Berita Nasional Terpercaya

JAFF 2018 Resmi Dibuka, 124 Film Siap Diputar

0

Bernas.id – Festival Film Asia Jogja-Netpac (Jogja Netpac Asia Film Festival) yang ke-13 siap berlangsung di berbagai tempat di Yogyakarta pada tanggal 27 November – 4 Desember 2018. Pembukaan digelar Selasa (27/11/2018) malam di Jogja National Museum.

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) adalah festival film Asia utama di Indonesia yang berfokus pada pengembangan sinema Asia. Festival ini tidak hanya berkontribusi untuk memperkenalkan sinema Asia ke publik yang lebih luas di Indonesia, tetapi juga menyediakan ruang untuk persimpangan banyak sektor seperti seni, budaya, dan pariwisata.

Setiap tahun, JAFF mempersembahkan beberapa penghargaan untuk film-film terbaik di Asia seperti Golden Hanoman Award, Silver Hanoman Award, NETPAC Award, Blencong Award dan Geber Award untuk mengekspresikan apresiasi terdalam untuk sinema Asia.

Festival kali ini bertepatan dengan Proyek Masa Depan Jogja, sebuah kolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Ini memilih 10 proyek film panjang – baik dalam tahap perencanaan, produksi, atau pascaproduksi – di mana pembuat dapat mengadakan pertemuan satu-satu dengan para profesional industri dari Indonesia dan luar negeri.

I Gusti Ngurah Putra selaku Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Komunikasi dan Informasi yang membuka acara menjelaskan, sejak diselenggarakan 13 tahun lalu JAFF mengalami perkembangan yang membanggakan. Festival ini tidak hanya diakui di Asia, namun juga sampai ke Eropa.

“Diharapkan ribuan penonton film akan hadir menonton ratusan film dan mengikuti diskusi yang digelar,” ujarnya.

Mengambil tema “Disruption” atau “Gangguan”, JAFF 2018 menghadirkan pemutaran film di beberapa tempat, di antaranya JNM, Empire XXI, dan Cinemaxx, dengan film Umi O Kakeru (The Man from the Sea) sebagai film pembuka. Total ada 124 judul film yang diputar. 

“Tema Disruption ini bukan perkara menanggapi perubahan, melainkan soal meretas perubahan itu sendiri,” kata Budi Irawanto selaku Festival President JAFF 2018. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.