kretekus. Selain itu dilakukan pula penjualan kaos, yang 100 persen hasilnya akan disumbangkan pada para korban gempa di Palu dan Donggala. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.