Berita Nasional Terpercaya

PT KAI DAOP 6 Jalankan Kereta Tambahan untuk Natal dan Tahun Baru

0

Bernas.id – PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan menjalankan sejumlah kereta tambahan untuk mendukung masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. Tujuannya yakni Jakarta, Surabaya dan Bandung.

?Kereta akan mulai dijalankan pada 20 Desember hingga 6 atau 7 Januari 2019. Nanti kami akan lihat bagaimana kebutuhan masyarakat,? kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Selasa (11/12/2018).

Kereta tambahan tersebut di antaranya, Argo Lawu dan Argo Dwipangga tambahan yang akan dijalankan dari Solo Balapan tujuan Jakarta Gambir, Taksaka Pagi dan Malam relasi Yogyakarta -Jakarta, Lodaya relasi Solo-Bandung, Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya serta Mataram Premium relasi Lempuyangan Yogyakarta-Jakarta Pasar Senen.

Tiap rangkaian kereta tambahan tersebut dapat membawa sekitar 450 hingga 500 penumpang dalam satu kali perjalanan.

?Tambahan kapasitas tempat duduk yang kami tawarkan untuk libur panjang akhir tahun cukup banyak,? kata Eko.

Dirinya mengatakan, tiket untuk kereta tambahan libur panjang akhir tahun sudah dijual dan dapat diakses masyarakat melalui berbagai layanan penjualan tiket termasuk pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access.

Sampai saat ini, ketersediaan tiket untuk libur panjang akhir tahun masih cukup karena secara keseluruhan tiket baru terjual sekitar 70 persen.

?Jumlah penumpang kereta saat libur panjang akhir tahun akan mengalami kenaikan, terutama saat musim hujan seperti ini karena masyarakat menilai angkutan kereta api relatif lebih aman,? imbuhnya.

Secara umum, menurut Eko, kepadatan penumpang kereta api saat libur panjang akhir tahun akan terjadi secara merata karena kereta api sudah menerapkan sistem ?one man one seat? sehingga tidak ada penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk selama perjalanan.

Meski demikian, PT KAI Daop 6 Yogyakarta memperkirakan, kepadatan penumpang di sejumlah stasiun saat libur panjang akhir tahun akan terjadi pada 22-23 dan 30 Desember untuk kedatangan, sedangkan untuk keberangkatan terjadi pada 5-6 Januari 2019.

?Jika dibanding hari biasa, maka terjadi kenaikan sekitar enam hingga 10 persen,? katanya.

Selain peningkatan okupansi untuk perjalanan kereta api jarak jauh, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga memperkirakan akan ada peningkatan okupansi untuk kereta yang baru saja diluncurkan yaitu Joglosemarkerto yang melayani rute di Jawa Tengah dan DIY.

?Sampai saat ini, okupansi kereta tersebut cukup bagus sekitar 70 persen. Dimungkinkan pada libur akhir tahun akan mengalami kenaikan karena banyak masyarakat yang ingin berwisata berkeliling DIY dan Jawa Tengah. Mengunjungi daerah di sepanjang pantai selatan dan pantai utara Jawa,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.