Berita Nasional Terpercaya

Trio NWN: Kerja sebagai PR Hotel Perlu Passion

0

Bernas.id — Kerja sebagai Public Relations (PR) di sebuah institusi, khususnya hotel itu diperlukan sebuah dedikasi yang menumbuhkan cinta terhadap pekerjaan dan ujungnya akan menjadikan passion dalam menekuni profesi.

Hal itu, disampaikan oleh tiga praktisi PR, Dyah Retno Wikan (Nuke), Wiwied A Widyastuti (Wiwied), dan Eunike Martanti (Nike), Kamis (18/10/2018), dalam acara ?Kolaborasi Inspirasi Kidung Mesra untuk Jogja?, di Bentara Budaya, Jalan Suroto Kotabaru, Yogyakarta.

Tiga praktisi PR Hotel yang malam itu dinobatkan oleh Station Manager Sonora FM dan Smart FM Yogyakarta Benni Listiyo, sebagai Trio NWN singkatan dari sapaan akrab ketiganya, yaitu, Nuke, Wiwied, dan Nike, berkesempatan membeberkan perjalanan karir dan pengalamannya selama menekuni profesi sebagai public relations.

Acara yang dipandu oleh Host, Bima dari Sonora FM Yogyakarta ini, dengan dialog yang renyah berhasil mengulik ketiga praktisi PR ini, yang memiliki pengalaman hampir serupa dalam meniti karirnya sama-sama dari bawah atau nol. Nuke, Wiwied, dan Nike mengawali karir di bidang hotelier lehih kurang sejak tahun 1998an.

?Mengawali karir tidaklah mudah pertama kali saya kerja sebagai front office, menjadi receptionis sehabis KKN. Kemudian setelah lulus baru melamar menjadi PR, kebetulan jurusan ketika kuliah adalah komunikasi dengan prodi public relations. Dari pengalaman sebelumnya itu, akhirnya bisa diterima menjadi PR,? ujar Eunike Martanti, yang akrab disapa Nike.

Sementara, ketika ditanya oleh Host Bima soal kejenuhan atau kebosanan dalam rutinitas bekerja, Trio NWN, membagikan beberapa tips, selain belajar menambah pengetahuan, menambah pertemanan terutama dari media (red, media massa), dan berkreasi serta berinovasi, bikin event, paket-paket program hotel.

?Sebagai seorang public relations juga sering kali mengalami stagnan oleh pekerjaan rutinitas di kantor. Untuk menghindari kejenuhan, saya berupaya meng-creat membuat program-program event hotel dan yang membanggakan hasil kreasi itu dilakukan juga oleh hotel lain,?beber Wiwied A Widyastuti, yang masih berkarya di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center ini.

Ketiga praktisi PR, berpesan, bahwa seorang PR di era digital kini telah terbantukan dengan kemajuan teknologi ini, agar jangan bosan untuk selalu belajar menambah pengetahuan, terutama digital marketing, menambah wawasan, networking. Juga bisa menjaga citra, baik citra dirinya maupun citra perusahaan. Karena seorang PR bukanlah seorang artis, yang cantik dan berbusana menarik, namun terpenting adalah inerbeauty (cantik dari dalam) dan attitude (sikap).

?Cara berkomunikasi, marketing, dan teknoligi digital itu semua dapat dipelajari, tetapi sikap atau attitude dan selalu menjaga citra itu suatu keharusan bagi seorang PR ditambahkan dengan passion. Dan banyak berteman dengan media, karena saya punya pengalaman di masa perusahaan mengalami krisis, teman-teman media sangat membantu sehingga perusahaan kembali tumbuh,? imbuh Nuke, yang kini menekuni dunia Konsultan Marketing.

Selanjutnya, Station Manager Radio Sonora FM, Benni Listiyo, kepada bernas.id, menjelaskan, Kolaborasi Inspirasi Kidung Mesra untuk Jogja, merupakan program tahunan yang diselenggarakan bersama oleh Radio Sonora FM dan Radio Smart FM di Yogyakarta, memadukan acara talkshow dengan musik dan kesenian budaya secara live atau langsung dari Bentara Budaya Yogyakarta.

?Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya, dengan menampilkan Mantan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto, Praktisi PR Wiwied A Widyastuti, Dyah Retno Wikan, dan Eunike Martanti. Serta admin Info Cegatan Jogja (ICJ) Yanto Sumantri. Hiburan musik Jasmine Akustik Band, juga sebuah tarian dari Shinta Art Dance,?jelas Benni. (ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.