Berita Nasional Terpercaya

Sosialisasi Pancasila untuk Emak-Emak NU

0

Bernas.id – Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus ada dalam jiwa setiap anak bangsa Indonesia. Apabila tidak, Indonesia akan mengalami perpecahan dan kehancuran.

Hal tersebut ditegaskan Idham Samawi, anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dalam acara Sosialisasi Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Acara digelar, Sabtu 13 Oktober 2018 di Edu Hostel Yogyakarta, diikuti oleh puluhan muslimah Fatayat NU Kota Yogyakarta.

“Jangan pernah berpikir menjawakan Indonesia, mensundakan Indonesia,” tegasnya.

Idham menjelaskan pula, Indonesia dibangun lebih dari 600 suku bangsa, namun hingga kini masih utuh, karena adanya ideologi Pancasila. Meski tidak ada kata Pancasila di Pembukaan UUD 1945, di alinea keempat sila-sila dalam Pancasila disebutkan dengan jelas, dan ini menjadi dasar negara Indonesia.

“Saya yakin keluarga besar NU akan berani pasang badan kalau ada yang mau mencoba mengganti Pancasila,” ujar Idham.

Sementara Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menerangkan, selain mensyukuri adanya Pancasila, orang Indonesia harus mensyukuri adanya Bahasa Indonesia yang mempersatukan bangsa. Slogan Bhinneka Tunggal Ika menurutnya juga sangat penting, untuk mewujudkan masyarakat yang tidak diskriminatif.

“Aspek Bhinneka Tunggal Ika akan bisa kita benar-benar kita terapkan kalau ada aspek kejujuran,” ujarnya.

Di ranah kebijakan, menurutnya penting untuk mewujudkan semangat Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika lewat pembuatan kebijakan yang tidak diskriminatif dan berpihak pada rakyat. Ia juga mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai pihak pihak yang kini mencoba menyebarkan ajaran radikalisme agama, yang merong-rong Pancasila.

“Kita harus terus-menerus menanamkan dalam diri kita nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.