Berita Nasional Terpercaya

Kemenkominfo Ajak UMKM Yogyakarta Turut Menggerakan Usaha E-Commerce

0

Bernas.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menggelar Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online : Murah, Cepat, dan Aman di Gadjah Mada University Club (UC) Hotel UGM Yogyakarta, Kamis (18/10/2018).

Pada kesempatan itu, Kemenkominfo mengadakan pelatihan serta fasilitasi dan simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut serta membangun dan menggerakan usaha ecommerce di Indonesia, mengingat potensi besar akan perkembangan transaksi online di Indonesia.

“Transaksi online melalui portal ecommerce semakin populer digunakan di masyarakat luas, dan hal tersebut dapat dinilai sebagai perkembangan positif, karena semakin mudah untuk menghubungkan penjual dan pembeli saat ini. Hal tersebut penting disampaikan kepada UMKM agar semakin mengerti potensi pasar yang begitu besar, langkah awal sudah terjajaki, namun edukasi akan penggunaan portal ecommerce penting untuk terus dilakukan,” ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Perekomonian & Maritim Kemenkominfo RI, Septriana Tangkary disela-sela acara.

Ditambahkan Septriana melalui acara ini juga dilakukan sosialisasi gerakan Ayo UMKM Jualan Online. “Saat ini dari data Badan Pusat Statistik (BPS), Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41 % dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit, namun baru sekitar 8% atau sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya, padahal tren pergerakan konsumen semakin memberat di transaksi online,” tambahnya.

Acara yang terbagi dalam dua sesi ini terbagi atas sesi pertama pemaparan para narasumber dalam format diskusi panel mengenai transaksi jual beli dalam e-commerce secara umum, kemudia sesi kedua berisi workshop berjualan online untuk para pelaku UMKM, pedagang pasar ataupun siapa saja yang berminat untuk memasarkan produknya secara online. (mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.