Persaingan Usaha Perlu Diatur

Penulis : Penulis
Editor : Editor
28 Januari 2019

Dr Suparmono MSi, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

PERSAINGAN usaha, di satu sisi memberikan dampak positif, tetapi di sisi lain juga dapat menimbulkan dampak negatif. Persaingan usaha yang memberikan dampak positif bagi konsumen berupa keuntungan dalam memperoleh barang yang berkualitas dan konsumen pun dapat memperoleh harga yang kompetitif bila persaingan itu merupakan persaingan yang sehat. Produsen yang menghasilkan barang sejenis maupun bersifat komplementer akan memberikan produk yang terbaik sehingga dapat bersaing di pasar dengan berbagai daya tariknya.

Dari sisi harga, tentunya produsen akan melakukan persaingan dalam bentuk price competition dan price discrimination. Kedua bentuk persaingan harga ini tentu akan memberikan keuntungan kepada konsumen, karena konsumen mendapat harga yang kompetitif dari beberapa produsen. Sayangnya, antar produsen dapat mengatur dan bersepakat untuk menentukan strategi dalam menjual produk kepada konsumen.

Dalam struktur pasar yang mendekati atau bahkan berbentuk oligopoli, produsen dapat mengatur harga yang memungkinkan merugikan konsumen atau lebih tepatnya memaksa konsumen membayar pada harga yang ditentukan oleh beberapa produsen tersebut. Meskipun hal ini tentunya akan dianggap sebuah pelanggaran karena praktik tersebut bertentangan dengan UU No 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Pasal 5 Ayat 1. Pada pasal tersebut menyebutkan, pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga atas suatu barang dan atau jasa yang harus dibayar oleh konsumen atau pelanggan pada pasar bersangkutan yang sama. Dengan adanya larangan ini, pelaku usaha atau sekelompok pelaku usaha dapat bersaing secara wajar dan sehat serta tidak merugikan masyarakat banyak dalam berusaha, sehingga pada gilirannya penguasaan pasar yang terjadi timbul secara kompetitif.

Hukum persaingan usaha merupakan hukum yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan persaingan usaha. Di Indonesia, seperti di beberapa negara berkembang lainnya, struktur pasar terkristalisasi dalam beberapa pelaku saja yang membentuk pelaku usaha kurang dari 10 pelaku pada industri atau usaha sejenis. Sebutlah industri di bidang maskapai penerbangan, obat-obatan, otomotif, bahkan gerai waralaba.

Pelaku usaha besar itu tidak lebih dari 10 pelaku yang menguasai pasar. Anggaplah industri jasa penerbangan tersebut dengan berbagai alasan yang melatarbelakangi, membuat kesepakatan melalui INACA meningkatkan harga tiket penerbangan domestik, meskipun masih dalam spare harga batas atas  sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 14/2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan TBA (tarif batas atas) dan TBB (tarif batas bawah) Penumpang Pelayanan Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Tapi blunder kondisi ini tidaklah selalu merugikan produsen meskipun Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memanggil pelaku industri penerbangan untuk melakukan klarifikasi dugaan praktek indikasi kartel. Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia, Citilink Indonesia dan Sriwijaya Air) dan Lion Air Group (Lion Air, Batik Air dan Wings Air) menjadi penguasa pasar untuk penerbangan dalam negeri mendapatkan manfaat berupa kenaikan harga sahamnya.

Di Bursa Efek Indonesia, kabar pemeriksaan dugaan indikasi praktik kartel ini justru membuat saham Garuda Indonesia Group, yakni PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) justru dilirik investor. Data Bursa Efek Indonesia mencatat pada perdagangan Rabu pagi hingga pukul 11.04 WIB, (23/1/2019), saham GIAA bergerak naik hingga 8,07 persen di level Rp 348/saham dan saham GMFI juga naik 7,38 persen di level Rp 262/saham.

Dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 membedakan istilah “monopoli” dan “praktek monopoli”. Kata monopoli adalah kata yang bermakna netral, yaitu penguasaan atas produksi dan/atau pemasaran barang dan/atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha. Penguasaan demikian tidak harus berarti negatif. Ada jenis monopoli tertentu yang tidak bisa dihindari demi alasan efisiensi (natural monopoly) atau karena dilindungi oleh undang-undang (statutory monopoly).

Hal yang dilarang adalah praktek monopoli, yang oleh undang-undang ini diartikan sebagai monopoli yang menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum. Jadi, monopoli bisa berdampak positif dan bisa negatif. Sayangnya, UU No 5 tahun 1999 tidak cukup konsisten untuk menggunakan pembedaan dua istilah di atas. Berkaca dan membandingkan dengan negara lain, dilihat dari skor kompetisi Indonesia dibandingkan dengan negara Asean lainnya, kondisi kompetisi di Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia. Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat persaingan usaha yang semakin tinggi memerlukan pengaturan dari bebrbagai aspek, mulai dari pelaku usaha sampai dengan lingkungan persaingan itu sendiri.  

Tentunya ini menjadi perhatian yang perlu menjadi pertimbangan bagi pemerintah untuk emngadopsi dan mengantisipasi permasalahan ini dalam regulasi yang baik. Undang-undang No 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat kini tengah memasuki arena penegakan hukum dan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat serta menciptakan efisiensi bagi pelaku usaha, yang tentu saja akan membawa kesejahteraan bagi konsumen.

Adanya sikap skeptis dapat menjadi hambatan bagi terwujudnya tujuan yang ingin dicapai Undang-undang antimonopoli ini mengingat ada relevansi yang kuat antara hukum dengan pembangunan ekonomi. Undang-undang antimonopoli bagi suatu negara merupakan instrumen yang sangat penting untuk menjaga kebebasan ekonomi dan free enterprise. Intervensi negara di dunia usaha dalam persaingan hanya sebagai pihak yang memberikan level playing field antarpelaku usaha serta melindungi konsumen. Negara hanyalah pihak yang menerbitkan perangkat hukum mengenai persaingan, termasuk pemberian sanksi pidana maupun administratif terhadap para pelaku usaha yang melakukan persaingan usaha tidak sehat.

Dari permasalahan yang ada saat ini terkait dengan kondisi persaingan usaha yang baik secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada konsumen, perlu dilakukan amandemen atau perubahan terhadap ketentuan dalam UU No 5 tahun 1999 atau setidak-tidaknya perlu adanya penafsiran dari Mahkamah Agung mengenai eksekusi putusan dalam bentuk penerbitan peraturan mengenai tata cara eksekusi putusan KPPU. Hal ini semata untuk memberikan kepastian hukum dalam hal eksekusi putusan KPPU sehingga dapat memenuhi rasa keadilan bagi para pihak terkait.

Dengan adanya pengaturan ini, pada akhirnya akan memberikan perlindungan terhadap konsumen untuk mendapatkan hak-haknya secara baik. Tetapi tentu perlindungan terhadap hak-hak konsumen juga harus mempertimbangkan pula hak produsen sehingga produsen pun tidak dirugikan dengan pengaturan yang ada. Kondisi ini tentu akan semakin kompleks dengan perkembangan transaksi online yang dilihat dari trennya meningkat. Hal ini ditandai dengan 93 juta penduduk Indonesia yang menggunakan internet dan 93,4 juta pengguna telepon pintar yang tentunya ini sebagian merupakan pengguna transaksi online. Inilah tantangan senyatanya bagi pemerintah dalam menyusun regulasi dalam bidang persaingan usaha dan perlindungan konsumen. (Dr Suparmono MSi, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta)


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Manfaat Pentingnya Belajar Desain Grafis di Era Revolusi Digital Saat Ini

BERNAS.ID - Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk bisa melek teknologi dan berusaha mengimbangi perubahan. Masyarakat yang terbiasa dengan hal- hal tradisional kini juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan ya ...

Pendidikan

Manfaat dan Keuntungan Membangun Personal Branding

BERNAS.ID - Personal Branding? Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar istilah tersebut. Banyak orang belum akrab dengan istilah personal branding. Beberapa orang masih menganggap personal branding itu hanya berkaitan dengan oran ...

Pariwisata

Daerah Wisata di Indonesia Aman Dikunjungi

JAKARTA, BERNAS.ID - Daerah wisata Indonesia telah aman dikunjungi turis asing ataupun lokal. Hal ini dipastikan dengan sudah ditegakannya protokol kesehatan di destinasi wisata.  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan j ...

DIY

PKL di Jalan Sudirman Jogja Segera Direlokasi, Meski Belum Capai Kesepakatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini sedang mempersiapkan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari simpang empat Mall Galeria hingga simpang empat Gramedia. Relokasi PKL dilakukan dalam ...

DIY

Kelurahan di Sleman Diimbau Bisa Sediakan Shelter Covid-19 untuk Warganya

SLEMAN, BERNAS.ID - Kantor Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Sleman menyediakan 7 kamar isolasi mandiri bagi warganya yang positif Covid-19 tanpa gejala. Kamar isolasi ini terdiri dari tempat tidur, peralatan mandi, meja, kursi, da ...

Kesehatan

BTT Ratusan Miliar Harus Mampu Turunkan Angka COVID-19 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana meminta agar refocussing anggaran yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh SKPD di wilayah DIY bisa menekan kasus COVID-19. Turunnya kasus COVID-19 harus dijadikan indikator p ...

Pariwisata

Melalui Rakerda BPD PHRI DIY Bahas Kemajuan Pariwisata

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam menghadapi pandemi covid-19 yang hampir satu tahun dirasakan oleh para pengusaha perhotelan dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) B ...

DIY

Puluhan Wartawan Sleman Ikuti Vaksinasi Massal Tahap II

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan wartawan dari berbagai media di Kabupaten Sleman mengikuti vaksinasi tahap II di RSUD Sleman, Selasa (23/2/2021). Vaksinasi sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk pencegahan Covid-19 kepada awak media yang bias ...

Hukum dan Kriminal

Pelaku Pencurian Kotak Infaq di Pleret Kepergok Polisi

BANTUL, BERNAS.ID - Petugas Polsek Pleret mengamankan AHP (48), pria asal Mandau, Kepulauan Riau karena kedapatan melakukan aksi pencurian kotak infaq di Masjid At Ta'abbud yang berada di Wonokromo, Kapanewon Pleret, Bantul. Kejadian ...

DIY

Skrinning Narkoba, Anggota Polda DIY Tes Urine

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menindaklanjuti Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri. Seluruh anggota Bidpropam Polda DIY menj ...

Kesehatan

Komitmen Pemkot dalam Program Pembangunan KB

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kembali menggelar Pelayanan KB Bergerak. Kegiatan ini sekaligus untuk mendekatkan ...

Pendidikan

Manfaat Microsoft Word Bagi Dunia Pembelajaran

Bernas.id – Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, peranannya dalam membantu masyarakat. Tak terkecuali untuk dunia pendidikan atau pembelajaran, dengan adanya teknologi yang semakin canggih para pendid ...

Kesehatan

Puluhan Ribu Lansia Jogja Masuk Perioritas Vaksin Covid-19 Tahap II

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Jogja kini masih melakukan pendataan lansia atau warga yang berusia di atas 60 tahun guna mendapatkan prioritas vaksin COVID-19 tahap kedua. Ini direncanakan dilakukan 1 Maret mendatang. Ketua Hari ...

Nasional

Pelatihan Public Speaking, Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi Publik

JAKARTA, BERNAS.ID - Sebagai bentuk tindak lanjut 100 hari program Prioritas Kapolri yakni pemantapan Komunikasi Publik, Kadiv Humas Irjen Pol Argo Yuwono secara resmi membuka pelatihan public speaking pada hari Senin (22/2/2021). Dikata ...

Pendidikan

Banyak Orangtua Berharap Pembelajaran Tatap Muka

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi telah memaksa orangtua untuk lebih dekat dengan Teknologi Informasi (TI) karena harus mendampingi, mengajari dan membantu anak dalam proses belajar secara on line. Beban orang tua terutama ibu menjadi bertamb ...

DIY

KPK Monitor Program-Program Kabupaten Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Pemerintah Kabupaten Sleman untuk monitoring program-program melalui Monitoring Control for Prevention (MCP). Direktorat III Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK RI melakuka ...

Pendidikan

Mahakarya Asia Ministerial Lecture 01 Soroti UMKM di Tengah Pandemi

SLEMAN, BERNAS.ID - Universitas Mahakarya Asia menyelenggarakan Ministerial Lecture Episode 01, sebuah konsep kuliah umum, satu menteri, setiap bulannya. Spirit yang diangkat, pembelajaran tidak saja dari para dosen, tetapi dari berbagai su ...

Hukum dan Kriminal

Ratusan Pelanggar Prokes Kota Jogja Dipanggil ke Kantor Satpol PP

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja sudah menindak 139 pelanggar protokol kesehatan. Ini jumlah pelanggaran yang tercatat selama Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap satu sampai PPK ...

Kesehatan

Gak Mau Divaksin? Siap-Siap Kena Sanksi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini tengah menyiapkan aturan sanksi bagi warga yang tidak mau divaksin COVID-19. Aturan itu salah satunya adalah masyarakat harus menunjukan swab antigen setiap tiga hari sekali saat berak ...

DIY

Forpi Kota Yogyakarta Pantau Malioboro, Ini Hasilnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait fasilitas umum (Fasum) berupa Guiding Block atau Tactile Paving, yang digunakan khusus bagi penyandang disabilitas di kawasan wisata Mali ...

DIY

Vredeburg dan Beringharjo Menjadi Lokasi Vaksinasi Massal

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengaku siap menyelenggarakan vaksinasi massal Covid-19 tahap kedua. Vaksinasi massal rencananya akan dimulai pada hari Senin (1/3/2021). Tiga lokasi untuk vaksinasi massal telah d ...

DIY

Daripada Memberi Sanksi, Cukupi Dulu Ketersediaan Vaksin

SLEMAN, BERNAS.ID - Epidemolog berpendapat daripada Pemerintah memberi sanksi kepada masyarakat yang menolak vaksin, lebih baik fokus dahulu untuk memenuhi kebutuhan vaksin. Sanksi tersebut muncul pasca keluarnya Peraturan Presiden (Perpres ...

DIY

Jumlah Penerima Danais Masuk Desa Tahun Depan Bisa Bertambah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Mulai tahun 2021, sebanyak 33 kelurahan di DIY mendapat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari alokasi Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Kelurahan penerima diminta memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, agar terbuka pe ...

DIY

Cadangan Beras Kota Jogja Masih Jauh Dari Target

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menambah cadangan beras untuk ketahanan pangan setiap tahunnya agar mencapai 120 ton. Dan cadangan beras yang tersedia tahun 2021 ini baru sekitar 16,75 ton. “Tahun ...

Pariwisata

Kondisi Pariwisata Halal di Tengah Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam masa pandemi covid-19 ini, pariwisata halal mengalami peningkatan omset, berbeda dengan lainnya yang mengalami penurunan, terutama pada sektor kuliner halal. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Perkumpulan Pariwisat ...

Budaya

PBTY XVI Resmi Dibuka secara Virtual

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ada yang lain dari perhelatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) ke XVI tahun 2021 kali ini, biasanya sepanjang Kampung Ketandan Malioboro penuh sesak dengan antrian manusia yang ingin menyaksikan perpaduan kese ...

DIY

Sepi Pelanggan, Mawar sekarang Jual Makanan Online

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Perekonomian merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak di tengah pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhirnya. Hal itu juga yang sangat dirasakan Mawar (nama samaran), seorang pekerja seks kom ...

Kesehatan

Long Covid, Fenomena yang Dialami Penyintas Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Long Covid menjadi salah satu fenomena yang kerap dijumpai para pasien yang sembuh (penyintas) dari Covid-19. Gejala Long Covid akan dialami pasien setelah beberapa bulan pasca infeksi atau saat masa pemulihan. Dokter ...

Pariwisata

Bermacam Pelatihan Dibutuhkan Para Pelaku Pariwisata di Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi B DPRD DIY, Yuni Satia Rahayu menuturkan pariwisata sebetulnya sangat menjanjikan, khususnya di wilayah pantai dan pinggiran daerah Yogyakarta. Karena menurutnya banyak wisatawan dari luar kota menuju ...

Hukum dan Kriminal

Penganiayaan Terjadi Lagi di Jalanan Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Aksi penganiayaan terhadap pengendara motor telah terjadi di Jalan Kapten P. Tendean, di sebelah utara Toko Sakola Wirobrajan, Yogyakarta. Tragedi yang dialami tiga orang korban berboncengan dengan satu motor i ...

DIY

Sejumlah Warung di Maguwoharjo Masih Tak Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman masih menemukan sejumlah pelaku usaha makanan yang melanggar protokol kesehatan (prokes) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jumat (19/2/2021). Pelanggaran tersebut ...

Pariwisata

Kondisi Industri Pariwisata DIY Ditengah Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kondisi pariwisata merupakan salahsatu industri yang sangat terdampak ditengah pandemi covid-19 yang hampir satu tahun melanda Indonesia. Karena inti dari Pariwisata itu adalah perjalanan manusia, sementara manusia i ...

Pariwisata

Tak Dapat Ditawar, Dunia Pariwisata Wajib Hidup Berdampingan dengan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Destinasi wisata dan usaha-usaha terkait di bidang pariwisata, seperti akomodasi, tour and travel, dan obyek wisata menjadi sektor yang sangat terpukul di masa Pandemi Covid-19. Kunjungan mengalami penurunan yang lua ...

DIY

Begini Perbedaan Sikap Pedagang Malioboro Terkait Larangan Demo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Merespons Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat di Muka Umum Pada Ruang Terbuka, Forum Pekerja Sektor Informal Jogja mengaku tidak sepakat dengan beberapa ...

Pariwisata

Kondisi Hotel dan Restoran di Masa PTKM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi COVID-19 telah membuat sektor jasa hotel dan restoran menjadi remuk redam. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat sebanyak puluhan hotel dan restoran di Yogyak ...

Ekonomi

Harga Rumah yang Tinggi Karena Keterbatasan Lahan juga Jadi Ancaman Bagi Industri Properti

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Semakin berkurangnya lahan yang akan dijadikan perumahan, menjadikan harga rumah di Yogyakarta menjadi tinggi atau mahal, walaupun di Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang banyak dipilih untuk berinvestasi prop ...

DIY

Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Posko PPKM Maguwoharjo

SLEMAN, BERNAS.ID - Posko pelaksanaan PPKM mikro di Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta mendapat kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat pagi (19/2/2021). Lurah Maguwo ...

Olahraga

Kompetisi Sepak Bola Diizinkan, Ini Pesan Kapolri

SLEMAN, BERNAS.ID - Pihak Kepolisian memberikan ijin untuk penyelenggaraan kompetisi sepakbola di tengah Pandemi Covid-19. Keputusan pemberian ijin ini diberikan setelah melakukan kajian yang mendalam. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabo ...

Hukum dan Kriminal

Begini Sikap Sultan Terkait Dua Kantor Pemda DIY yang Digeledah KPK

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengaku tidak mau ambil pusing terkait penggeledahan kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY oleh Komisi Pemberantasan ...

Politik

Pemerintah Minta di Kritik, Masyarakat Takut Ditangkap

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk lebih aktif memberi masukan dan kritik kepada pemerintah guna mewujudkan pelayanan yang lebih baik. "Masyarakat h ...

Pariwisata

Bisnis Perhotelan Mulai Pulih, Termasuk Yogyakarta

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Virus Corona memaksa sebagian besar masyarakat agar tetap tinggal di rumah. Dampaknya, lokasi wisata sepi pengunjung dan berdampak pada okupansi ...

Kesehatan

Penerapan PPKM, Kasus Mingguan Covid-19 di Kota Yogyakarta Menurun

YOGYAKARTA, BERNAS.ID  - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta menilai penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Yogyakarta bisa menurunkan kasus Covid-19. Hal ini terbukti dengan jumlah kasus ...

Olahraga

Yevhen Bokhashvili Undur Diri dari PS Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemain asal Ukraina resmi mengundurkan diri sebagai pemain PS Sleman setelah mengirimkan surat pengunduran diri kepada manajemen klub. Ia tidak berstatus pemain PSS sejak hari Rabu (17/2/2021).  “Yevhen Bok ...

Ekonomi

2021, Usaha Properti Tunjukkan Tanda-tanda Baik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bisnis properti tak dipungkiri melambat saat Pandemi Covid-19 karena masyarakat begitu berpikir panjang untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Kabar baiknya, awal tahun 2021 ini sudah menunjukkan ke arah yang le ...

DIY

5 Kecamatan di Kota Jogja Rawan Banjir Lahar Hujan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja menyebut terdapat lima kemantren atau kecamatan di Jogja rawan banjir lahar hujan atau banjir lahar dingin dari Gunung Merapi. Kelima kecamatan itu adalah Tegalre ...

Ekonomi

Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Pertama di DIY, Namun Banyak Pedagangnya Gaptek

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pasar Prawirotaman Yogyakarta kini menjadi pasar digital pertama di DIY. Di samping miliki fasilitas yang menyerupai pusat perbelanjaan modern, transaksi digital juga tersedia di pasar tradisional ini.  Dibeb ...

DIY

Dua Perjalanan Tambahan KRL Jogja-Solo Diperpanjang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - KAI Commuter tetap menjalankan dua jadwal KRL tambahan pada wilayah Yogyakarta – Solo yang sebelumya dilayani sejak 15 Februari 2021 hingga hari ini. Dua jadwal tambahan perjalanan KRL ini akan beroperasi setid ...

Ekonomi

Ini Ancaman Bisnis di Industri Properti

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan penyebaran virus corona (Covid-19) semakin memberatkan perekonomian. Bahkan, kondisi terburuknya, dia memperkirakan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 2,3% ...

Hukum dan Kriminal

Sepasang Kekasih Tipu Warga Italia, Kolektor Barang Antik

SLEMAN, BERNAS.ID - Sepasang kekasih melakukan penipuan kepada warga Italia yang berprofesi kolektor barang antik bernama Daniel Schiavon (67). Ia pun juga merasa menjadi korban pemerasan sehingga melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. ...

DIY

Masa Jabatan Bupati Sleman Berakhir, Sekda Menjadi PLH Bupati

SLEMAN, BERNAS.ID - Masa jabatan Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun periode 2016-2021 selesai hari ini, Rabu (17/2/2021). Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Pl ...