Berita Nasional Terpercaya

Seni Bela Diri Pencak Silat Membawanya Masuk ke Dunia Perfilman Internasional

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Jika ia mengawalinya dari pencak silat, lalu film seperti apakah yang ia mainkan?

Iko Uwais lahir pada tanggal 12 Februari 1983 di Jakarta. Ia adalah salah satu aktor Indonesia yang mampu memperkenalkan beladiri silat melalui film yang dibintanginya di dunia Internasional, yaitu The Raid I dan The Raid II . Keduanya bahkan sukses di Hollywood. Lalu bagaimana kisah dibalik kesuksesannya?

Sejak kecil, Iko sudah mengenal seni bela diri dari Indonesia yaitu pencak silat. Ia berguru pencak silat dengan pamannya sendiri yang kebetulan memiliki sebuah perguruan silat bernama Tiga Berantai dengan aliran silat Betawi. Pencak silat yang ia pelajari sejak kecil membuatnya ahli dalam bela diri pencak silat.

Baca juga: Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

Pada tahun 2003, ia berhasil memperoleh peringkat tiga dalam turnamen pencak silat di DKI Jakarta. Dua tahun berikutnya, ia menjadi pesilat terbaik di kejuaraan Silat Nasional dalam kategori demonstrasi. Selain mencintai dunia pencak silat, ia ternyata juga menyukai olahraga sepakbola. Ia bahkan sempat menjadi pemain sepakbola di liga B klub sepakbola Indonesia. Ia berhenti menjadi pemain sepakbola, setelah klubnya mengalami kebangkrutan. Ia kemudian kembali fokus dalam pencak silat.

Keseriusannya dalam dunia silat membawanya dapat berkeliling dunia, seperti ke Inggris, Perancis, Rusia, Kamboja, dan Laos untuk memperagakan bela diri pencak silat. Bahkan sebelum terkenal seperti sekarang, Iko Uwais juga sempat bekerja di perusahaan telekomunikasi sebagai supir truk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia mengenal dunia seni peran ketika Gareth Evans yang dikenal sebagai seorang sutradara asal Wales berkunjung ke tempat latihan pencak silat Iko Uwais.

Saat itu Gareth sedang membuat film dunia dokumenter tentang bela diri pencak silat. Ketika ia mendokumentasikan pencak silat, ia tertarik dengan keahlian yang dimiliki oleh Iko Uwais. Gareth kemudian menawarkan Iko untuk menjadi pemeran utama dalam film garapannya.

Iko kemudian menerima tawaran tersebut, dan menandatangani kontrak selama 5 tahun dengan rumah produksi Gareth Evans. Film selanjutnya yang membawa nama Iko Uwais makin dikenal di Hollywood dan dunia perfilman adalah The Raid : Redemption. Iko berperan sebagai tokoh Rama seorang polisi yang ahli dalam bela diri silat. Hingga kini Iko Uwais semakin bersinar dalam dunia perfilman internasional.

Kecintaan Iko Uwais terhadap seni bela diri pencak silat ternyata membawanya menjadi pemain film internasional. Berawal dari kesenian daerahnya, kini ia mampu membawa kesenian tersebut di kancah perfilman inernasional. Jangan pernah malu dengan kebudayaan kita sendiri, mulailah untuk melestarikan budaya sendiri dan kenalkanlah kepada dunia. Tinggalkan sikap bangga dengan budaya negara lain, buatlah negara lain bangga dengan budaya kita.

Baca juga: Mengenal Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik

Leave A Reply

Your email address will not be published.