Berita Nasional Terpercaya

Siasati “Low Season”, Pameran Jogjavaganza Siap Digelar

0

YOGYA, BERNAS.ID – Yogyakarta mulai mengantisipasi minimnya kunjungan wisatawan saat low season. Pameran pariwisata bertajuk Jogjavaganza pun disiapkan, yang akan digelar pada 12 hingga 19 Februari 2019.

“Untuk Low Season, kami memiliki beberapa upaya untuk menarik. Lewat Jogjavaganza, kami mempertemukan 100 pelaku usaha dari Yogyakarta dan 130 travel agent luar Yogya, untuk meningkatkan pemasaran wisata di Yogyakarta,” kata Sekertaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yeti Martanti, Kamis (7/2/2019).

Ia menjelaskan, sebagai daerah tujuan wisata, Yogyakarta dituntut berkreasi untuk menarik wisatawan. Untuk itu program ini akan dikemas semenarik mungkin sehingga dapat memberikan stimulus bagi sekitar 130 travel agent yang diundang.

“Dalam program ini, setiap hari ada kegiatan menarik. Misalnya, tanggal 13, kami akan ajak teman-teman buyer naik sepeda keliling Kota Yogya, dan masih ada beberapa rangkaian acara menarik lainnya,” sambungnya.

Dalam acara tersebut, rencananya Dispar Kota Yogyakarta akan mengundang pelaku pariwisata, agen, hotel, dan lain-lain. Untuk hotel, Dispar Kota Yogyakarta lebih fokus pada hotel non bintang dan hotel bintang tiga ke bawah. Sebab hotel-hotel ini merupakan fasilitas yang penting dalam pariwisata Kota Yogyakarta. Untuk itu hotel non bintang juga perlu dikembangkan.

“Untuk fokus kami non bintang dan hotel bintang tiga ke bawah. Kalau hotel empat dan lima kan mereka lebih leluasa dalam melakukan pemasaran. Tentu kami sebagai pemerintah juga memfasilitasi hotel lainnya, supaya mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan buyer,” tandasnya.

Ketua panitia Jogjavaganza 2019 Edwin Ismedi menjelaskan, ini adalah tahun kedua pihaknya menggelar Jogjavaganza. Mahasiswa dari luar Jogja menjadi sasaran utama untuk menambah kunjungan wisata, dengan adanya Jogjavaganza.

“Seller yang kita prioritaskan adalah mereka yang memiliki market domestik, dan berdampak pada pariwisata Jogja,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.