Berita Nasional Terpercaya

Nasi Goreng, Miliki Kisah yang Menarik

0

Bernas.id – William Wongso mengatakan nasi goreng merupakan produk kuliner yang dikenal bangsa Indonesia. Nasi goreng merupakan sumber kenikmatan yang berasal dari kelas bawah hingga kelas atas.

Menurut William, nasi goreng belum terlalu jelas asal-usulnya, kajian secara akademis belum dijumpai meskipun beberapa keterangan tertulis mengatakan kontroversi asal-usul misal nasi goreng dikatakan dari seni dapur Cina yang selalu menghidangkan makanan dalam kondisi panas atau hangat.

Berpijak informasi dari bacaan dunia Barat, William mengatakan bahwa nasi goreng adalah asli Indonesia dan menjadi terkenal berkat tata cara makan mewah bangsa Belanda pada zaman Hindia Belanda yang terkenal dengan nama Rijstaffell.

“Demikianlah, hidangan Indonesia menjadi makanan mewah bagi bangsa Eropa,” imbuhnya.

Lembaga survei tingkat dunia seperti CNN telah melakukan survei sejak tahun 2007 sampai 2017, ternyata nasi goreng menempati tempat kedua makanan terenak di dunia setelah rendang. 

“Sungguh seni dapur Indonesia mengangkat martabat bangsa dalam hal menyumbangkan nikmat bagi bangsa-bangsa di dunia,” ujarnya.

Sedangkan, Prof Dr Ir Murdijati Gardjito dari Balai Besar Litbang Pascapanen, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mengatakan nasi goreng di Indonesia seluruhnya ada 104 ragam.

“Dari 104 ragam nasi goreng, yang dapat ditelusuri asal-usulnya sebanyak 36 ragam nasi goreng, sedangkan 59 ragam nasi goreng resep pengembangan,” katanya.

Menurut Asisten Peneliti Pusat Penelitian Pangan dan Gizi (PSPG) UGM menyatakan cita rasa nasi goreng merupakan cita rasa internasional yang dapat diterima hampir seluruh masyarakat . (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.