Berita Nasional Terpercaya

Miss Indonesia dan Shaggydog Jadi Bintang Video Kampanye Dog Meat Free Indonesia

0

YOGYA, BERNAS.ID – Animal Friends Jogja meluncurkan dua buah video kampanye dog meat free Indonesia, Kamis (31/1/2019) di Yogyakarta. Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina dan grup band Shaggydog menjadi bintang di dua video kampanye tersebut.

“Saya mengajak anak-anak muda Indonesia untuk mendukung gerakan ini, karena cara-cara menjual dan memasak anjing itu sangat-sangat kejam,” ujar Alya Nurshabrina.

Sementara Yoyok, personil Shaggydog menjelaskan, sudah lima tahun Shaggydog mengkampanyekan larangan penjualan daging anjing. Pasalnya, para personil Shaggydog menyukai dan mencintai anjing.

“Kita punya pengaruh untuk menyebarkan ini, lewat musik dan sebagainya, kita bisa kampanyekan ini,” ujarnya.

Bobby Fernando selaku aktivis dari Animal Friends Jogja mengungkapkan, di Indonesia perdagangan daging anjing dan kucing sangat kejam.  Di Jogja menurutnya 6400-6500 anjing dikonsumsi tiap harinya. Sementara di Solo ada 12 ribu lebih tiap harinya. 

“Ada banyak kekejaman dalam perdagangan anjing, karena itu pelarangan perdagangan daging anjing sudah dilakukan oleh Kementrian Pertanian. Karena itu stop makan daging anjing,” ujar dia.

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, Jogja sudah dinyatakan sebagai kota bebas rabies. Namun tetap harus dijaga agar Jogja tetap bebas rabies.

“Pengawasan terhadap hewan liar terus dilakukan, seperti anjing, kucing, monyet, dengan melakukan penyuntikan vaksin agar tidak menularkan penyakit,” ujarnya.

Ia menyadari, konsumsi daging anjing tidak diperkenankan. Karena itu, upaya untuk menertibkan beberapa warung yang menjual anjing menurutnya terus dilakukan. 

“Petugas kami terus melakukan monitoring supaya masyarakat tidak terjebak mengonsumsi daging-daging yang tidak semestinya dikonsumsi,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.