Berita Nasional Terpercaya

Jadikan Yogyakarta ‘Ibu’ Para Seniman, Pemkot Dukung Penyelenggaraan Kegiatan Seni

0

YOGYAKARTA, Bernas.id – Yogyakarta dengan kekhasan budaya yang dimiliki, menjadi salah satu kota di Indonesia dengan perkembangan seni yang lebih menonjol dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Apresiasi pada para seniman dan perupa dalam bentuk pameran menjadi salah satu kegiatan positif yang perlu dilakukan untuk meningkatkan eksistensinya.

Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung secara positif dalam berbagai kegiatan seni di Kota Pelajar ini. Seperti halnya JogJak Arts, yang menjadi wadah bagi para seniman dan perupa yang kebingungan dalam memamerkan karyanya. 

“Kami (Pemkot Yogyakarta) sangat bangga dan akan memberikan dukungan untuk menjadikan Yogyakarta sebagai kota yang kembali berjiwa seni,” ujar Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta, dalam sambutannya membuka JogJak Arts #2 di Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (23/12/2018) malam.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan jalin kerjasama dengan para seniman, guna menjadikan Kota Yogyakarta sebagai 'Ibu' dari para seniman muda dan seniman profesional. Harapannya, Yogyakarta bisa memberikan berbagai fasilitas yang memadai guna meningkatkan potensi tersebut.

“Berbagai fasilitas akan kami beri untuk mencukupi tumbuh kembangnya karya, proses kreatif, dan berbagai hal dilingkup seni,” lanjutnya.

Heroe memaparkan bahwa adanya media online yang mempermudah penjualan karya dari para seniman menjadi tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan penentuan harga karya tidak ditentukan oleh seniman sendiri, melainkan dengan admin media sosial.

“Pameran yang dikuratori oleh para seniman dan perupa dengan kredibilitas yang tinggi tentu memiliki wibawa yang benar-benar terasa dibandingkan dengan yang dikuratori oleh para admin media sosial,” ujarnya.

Sebelumnya, Pameran Seni Rupa JogJak Arts yang bertajuk “Menjalin Persahabatan” berhasil menggandeng 85 seniman dan perupa dari seluruh Indonesia. Pameran ini menjadi pameran kedua, setelah sebelumnya digelar di tahun 2017 dengan jumlah peserta sebanyak kurang lebih 45 peserta.

“Ke depan kami akan gandeng lebih banyak seniman dan perupa lagi untuk merangkul mereka yang kebingungan memamerkan karyanya,” papar S.Priadi, Ketua Panitia JogJak Arts 2018 #2, saat diwawancarai di Taman Budaya Yogyakarta. (*/Ayusandra)

Leave A Reply

Your email address will not be published.