Berita Nasional Terpercaya

Ini Cara Pemerintah DIY Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah DIY berencana meningkatkan waktu lama tinggal wisatawan mancanegara  selama bekunjung ke destinasi wisata DIY dan sekitarnya dengan cara menambah berbagai even budaya dan seni bertaraf internasional.

?Rata-rata wisman yang tinggal di DIY hanya dua hari, kita tidak ingin hanya numpang tidur di hotel saja, tapi menghabiskan pengeluaran selama berada di sini,? kata RR Sanida, SE, MSi, Kasi Pengelolaan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata DIY dalam Seminar Kepariwisataan yang bertajuk Smart Destination DIY di Pusat Studi Pariwisata UGM, Kamis 31 Januari 2019.

Untuk meningkatkan waktu tinggal yang lama wisman di DIY ini, Sanida menyarankan agar Pemerintah DIY menelurkan berbagai kebijakan srategis di antaranya pengembangan destinasi lokasi tujuan wisata, pengembangan promosi negara pasar sasaran, dan mengelola manajemen even kebudayaan dan kesenian yang bertaraf internasional.

Ia pun menyebut ada tujuh kawasan destinasi prioritas yang akan dikembangkan, yakni kawasan wisata Kraton- Malioboro, Kawasan daerah Candi Prambanan- Ratu Boko, kawasan wisata Lereng Merapi, kawasan karst gunungsewu, kawasan Parangtritis-Depok dan Kwaru, kawasan alam pegunungan menoreh serta kawasangan Desa wisata Kasongan-Tembi-Wukirsari.

Selain itu, Sanida mengurutkan daftar sepuluh besar wisman negara yang paling banyak berkunjung ke DIY, yakni wisatawan dari Belanda, Jepang, Malaysia, Perancis, Amerika Serikat, Singapura, Australia, Jerman, Cina dan Korea Selatan. Kendati begitu, pihaknya berencana memfokuskan promosi wisata ke lima negara sebagai pasar sasaran yakni Belanda, Jepang,  Perancis, Jerman dan negara di kawasan Asean. ?Lima negara ini akan kita sasar,? katanya.

Seperti diketahui, pemerintah pusat menargetkan pada tahun 2019 ini sebanyak 2 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DIY dan Jateng. Dari dua provinsi tersebut, DIY diharapkan mampu menarik jumlah wisatawan asing sebanyak 30 persen, lalu kawasan wisata Borobudur 30 persen, sementara sisanya wisatwan berkunjung ke Semarang dan Solo.

Sedangkan, untuk jumlah wisatawan lokal yang berkunjung ke DIY juga mengalami kenaikan. Sanida menyebutkan tahun 2017 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke DIY sebanyak 25,9 juta orang. ? Jumlah tersebut melampui target dari 22 juta orang,? katanya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.