Berita Nasional Terpercaya

Tempat Ibadah di DIY Harus Lebih Ramah bagi Penyandang Disabilitas

0

Bernas.id – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah mendorong agar tempat ibadah di DIY memiliki fasilitas yang lebih ramah terhadap difabel. Hal itu disampaikan dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018 di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (9/12/2018). 

Ketua MPM PP Muhammadiyah Nurul Yamin menegaskan semua warga negara memiliki hak dan kemandirian yang sama dalam mendapatkan berbagai akses layanan. Pembangunan fasilitas di satu sisi memang menunjukkan perkembangan signifikan akhir-akhir ini. Tetapi di sisi lain bagi sebagian kelompok masyarakat seperti penyandang disabilitas belum mendapatkan perhatian yang memadai. Kenyataan itu tidak hanya terjadi di fasilitas umum saja namun juga tempat ibadah.

“Karena itu dalam rangka pembangunan berkelanjutan, kami mendorong agar pembangunan ini memiliki sensibilitas terhadap disabilitas terutama fasilitas pendidikan. Karena saudara kita penyandang disabilitas ini memiliki hak yang sama,” terangnya.

Ia meneruskan, penyandang disabilitas seringkali kesulitan menjalankan kewajiban keagamaan karena banyak tempat ibadah yang belum sepenuhnya ramah difabel. Karena itu ia berharap ke depan pembangunan tempat ibadah memperhatikan akses disabilitas.

“Kami contohkan seperti penyandang disabilitas muslim, misalnya kalau mau datang ke masjid shalat berjamaah tetapi tidak mampu mengakses tempat ibadah yang tidak ramah disabilitas. Tentu hal ini bukan sepenuhnya kesalahan bagi penyandang disabilitas tetapi juga pemangku kepentingan dalam melakukan pembangunan,” ujarnya.

MPM PP Muhammadiyah mendorong pengelola tempat ibadah agar memperhatikan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Sehingga difabel bisa nyaman mulai dari mengambil air wudlu hingga masuk ke dalam masjid. Berdasarkan pengamatannya sebagian masjid sudah mulai memberikan fasilitas tersebut namun masih banyak pula yang belum. 

“Itu tempat ibadah, kalau fasilitas umum pun kami melihat belum sepenuhnya ramah difabel, pedestrian harus memperhatikan aspek bagi penyandang disabilitas ada standar tertentu, pemerintah  mohon itu diperhatikan,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.