Berita Nasional Terpercaya

Dua Kampung KB di DIY Jadi Rujukan Nasional

0

Bernas.id – Sebanyak dua kampung Keluarga Berencana (KB) di DIY telah menjadi rujukan bagi kampung KB seluruh Indonesia, yakni Malangrejo, Wedomartani, Ngemplak Sleman dan Jasem, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Masyarakat kedua kampung ini mampu memotivasi pasangan subur yang belum menggunakan alat kontrasepsi sehingga warga memiliki kepedulian penggunaan kontrasepsi.  

Kepala Kantor Perwakilan BKKBN DIY Bambang Marsudi menyatakan kedua kampung KB menjadi 'center of excellence' bagi kampung KB di tingkat nasional. Keduanya menjadi rujukan bagi kampung KB seluruh Indonesia sehingga sering menjadi objek kunjungan. Kedua kampung ini memiliki rumah data kependudukan yang lengkap dan pengelolaannya baik.  Masyarakat kedua kampung KB ini juga memiliki kepedulian tinggi untuk memberikan motivasi penggunaan alat kontrasepsi bagi pasangan usia subur.
 “Di sana ada kadernya, nah kadernya ini yang mengajak, memotivasi untuk menggunakan alat kontrasepsi. Keberhasilannya lumayan, menjadi studi banding bagi provinsi lain,” terangnya, Kamis (11/10/2018).

Ia memaparkan, pada awal pencanangan pada 2016, di DIY ada enam kampung KB. Kemudian pada 2017 ada tambahan sebanyak 73 kampung KB sehingga dapat menyebar di seluruh kecamatan di DIY. Khusus untuk Kulonprogo pada 2018, keberadaan kampung KB ini dikolaborasikan dengan pencanangan desa stunting. Selain itu di Sleman pada 2018 ada tambahan sekitar 73 kampung KB. 

Di kampung KB itu masyarakat diberikan fasilitas untuk melakukan KB, termasuk memberikan layanan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) maupun non MKJP. Penggunaan non MKJP seperti suntik, pil dan pemakaian kondom di kampung KB terus diarahkan ke MKJP seperti IUD, implan dan medis operasi.

“Masyarakat kami fasilitasi untuk dapat melakukan KB baik mau MKJP maupun non MKJP, nah di kedua kampung KB ini sangat peduli KB dan kependudukan,” ungkapnya.

Selain tertatanya soal KB, kedua kampung ini aktivitas kegotongroyongan masyarakat mulai tumbuh. Ia mencontohkan kampung KB Jasem yang membuat jalan lebar bisa dilalui roda empat dari awalnya jalan setapak. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.