Berita Nasional Terpercaya

Menteri Agama Lakukan ‘Groundbreaking’ Gedung Madrasah International Language Centre

0

Bernas.id – Sebagai Rangkaian Hari Santri Nasional 2018, Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Centre DIY mendirikan Madrasah International Language Centre (MILC). Peletakan batu pertama pendirian gedung MILC yang berada di kompleks MAN 4 Bantul ini dilakukan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (10/10/2018).

Kepala Kantor Kemenag DIY M. Lutfi Hamid menjelaskan, MILC adalah Pusat Bahasa dan Budaya sebagai 'kawah candradimuka' dalam mendidik siswa madrasah untuk terampil dan piawai berbahasa asing sekaligus bangga dengan budaya nusantara. Dengan belajar di MILC, para siswa madrasah diharap nanti bisa kuliah di luar negeri. Target tahun depan, menurutnya MILC dapat mengirimkan minimal 50 siswa madrasah kuliah ke luar negeri.

“Ini tentunya bukan sesuatu yang utopia, bukan sebuah mimpi. Tapi dua tahun ini kita sudah sukses mengirim belasan siswa ke luar negeri. Melalui MILC ini kita menggunakan tiga bahasa, Arab, Inggris dan Mandarin,” ujarnya.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, maksud tujuan madrasah ini sungguh mulia. Siswa madrasah menurutnya harus bisa lebih mendayagunakan dan memanfaatkan ilmu yang dipelajari bagi sebanyak mungkin orang.

“Anak-anak kita semakin memiliki kapasitasnya untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki,” ujarnya.

Ia mengakui, ini pertama kalinya madrasah bisa bersinergi dengan lembaga lain, mendirikan terobosan semacam ini. Dengan adanya tiga bahasa yang akan dikembangkan di MILC, menurutnya sesuatu yang amat sangat bermanfaat.

“kita harus segera matangkan agar ini bisa direplikasi, bisa dicontoh oleh kantor wilayah di provinsi lain dan bisa dicontoh MAN-MAN lain, sehingga ini bisa menjadi prototype pengembangan bahasa siswa madrasah,” harap Lukman.

Sementara Sekda DIY Gatot Saptadi mewakili Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap MILC bisa menjadi sarana mengembangkan kampuan anak didik secara maksimal. Diharapkan para siswa madrasah dapat menjadi lulusan yang dapat bersaing di level internasional.

“Sehingga bisa menghasilkan generasi penerus yang patut yang kita banggakan,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.