Berita Nasional Terpercaya

Harga Beras Medium Mulai Merangkak

0

Bernas.id- Indrasari Wishnu Wardha, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan mengatakan di wilayah Yogyakarta harga-harga kebutuhan pokok stabil dan pasokan cukup aman.

“Hanya ada beberapa komoditi yang perlu diwaspadai karena mulai menunjukkan kenaikan, merangkak naik, terutama beras medium yang naik Rp500 per kilogram. Telur ayam ras itu juga naik. Kalau daging ayam masih stabil, sekitar Rp 33 ribu rupiah,” katanya di Gedung Bulog Divre, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 4 Desember 2018.

Terkait jelang akhir tahun yang biasanya harga-harga akan meningkat, Indra menyebut bahwa kalau naik karena kurang pasokan, kita akan tambah pasokan. “Kita akan kumpulkan produsennya. Ada daerah yang lebih, ada daerah yang kurang. Kalau ayam biasanya dari Jawa Timur dan Jawa Barat masih ada. Ada juga di sekitaran Jawa Tengah,” ujarnya.

“Jadi kita akan coba lihat, kalau di Jogja kurang, kita ambil atau pasok dari daerah lain,” imbuhnya.

Soal beras, Indra tak memungkiri bahwa setelah mendatangi Jawa Barat dan Yogyakarta, beras medium memang mulai merangkak. “Kalau menurut pedagang, pasokannya yang mulai berkurang karena baru masuk musim tanam,” ucapnya.

“Bulog pun sekarang serapannya juga kecil. Kalau beras medium, Bulog punya stok yang cukup untuk digelontorkan di pasar,” tuturnya.

Sedangkan, Kepala Bulog Divre DIY, Akhmad Kholisun mengatakan stok beras aman.

“Beras kita aman sampai bulan April sampai panenan baru,” katanya.

Untuk beras, Akhmad Kholisun mengatakan tren penjualannya naik. “Tadi saya sampaikan di bulan September-Oktober- November trennya naik. September 37 ton, Oktober 76 ton, November 180 ton Di Desember, saya yakin bisa lebih naik penjualannya. Bisa meningkat dari 200-300 persen,” paparnya.

“Itu kenaikan penjualannya ya. Kalau kenaikan harga, jumlahnya kecil,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.