Berita Nasional Terpercaya

Aplikasi Habibi Harumkan Indonesia di Singtel Group Future Makers 2018

0

JAKARTA, Bernas.id? Sebanyak dua penghargaan tingkat Asia Pasifik berhasil dimenangkan oleh Startup asal Indonesia, Habibi Garden, dalam ajang Singtel  Group Future Makers 2018. Dua penghargaan yang diterima ialah People Choice Award Asia Pasific Investment Summit 2018 dan Best of The Best Future Makers 2018. Ajang ini diselenggarakan pada 6 – 9 November 2018 silam.

Hal ini membuat Indonesia menjadi unggul dibandingkan startup dari Singapura, Australia, Filipina, dan Thailand. Kolaborasi Singtel Group dalam Asia Pacific Impact Investment Summit 2018 menjadi ajang pencarian enterpreneur, startup, dan badan amal yang paling berdampak sosial melalui solusi teknologi terkini.

?Kami bangga atas kemenangan yang diraih oleh aplikasi The NextDev, Habibi Garden, ini. Melalui kemenangan ini telah membuktikan bahwa karya anak bangsa telah diakui dan sekaligus mengharumkan nama Indonesia di tingkat Asia Pasifik. Selamat kepada Habibi Garden atas pencapaian yang luar biasa ini,” ujar Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel, dalam siaran pers yang diterima, Selasa (13/11/2018).

Habibi Garden dan Squline menjadi startup terbaik dari program The NextDev yang dikirim oleh Telkomsel untuk berkompetisi dalam ajang ini. Habibi Garden sendiri merupakan aplikasi spesialis Internet-of-Things (ioT) khususnya dibidang agrikultur. Dengan menggunakan sensor Habibi Garden, dinilai mampu meminimalisir kemungkinan gagal panen dan akan meningkatkan produksi hingga 200% dengan memantau semua parameter kunci pertumbuhan tanaman.

?Kami berkomitmen dan berharap The NextDev ke depan akan semakin mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Kami juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama berkontribusi secara aktif memanfaatkan teknologi untuk melahirkan solusi yang memberikan dampak sosial yang positif di berbagai daerah di indonesia dapat diwujudkan?, ujanya.

Para peserta melakukan pitching atas karya mereka di hadapan 3 juri ahli Impact Investment Summit 2018. Ketiga juri tersebut adalah Julian Harris (Executive Chairman search365.ai, Robobai.com, and Inawisdom.com), Sarah Pearson (Chief Innovation Officer di Australian Department of Foreign Affairs and Trade), dan Lisa Cotton (Founder and CEO Ideology Group).

Tahun ini, ada 10 aplikasi yang berpartisipasi dalam ajang ini adalah Habibi Garden dan Squline dari Telkomsel (Indonesia), Aevice Health dan XCLR8 dari Singtel (Singapura), Commsync dan ImmCalc dari Optus (Australia), BagoSphere dan The Spark Project dari Globe (Filipina), Local Alike dan VT Thai dari AIS (Thailand). (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.