Berita Nasional Terpercaya

Kemeriahan Wayangan Merti Desa Ringinsari

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Merti Desa di Padukuhan Ringinsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk, Sabtu malam (12/01/2019) di lapangan Ringinsari.

Pagelaran wayang kulit ini menampilkan lakon Wahyu Purbaningrat, dengan dalang Ki Dalang Marsdya TNI (purn) Felicianus Henry Bambang Sulistyo, S.Sos yang juga merupakan mantan Kepala Basarnas periode 2015-2017. Dan diiringi 8 pesinden, salah satu diantaranya adalah pesinden asal Jepang Hiromi Kano.

Menurut Ki Dalang Bambang, dirinya dengan senang hati mendapat kehormatan untuk tampil menghibur warga RW 49 Ringinsari. Bahkan, Bambang mengajak warga setempat khususnya generasi muda dan pada umumnya untuk ikut nguri-uri wayangan guna melestarikan budaya yang adiluhung peninggalan para leluhur.

“Kesenian wayang kulit ini sudah merambah ke seantero dunia. Orang mancanegara banyak yang belajar jadi dalang dan pesinden. Masak kita yang memiliki budaya ini kalah dan mau melupakan. Ini kan ironis, maka dari itu saya mengajak para anak muda untuk melestarikan wayang kulit,” ujarnya.

Sementara itu Dukuh Ringinsari, Mujiono, mengatakan acara ini merupakan peringatan Merti Desa alias bersih-bersih dusun yang diadakan setahun sekali. Peringatan merti desa ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi. “Untuk memupuk rasa gotong royong serta nguri-uri kebudayaan lokal. Harapannya warga masyarakat bisa hidup rukun, gotong royong dan terjalin toleransi antar warga yang telah berjalan baik,” katanya. (cdr

Leave A Reply

Your email address will not be published.