Berita Nasional Terpercaya

FTI UII Jalin Kerja Sama dengan NTUST Taiwan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Program kerja sama internasional FTI UII menjalin kerja sama dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) Taiwan dalam Program Magister (S2). Dalam program ini, mahasiswa dari kedua perguruan tinggi bisa mengikuti kuliah di dua tempat, FTI UII dan NTUST, masing-masing selama satu tahun. Tahun pertama di FTI UII dan tahun kedua di NTUST Taiwan.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

“Program Dual Degree tahun terakhir di NTUST terdiri dari 12 kredit NTUST (setara 12 SKS) dan tesis Master (setara 14 SKS). Setelah berhasil menyelesaikan studi, mahasiswa akan diberikan dua gelar, yakni gelar Master of Business Administration sesuai dengan hukum Taiwan dan diakui secara internasional sebagai tingkat siklus pertama pendidikan tinggi dan gelar MT dari UII,” kata Prof Dr Ir Hari Purnomo MT, Guru Besar/ Dekan FTI/ Dosen Magister Teknik Industri FTI UII kepada wartawan di Kampus Program Pascasarjana (PPs) FTI UII, Kamis (13/12/2018).

Menurut Prof Hari Purnomo, kerja sama tersebut saling menguntungkan untuk kemajuan misi masing-masing lembaga dalam upaya internasionalisasi dan hubungan internasional. Selain program dual degree, kerja sama lainnya dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan anggota staf, penelitian bersama, pengawasan bersama serta kegiatan yang berkaitan dengan pertukaran kurikulum dan Program Gelar Ganda.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia
    
Menurut Winda Nur Cahyo ST MT PhD, Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII/ Dosen Magister Teknik Industri FTI UII, mahasiswa Program Magister (S2) adalah mereka yang telah berhasil menyelesaikan kurikulum satu tahun pertama dan ingin memasuki program tahun terakhir dan memenuhi kriteria nonakademik lainnya. Kedua program akan mengakui maksimum 24 SKS atau setara dengan 24 kredit dari kedua perguruan tinggi berdasarkan transkrip kredit yang disediakan tanpa kerja tambahan untuk siswa.

Dikatakan, UII akan mengakui 12 kredit NTUST dan tesis master (setara 14 SKS) berdasarkan transkrip kredit yang diberikan oleh NTUST dan memberikan gelar UII tanpa pekerjaan tambahan bagi siswa. Dan UII maupun NTUST dapat menyetujui untuk mengevaluasi tesis dari kedua belah pihak. “Selain itu, baik UII dan NTUST sepakat untuk saling membantu dalam proses memilih pelamar (calon mahasiswa) dalam proses pendaftaran dan kegiatan administrasi lainnya, termasuk aplikasi visa dan fasilitas perumahan. UII dan NTUST setuju bahwa setelah berhasil menyelesaikan program studi, siswa akan menerima Master of Business Administration Taiwan dan Gelar Magister Teknik dari UII,” kata Winda. (lip)

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.