Berita Nasional Terpercaya

Joko Purnomo Siap Fasilitasi Pelatihan Guide di Desa Srigading

0

BANTUL, BERNAS.ID –Anggota Komisi B DPRD DIY Joko Purnomo siap memfasilitasi dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, termasuk dalam hal pelatihan guide. “Silahkan membuat surat permohonan kepada Gubernur DIY, saya siap memfasilitasi. Karena pada prinsipnya kami sebagai Anggota Dewan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata Joko Purnomo menjawab pertanyaan Ketua RT 7 Ceme, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul Drs Sutanto dalam Musrenbang Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Rabu (5/12/2018) malam.

Selain Joko Purnomo, juga hadir dalam Musrenbang Desa Srigading, Kec Sanden, dari DPRD DIY adalah Drs H Agus Subagyo (Komisi C) dan Ir Atmaji (Komisi D), Perwakilan Kecamatan Sanden, Pamong Desa, BPD, LPMD dan perwakilan RT se-Desa Srigading.

?Kami dari DPRD DIY sudah mewakili tiga komisi. Usulan njenengan semua sudah kami catat dan akan kami perjuangkan melalui komisi,” kata mantan Ketua DPRD Bantul ini.

Lurah Desa Srigading Wahyu Widada SE menyambut baik usulan Sutanto, karena tahun 2019 ia ingin mensinergikan pertanian, pariwisata dan budaya. ?Saya bermimpi Srigading memiliki laboratorium pertanian. Kalau Dlingo punya kebun buah, maka Srigading akan ada kebun sayur,? kata Wahyu yang disambut aplaus peserta Musrenbang.

?Srigading sudah merencanakan untuk membangun Samas. Akan ada menara Asmaul Husna, taman dan parkir. Pintu Gerbang Samas akan ditambah dua meter kanan kiri. Dengan adanya bandara di Kulonprogo maka kami tak ingin hanya jadi penonton, namun juga jadi pelaku,? kata Wahyu.

Ketua RT Dusun Ceme 7 Sutanto mengatakan, usulannya terkait pelatihan guide di Srigading dilatarbelakangi keprihatinannya, karena wilayah Srigading, khususnya ?Bank Sampah Alam Lestari? Dusun Ceme beberapa kali mendapat kunjungan dari wisatawan mancanegara dan saat wawancara harus melalui perantara. Karena itu, kalau warga Srigading sendiri jadi guide akan lebih bagus.

Carik Desa Srigading Ign Dwi Krisdianti menjelaskan bahwa Pendapatan Asli Desa (PADes) Srigading ada Rp 368.081.750,  Alokasi Dana Desa (ADD) ada Rp 1.367.836.000 untuk membiayai berbagai bidang yakni penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Berbagai bidang diupayakan untuk dapat didanai.
Namun demikian ada beberapa usulan program dari masyarakat yang belum bisa didanai yakni belanja makan minum poklasar, pengadaan sarana prasarana pendukung kamtibmas, pembuatan peta digital tanah, penyelenggaraan lomba sepaknola usia dini, sosialisasi masalah kekerasan dalam rumahtangga dan lomba berbusana kebaya. (lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.