Berita Nasional Terpercaya

Fakultas Teknik UGM Miliki Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular

0

Bernas.id – Dekan Fakultas Teknik UGM Prof Ir Nizam, MSc, PhD, meresmikan Pos PembinaanTerpadu (Posbindu) Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) Fakultas Teknik UGM, Jum?at 12 Oktober 2018.

Nizam mengatakan peresmian Posbindu PTM ini sebagai upaya dalam mempromosikan hidup sehat kepada seluruh civitas akademika FT UGM baik mahasiswa, karyawan maupun dosen. Kegiatan perdana yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan kesehatan gratis, konsuling dan edukasi pola hidup sehat, serta pelantikan duta Health Promotion University (HPU).

?Posbindu ini sebagai bentuk untuk promosi hidup sehat bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan di FT UGM,? jelasnya usai peresmian Posbindu.

Pendirian Posbindu di FT ini diharapkan Nizam dapat mendorong seluruh civitas akademikanya untuk menjalani pola hidup sehat sehingga bisa mencegah kemunculan risiko penyakit tidak menular.

?Hal ini sejalan dengan salah satu visi dari FT UGM adalah mewujudkan civitas akademika yang sehat dan sejahtera,? katanya.

Nizam menuturkan dari hasil tracer study terhadap lulusannya diketahui bahwa tidak sedikit lulusannya yang gagal diterima kerja karena faktor kesehatan. Oleh sebab itu, pihaknya berupaya untuk mendorong mahasiswanya menjalani pola hidup sehat.

Guna mendukung penerapan gaya hidup sehat di lingkungan kampus, pihaknya  telah membangun sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan warga FT UGM untuk berolahraga. Beberapa diantaranya seperti jogging track, lapangan basket, lapangan voli, panjat tebing, arena tenis meja dan lainnya. Selain itu juga menyediakan kantin dengan makanan halal dan sehat dan menjaga lingkungan kampus bebas rokok.

Sementara perwakilan tim Health Promotion University (HPU) UGM Dr Supriyati menyampaikan Posbindu PTM di Fakultas Teknik merupakan posbindu pertama yang diresmikan di UGM. Didirikan untuk mengubah pola hidup civitas akademikanya ke arah hidup sehat.

?Harapannya nantinya di setiap fakultas maupun unit kerja di lingkungan UGM ada Posbindu untuk mempromosikan dan mendorong gaya hidup sehat baik secara fisik, mental, dan spiritual,? katanya.

Dalam peresmian Posbindu PTM di FT UGM ini turut dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan indeks massa tubuh, gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan asam urat. Nantinya, pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan secara rutin setiap minggunya sebagai upaya screening untuk mendeteksi dan penanganan penyakit. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.