Rifka Annisa dan Kuasa Hukum AL Keberatan dengan Diksi Damai


06 Februari 2019

Konferensi pers Rifka Annisa yang diwakili Suharti (no dua dari kanan), Tim Kuasa Hukum AL, Catur Udi Handayani (kanan), Sukiratnasari (no 2 dari kiri), dan Afif Amrullah (kiri) ketika konferensi pers di Aula Rifka Annisa (foto: Jati/Bernas.id)

SLEMAN, BERNAS.ID- Meski Senin (4/1) lalu telah ada kesepakatan damai antara AL dan HS terkait dugaan kasus perkosaan dan pencabulan di UGM, Rifka Annisa yang diwakili Suharti dan Tim Kuasa Hukum AL yang diketuai Catur Udi Handayani menolak penggunaan diksi "damai" di banyak media massa.

Menurut, Suharti, Direktur Rifka Annisa, selaku juru bicara Rifka Annisa dan Tim Kuasa Hukum AL lebih senang menyebut kesepakatan damai itu dengan "Komitmen UGM untuk Memenuhi Tuntutan Penyintas".

"Kami sangat keberatan, menolak, dan terganggu dengan penggunaan diksi “damai” di berbagai media massa, sebab hal tersebut menjadi pemicu anggapan bahwa AL menyerah dengan perjuangannya," katanya di Aula Rifka Annisa, Rabu sore, 6 Februari 2019.

Menurut Suharti, penggunaan kata damai menegasikan tahapan demi tahapan perjuangan AL amengusahakan kebenaran dan keadilan untuk dirinya, dan membuat capaian-capaian perubahan yang dibuat oleh AL dan gerakannya selama hampir satu setengah tahun seolah tampak tak membuahkan hasil. "Keyakinan kami bahwa kejadian yang dialami AL adalah kekerasan seksual, yaitu tindakan seksual yang dilakukan tanpa persetujuan dari korban kekerasan," ucapnya.

Dalam proses pendampingan bagi perempuan penyintas kekerasan, Suharti menyebut pihaknya akan mengedepankan prinsip-prinsip pendampingan seperti, keamanan dan keselamatan bagi perempuan penyintas, empowerment dan self determination/pengambilan keputusan oleh penyintas kekerasan. "Bahwa tujuan utama dalam proses pendampingan adalah terpenuhinya rasa keadilan bagi penyintas kekerasan. Untuk mencapai hal ini maka suara penyintas menjadi sangat penting untuk didengarkan," katanya.

Suharti mengatakan pilihan penyelesaian kasus non-litigasi yang diambil oleh AL dan Tim Hukum pada hari Senin, 4 Februari 2019 merupakan pilihan yang tidak mudah diambil. "Kata “damai” yang menjadi topik pemberitaan di beberapa media memicu anggapan bahwa AL menyerah dengan perjuangannya. Berbagai pemberitaan ini lantas terkesan menegasikan tahapan demi tahapan perjuangan yang telah ditempuh AL untuk mengusahakan kebenaran dan keadilan bagi dirinya. Akibatnya, perubahan yang berusaha dicapai oleh AL dan gerakannya selama hampir satu setengah tahun seolah tampak tak membuahkan hasil," tukasnya.

Karena itu, pihak Rifka Annisa dan kuasa hukum AL merasa penting untuk menjabarkan apa yang terjadi sesungguhnya dan potensi-potensi apa yang dihadapi AL ke depan agar kita semua dapat melihat kasus ini dari perspektif penyintas. Ruang-ruang perjuangan yang harus dihadapi oleh AL akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Sejak awal, AL telah berjuang agar kasus kekerasan seksual ini dapat ditangani oleh Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) Universitas Gadjah Mada. HS telah mengakui perbuatannya di depan teman-teman setim KKN-nya dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melalui telepon. Sampai September 2017, AL belum memperoleh kejelasan mengenai penyelesaian dan rekomendasi apa yang diberikan DPkM kepada HS melalui Fakultas Teknik. Pada Oktober 2017, AL menemui kenyataan bahwa ia mendapatkan nilai KKN C dan perlu waktu 1 tahun untuk berjuang hingga pada tanggal 14 September 2018 nilai KKN AL dipulihkan menjadi A/B.

2. Tim Investigasi Rektorat UGM—yang belakangan diketahui sebenarnya bernama Tim Evaluasi KKN-PPM 2018 berdasarkan SK Rektor Nomor 795/UN1.P.III/SK/HUKOR/2018—dibentuk dari tanggal 20 April 2018 sampai 20 Juli 2018 untuk mencari fakta tentang kasus yang dialami AL. Sampai saat ini, AL belum mendapatkan salinan hasil Tim Investigasi, bahkan AL hanya diminta mendengarkan hasilnya dibacakan saja dan di dalamnya terdapat kesimpulan bahwa telah terjadi pelecehan seksual.

3. Berdasarkan informasi dari situs web wisuda UGM nama HS terdaftar dalam daftar wisudawan bulan November 2018 sementara belum ada kejelasan tindak lanjut Tim Investigasi. Akhirnya wisuda HS dibatalkan sampai kasus ini selesai.

4. Penyelidikan yang dilakukan oleh Polda Maluku pada tanggal 19 November 2018 yang berlangsung selama 12 jam telah menyebabkan AL kembali mengalami depresi;

5. Adanya Laporan Polisi Nomor LP/764/ XII/2018/SPKT tertanggal 9 Desember 2018 adalah langkah tanpa persetujuan dan konsultasi dengan penyintas. Pertimbangan utama kami akhirnya memilih penyelesaian non-litigasi adalah kondisi psikis AL Perkembangan kasus hukum semakin melemahkan posisi AL, mulai dari berita acara pemeriksaan AL, informasi yang kami terima dari pemeriksaan saksi-saksi, permintaan dari Polda DIY untuk melakukan visum et repertum terhadap AL yang kami tolak karena bekas luka fisik sudah hilang mengingat waktu kejadian yang sudah terlalu lama, hasil pemeriksaan psikologi AL dan tidak adanya tanggapan tehadap permohonan visum psychiatricum.

Kasus semakin berkembang karena perbedaan definisi perkosaan yang terdapat di dalam pemberitaan di Balairung yang menggunakan term dalam website Komnas Perempuan dengan definisi perkosaan sesuai Pasal 285 KUHP.

Selain itu, Polda juga menyatakan adanya ketidaksesuaian fakta di lapangan, bahwa lokasi kejadian dekat dengan permukiman dan tidak banyak binatang liar, serta pondokan putri berjarak hanya 50 meter dengan pondokan putra. Padahal, yang dimaksud AL sejak awal dan disampaikan juga oleh laporan Balairung sebagai jarak yang jauh adalah jarak dari pondokan AL ke pondokan salah seorang teman perempuannya, dan di lokasi tersebutlah terkadang ada babi hutan. Pernyataan tersebut mengarah pada indikasi Balairung menyebarkan berita bohong artinya, ada tendensi bahwa Balairung juga akan dikriminalisasi. Kemungkinan SP3 yang kami antisipasi pada akhirnya semakin jelas berdasarkan kutipan pemberitaan media Kapolda DIY pada hari Selasa (5/2/2019) yang menyatakan kepada wartawan bahwa, “Kan hasilnya kemudian di antara mereka (HS dan korban) sendiri ternyata berdamai, itu yang kita harapkan, karena perkosaan tidak ada, dan pelecehan tidak ada.” Bertambah besarnya kemungkinan SP3 dan tendensi kriminalisasi baik untuk AL maupun  pihak lain (Balairung) menjadikan proses ini semakin jauh dari rasa keadilan AL.

Kami mempertimbangkan akibat dari proses ini terhadap AL dan pada Balairung.

6. Pada tanggal 21 Januari 2019, AL diberi tahu hasil kerja Komite Etik di mana dari 7 orang anggota komite etik, 4 orang menyatakan tidak ada pelecehan seksual, yang terjadi adalah perbuatan asusila dan menolak mengkategorikannya sebagai pelanggaran sedang atau berat. Namun, terdapat anggota Komite Etik lainnya mengeluarkan dissenting opinion yang menyatakan bahwa kasus tersebut adalah pelecehan seksual dan pelanggaran berat.

Kesimpulan “tindak asusila” sangat melukai rasa keadilan AL, karena di awal pertemuan AL dengan Komite Etik, AL dijanjikan penyelesaian yang berperspektif dan berkeadilan gender. Kondisi ini hanya mempertegas adanya budaya victim blaming. Perkembangan kasus yang semakin hari menjadi semakin tidak jelas justru berpotensi memperbesar tekanan psikis bagi AL.

Kami menyadari bahwa semua pilihan penyelesaian memiliki resikonya maisng-masing. Karenanya, kami berdiskusi untuk mempertimbangkan penyelesaian mana yang resikonya paling minimal bagi AL, memenuhi rasa keadilan dan mengutamakan perlindungan hak-hak AL.

Beberapa poin capaian perjuangan dari sisi AL dalam kasus ini adalah:

1. Penyelesaian nonlitigasi ini menjadi solusi yang lebih mampu menjamin pemulihan hak-hak penyintas dan mencegah terjadinya tendensi kriminalisasi terhadap AL maupun jurnalis Balairung Press;

2. Draft kesepakatan penyelesaian mengacu pada Laporan Polisi Nomor LP/764/ XII/2018/SPKT tertanggal 9 Desember 2018 dimana di dalamnya terdapat posisi HS, AL dan dugaan tindak pidana yang dilaporkan yaitu pemerkosaan dan pencabulan;

3. Permintaan maaf telah dinyatakan HS kepada AL dengan disaksikan oleh Rektorat UGM. HS juga diharuskan mengikuti mandatory counselling agar terjadi perubahan perilaku, sementara kelulusan HS akan ditunda hingga psikolog klinis menyatakan HS tuntas melakukan konseling;

4. Hak- hak AL sebagai penyintas dengan jelas dijamin pelaksanaannya dalam kesepakatan;

5. Adanya klausul perbaikan sistem mekanisme penanganan kasus kekerasan seksual yang lebih jelas definisi, tahapan penanganan dan sanksi terhadap pelaku serta penanganan dan pemulihan hak-hak penyintas terjadi di UGM agar kasus-kasus seperti ini tidak terulang lagi dalam kesepakatan penyelesaian

6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga telah melakukan penyusunan mekanisme pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di tingkat Fakultas, sembari mengupayakan penyelesaian terhadap kasus-kasus yang terjadi sebelumnya;

7. Membangkitkan kepedulian, dukungan, dan gerakan dari masyarakat untuk mendorong penyelesaian kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan yang kerap tidak tuntas dan mengabaikan pemenuhan hak-hak penyintas.

8. Pihak UGM wajib memberikan dukungan dana yang dibutuhkan untuk penyelesaian studi setara dengan komponen dalam beasiswa BIDIK MISI (UKT dan Biaya Hidup) kepada AL

Suharti berharap penjelasan dari perspektif AL ini dapat memberikan pemahaman dan membuka mata masyarakat betapa besar resiko yang harus dihadapi seorang penyintas kekerasan seksual dalam memperjuangkan penyelesaian kasus yang dialaminya. AL telah berusaha memperjuangkan keadilan dengan berani dan tangguh selama satu setengah tahun lebih.

Keputusan penyelesaian non-litigasi diambil karena situasi saat ini semakin tidak menguntungkan bagi AL dan memperkecil kemungkinan AL untuk memperoleh keadilan. Perjuangan untuk mengajukan poin-poin kesepakatan yang berperspektif penyintas, mendudukan posisi penyintas secara benar dan pemakaian diksi-diksi dalam kesepakatan penyelesaian tersebut juga bukan hal yang mudah.

Untuk itu, Suharti selaku juru bicara Rifka Annisa dan Tim Kuasa Hukum AL memohon kepada semua pihak, terutama media massa, untuk tidak menyederhanakan seluruh proses dan capaian perjuangan AL dengan menggunakan diksi “berakhir damai” karena hal itu memperburuk kondisi psikis AL. "Perjuangan AL belum selesai. Kami masih membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk memastikan, mengawal dan memantau proses penyelesaian agar setiap poin kesepakatan dapat terlaksana dengan baik," tuturnya.

Menurut Suharti, AL saat ini membutuhkan dukungan semua pihak untuk dapat memulihkan kondisi psikisnya, lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas hidupnya, serta menuntaskan kuliahnya. "Mari kita lanjutkan perjuangan AL dan terus mendukung AL yang telah banyak berkontribusi bagi perbaikan sistem penanganan kekerasan seksual di dunia pendidikan," tandasnya. (jat)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Hukum dan Kriminal

Di Sukamiskin, Setnov Diawasi CCTV 24 Jam

JOGJA, BERNAS.ID- Dikabarkan terpidana korupsi Setya Novanto (Setnov) kembali menempati selnya di Rutan Khusus Koruptor Sukamiskin setelah mendapat sanksi dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, sejak Jumat malam 14 Juni 2019 lantaran ke ...

Hukum dan Kriminal

Pakai Mesin Sedot, 10 Penambang Pasir Ilegal Ditahan Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID-Polda DIY menangkap 9 warga Kulonprogo dan 1 warga Bantul karena melakukan praktek penambangan pasir dengan mesin sedot di Sungai Progo, wilayah Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta. Kesepuluh orang tersebut diamankan aparat ...

Hukum dan Kriminal

Remas Payudara, Pedagang Cilok Ditahan Polisi

JOGJA, BERNAS ID- Gara-gara dikejar dan diteriaki korbannya, pemuda yang bekerja sebagai pedagang cilok keliling berinisial US (29) warga Jember, Jawa Timur harus mendekam di Polsek Kraton Yogyakarta. US digelandang ke kantor polisi lant ...

DIY

Kekayaan Intelektual Perlu Didaftarkan Agar Tak Diakui Pihak Lain

JOGJA, BERNAS.ID- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Pemerintah Daerah lstimewa Yogyakarta dalam mensinergikan potensi dan tugas pokok untuk melaksanakan Sistem Kekayaan I ...

DIY

Gempa Bermagnitudo 8,8 Berpotensi Terjadi di Selatan Jawa

YOGYA, BERNAS.ID - Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko menyebut, gempa megathrust dengan magnitudo 8,8 berpotensi terjadi di selatan Pulau Jawa dan bisa menyebabkan timbulnya gelombang tsunami dengan ...

Ekonomi

Menteri Bambang Berbagi Strategi Indonesia Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

NEW YORK, BERNAS.ID -  Pemerintah Indonesia telah berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi satu digit, dari 15,4 persen populasi yang hidup di bawah garis kemiskinan pada 2008, menjadi 9,66 persen pada September 2018. Indeks Jurang ...

Hukum dan Kriminal

Gelapkan 20 Mobil, Pria Pandowoharjo Sleman Ini Ditangkap

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polres Sleman berhasil menangkap pelaku tindak pidana penggelapan 20 unit mobil rental berinisial YW (32) warga Pandowoharjo Sleman. YW menggelapkan puluhan mobil rental dalam kurun waktu 4 bulan terakhir. ...

Olahraga

Lari Halang Rintang AUOR 2019 Lanud Adisutjipto Siap Digelar

SLEMAN, BERNAS.ID - Lanud Adisutjipto kembali menggelar lari halang rintang, Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR) 2019 pada tanggal 1 September 2019 nanti. Event olahraga halang rintang ini diselenggarakan untuk yang kedua kalinya setelah ...

Ekonomi

Belum Banyak Koperasi di Jogja yang Manfaatkan Teknologi Informasi

YOGYA, BERNAS.ID - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta memaparkan bahwa belum banyak koperasi di kota tersebut yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung manajemen pengelolaan sehari-hari. “M ...

Olahraga

Peserta Sleman Temple Run Antusias Ikuti Lari Lintas Candi

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman sukses menyelenggarakan salah satu event lari terbesar Sleman Temple Run (STR) 2019. Event lari yang diikuti 808 peserta ini dipusatkan di Kawasan Wisata Candi Banyunibo pada har ...

Politik

Prabowo dan Jokowi Bertemu, Dua Tokoh Nasional Angkat Bicara

SLEMAN, BERNAS.ID- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais belum bisa memberikan komentarnya terkait pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi di Stasiun MRT tadi siang, Sabtu siang 13 Juli 2019. Terkait p ...

Politik

Bertemu Prabowo, Presiden Jokowi: Tidak Ada Lagi "Cebong" dan "Kampret"

JAKARTA, BERNAS.ID - Kontestasi pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 telah berakhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah resmi menetapkan pasangan Joko Widodo-K.H. Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pe ...

DIY

Pemprov DIY Dukung Raperda Inisiatif Pengelolaan Sumber Daya Air

YOGYA, BERNAS.ID - Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X  membacakan pendapat dari Gubernur DIY atas Raperda Pengelolaan Sumber Daya Air di Gedung DPRD DIY, Jumat (12/7/2019). Ia menegaskan dukungan akan inisiatif DPRD dalam menyu ...

Lifestyle

Pejabat Pemkot Jogja Ber-fashion Show di Pameran Gaya Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berkomitmen dalam memajukan dan mengembangkan berbagai potensi industri kreatif khususnya dari pelaku usaha kecil mikro di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan Pemkot Yogyakarta den ...

Daerah

354 Jemaah Calon Haji Asal Kota Yogyakarta Diberangkatkan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 354 calon jemaah haji Kota Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 21 SOC diberangkatkan dari Balaikota Yogyakarta menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jum’at (13/7/2019). Kepala ...

DIY

Pemkot Jogja Siapkan Aturan Pengurangan Penggunaan Plastik

YOGYA, BERNAS.ID- Pemerintah Kota Yogyakarta sedang menggodok aturan terkait gerakan pengurangan penggunaan plastik. Ini akan dimulai di seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah termasuk kelurahan dan kecamatan. ...

Hukum dan Kriminal

Residivis Bambung Tak Kapok untuk Mencuri

SLEMAN, BERNAS.ID- Sedang menjalani cuti bersyarat dari Rutan Wirogunan, Bambang Suradi (41) alias Bambung tidak kapok lagi untuk melakukan tindak pidana pencurian. Sebelumnya, residivis ini pada tahun 2014 dan 2016, juga pernah dipenjara d ...

Hukum dan Kriminal

Produsen dan Penjual Mihol Merek Palsu Tanpa Izin Edar Diringkus

SLEMAN, BERNAS.ID- Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY meringkus pria berinisial RD (31) warga Caturtunggal, Depok, Rabu (3/7) karena menjadi produsen sekaligus penjual minuman beralkohol (mihol) tanpa izin ...

DIY

BBLM Yogyakarta Tutup Pelatihan 68 Catran untuk Dikirim ke Kalimantan

SLEMAN, BERNAS.ID- Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan penutupan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi untuk 68 calon transmigran (catran), sekaligus pengarahan dan perkenalan kepala ...

Pariwisata

Yogyakarta Akan Menjadi Tuan Rumah ICBM

BANTUL, BERNAS.ID - Untuk kesepuluh kalinya, Indonesia Corporate Business Meeting (ICBM) yang merupakan kerja bareng Kementerian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Proevent, akan digelar di Yogyakart ...

Politik

Presiden Jokowi Minta Polri Tingkatkan Profesionalitas

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara dalam Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara yang digelar di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (10/6/2019). Ribuan personel gabungan dari TNI dan Polri, se ...

DIY

Hari Bhayangkara ke-73, Sultan Harap Polri Tingkatkan Prestasi

SLEMAN, BERNAS.ID -Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono  (HB) X menjadi inspektur upacara dalam upacara hari Bhayangkara ke-73. Upacara diikuti jajaran TNI Polri dan instansi lainnya di halaman Mapolda DIY, Condongcatur, Depok, Slema ...

Ekonomi

Ada 6.645 Lowongan Kerja di Job Fair Pemkot Jogja 2019

YOGYA, BERNAS.ID - Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Kota Jogja membuka kesempatan kerja pencari kerja dengan menggelar Job Fair. Acara digelar Rabu (10/7) sampai Jumat (12/7/2019) di LPP Jogja, Jalan Urip Sumoharjo. "Semoga bisa m ...

DIY

BBM Solar Bersubsidi Diselundupkan dengan Dokumen Palsu

SLEMAN, BERNAS.ID- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY mengungkap tindak pidana penyalahgunaan peredaran bahan bakar minyak (BBM) solar subsidi dengan dokumen palsu untuk dijual ke perusahaan. Pengungkapan tersebut ...

Hukum dan Kriminal

Mahasiswi 22 Tahun Jalani Praktek Prostitusi Online

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Sleman membongkar praktek prostitusi online yang melibatkan seorang mahasiswi berinisial AA yang masih berumur 22 tahun, warga Jambi. Humas Polres Sleman, Iptu Edy Widaryant ...

Hukum dan Kriminal

Operasi Pekat, 90 Tersangka Ditangkap

SLEMAN, BERNAS.ID- Selama melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Progo 2019 dari tanggal 24 Juni sampai 3 Juli 2019 lalu, Polda DIY bersama Polres jajarannya berhasil mengungkap 46 kasus dengan 90 tersangka. Dari jumlah itu, di ...

Politik

Fadli Zon Tolak Rekonsiliasi

YOGYA, BERNAS.ID – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai tidak perlu dilakukan rekonsiliasi usai pemilu 2019. Dirinya berharap kasus-kasus beraroma politik yang menimpa beberapa tokoh dihentikan. “Menurut saya re ...

Kesehatan

Ratusan Anak di Sleman Bersatu Lawan DBD

SLEMAN, BERNAS.ID- Ratusan anak SD se-Kecamatan Sleman mengikuti Jambore Tanggap Bocah (TABO) yang diadakan Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesehatan di Lapangan Pemda Sleman, Senin 8 Juli 2019. TABO (Tanggap Bocah) merupakan juru pemanta ...

Budaya

Konser di Prambanan, Yanni Sebut Orang Indonesia yang Termanis

KLATEN, BERNAS.ID - Komposer, musisi, sekaligus produser musik asal Yunani, Yanni, melangsungkan tur konser “25th Anniversary Acropolis” pada even musik Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Sabtu ...

Budaya

Alex Mercado Pamer Kelincahan Jari di Prambanan Jazz 2019

KLATEN, BERNAS.ID - Pianis asal Meksiko Alex Mercado berhasil tampil memukau dalam perhelatan hari pertama Prambanan Jazz 2019, Jumat (5/7/2019) petang. Meski tampil seorang diri, ia berhasil membuat semarak suasana memasuki malam di Candi ...

DIY

Warga Desa Jurangjero Sambut Gembira Bantuan Air Bersih

JOGJA, BERNAS.ID- Bencana kekeringan yang melanda Gunungkidul tengah memasuki bulan ketiga. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, memasuki bulan Juni 2019 tercatat sebanyak 14 kecamatan sedang mengalami keker ...

Pendidikan

Simpangsiur Pengumuman PPDB, Disdik Sleman Verifikasi Ulang Data

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman mengakui adanya kendala pada sistem perangkingan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP sehingga ada nama calon siswa yang seharusnya diterima, tapi tidak m ...

Budaya

Alex Mecardo Siap Tampil dengan Aransemen Bernuansa Meksiko di Prambanan Jazz 2019

YOGYA, BERNAS.ID -- Konser Prambanan Jazz 2019 dijadikan media diplomasi budaya antara Indonesia dan Meksiko. Alex Mecardo, musisi dunia asal Meksiko, akan tampil dalam Special Show di event tersebut, membawa penonton terpesona dengan arans ...

DIY

Antisipasi Kekeringan, Sleman Lakukan 3 Hal

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah Kabupaten Sleman menyatakan sudah menyiapkan antisipasi siklus kekeringan yang kerap terjadi di daerah Prambanan bagian atas. Saat ini sedang diupayakan inventarisasi sumber-sumber mata air dan penanaman bibit- ...

DIY

Kapolda DIY Menilai Aiptu Ifanudin Layak Menjadi Perwira

SLEMAN, BERNAS.ID-Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun bersama dengan Kapolda DIY, Irjen Pol Drs Ahmad Dofiri melakukan silaturahmi di Balai Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping, Sleman. Tujuannya, meninjau langsung potensi masyarakat dan ko ...

Hukum dan Kriminal

Komplotan Spesialis Minimarket Diringkus

SLEMAN, BERNAS.ID- Tiga pencuri spesialis minimarket lintas provinsi berinisial NK (38) warga Banten, AS (43) warga Tangerang, dan HS (31) warga Bekasi ditangkap petugas Satreskrim Polres Sleman. Komplotan ini mengaku telah beraksi di 18 TK ...

DIY

Dirut KAI Lepas Puluhan Peserta Fun Bike di Sarkem

YOGYA, BERNAS.ID  - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro melepas puluhan peserta acara fun bike di area Loko Coffee Jalan Pasar Kembang (Sarkem) Kota Yogyakarta , Selasa (2/7/2019). Fun bike ini merupakan rangka ...

DIY

Seminar Pendidikan Kedinasan Tingkatkan Sumber Daya Manusia

SLEMAN, BERNAS.ID - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan seminar ...

Pariwisata

JITM 2019, Industri Pariwisata DIY Tawarkan Paket Wisata Budaya

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam ajang Jogja Internasional Travel Mart (JITM) 2019, sebanyak 70 stan seller akan mempromosikan paket wisata beserta produk dan jasanya kepada 123 buyer dari 27 negara dalam agenda table top atau tatap muka bisnis to ...

DIY

344 Personil Polda DIY Naik Pangkat

SLEMAN, BERNAS.ID- Bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-73, sebanyak 344 personel Polri  yang bertugas di kepolisian daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Terdiri& ...

DIY

Dandim 0729/Bantul Geruduk Mapolres Bantul

BANTUL, BERNAS.ID - Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Kav Didi Carsidi bersama beberapa Perwira Seksi Kodim 0729/Bantul menggeruduk Mapolres Bantul, Senin (1/7/2019). Kunjungan Dandim dan staf kali ini bukan dalam urusan pekerj ...

Hukum dan Kriminal

Langgar Wasiat Ayah, Apes Ditangkap Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID- Tak mematuhi wasiat Almarhum Ayahnya agar tak melakukan aksi pencopetan di Daerah Istimewa Yogyakarta, nasib apes dialami perempuan berinisial DP (26), warga Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Menurut pengakuan DP, i ...

Lingkungan

Dukung Konektivitas Antar Pulau, Pushidrosal Perbaharui Peta Laut Larantuka

LARANTUKA, BERNAS.ID - Larantuka merupakan kota pelabuhan yang  berada tepat di bawah kaki gunung Mandiri dan merupakan salah satu lokasi dengan aktifitas pelabuhan paling ramai di NTT. Larantuka merupakan kota di pesisir yang diapit o ...

DIY

HUT Bank Jogja Ke 58 : Walikota Minta Tingkatkan Pelayanan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - PD BPR Bank Jogja menggelar Jalan Sehat dan Pengundian Hadiah Utama Tabungan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Jogja ke 58, Minggu (30/6/2019) bertempat di Stadion Kridosono Yogyakarta. Walikota ...

Kesehatan

Kelurahan Cokrodiningratan Bentuk Posbindu Cegah Kasus Penyakit Tidak Menular

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bahaya kasus penyakit tidak menular akibat gaya hidup yang tidak sehat menjadi keprihatinan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta yang kemudian mendorong setiap wilayah membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk ...

Ekonomi

Perkuat Bisnis Tiket Transportasi, Traveloka Bermitra dengan PO Sinar Jaya

JAKARTA, BERNAS.ID - Traveloka sebagai perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle terdepan untuk destinasi lokal dan internasional dalam satu platform, terus mengoptimalkan pelayanan jasa transportasi darat. Hal ini diwujudkan ...

Pendidikan

Bupati OKU Hadiri Pelepasan Santri Ponpes Miftahul Jannah

OKU, BERNAS.ID - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H. Kuryana Azis menghadiri acara pelepasan santri Angkatan XIV Pondok Pesantren ( Ponpes ) Miftahul Jannah yang berada di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, Sumsel, Sabtu (29/6/2019). Aca ...

Lingkungan

Kementerian PUPR Siap Bantu Pemda Relokasi Warganya dari Kawasan Kumuh

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan siap membantu pemerintah daerah (Pemda) yang ingin merelokasi warganya dari kawasan kumuh. Dalam hal ini, pemerinta ...

Kesehatan

Satgas Yonif 725/Woroagi Lakukan Jambanisasi di Perbatasan RI-PNG

PAPUA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia - Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG ) Batalyon Infanteri (Yonif) 725/Woroagi Pos Bompay yang dipimpin oleh Letda Inf Rusdi membangun jamban dan sumur untuk masyarakat ...

Pendidikan

Menteri Susi Apresiasi KKN di Pesisir atau Kepulauan

SLEMAN, BERNAS.ID- Genap berusia 70 tahun, sebagai realisasi wujud perjalanan panjang pengabdian tersebut, UGM sebanyak 5.360 mahasiswa yang berasal dari 19 Fakultas dan Sekolah Vokasi untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 32 provinsi, 107 ...