Berita Nasional Terpercaya

Mangayubagya 30 Tahun Jumenengan Sultan HB X, Pertama Kali Naskah Kraton Akan Dipamerkan

0

YOGYA, BERNAS.ID – Tahun ini, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menggelar Mangayubagya 30 tahun Sri Sultan Hamengku Buwana X bertakhta, berdasar tahun Masehi tanggal 7 Maret 2019. Untuk menyemarakkan peringatan tersebut, mulai 5 Maret hingga 7 April 3019, akan digelar sejumlah acara menarik.

Ketua panitia rangkaian acara GKR Bendoro menjelaskan, akan diadakan simposium internasional dengan tema besar “Budaya Jawa dan Naskah Kraton Yogyakarta” tanggal 5 dan 6 Maret di Royal Ambarukmo Hotel. Simposium ini diharapkan mampu menjadi sarana edukasi dan penyebaran nilai budaya Jawa yang terkandung di dalam naskah-naskah lama.

“Ini adalah rangkaian acara sebagai peringatan berdasar tahun Masehi,” ujar puteri Sultan ini.

Puteri Sultan yang lain, GKR Hayu menambahkan, sejak peristiwa Geger Sepehi tahun 1812, naskah yang tertinggal di Kraton Jogja bisa dihitung dengan jari. Berbagai naskah yang telah 207 tahun berada di Inggris, tahun ini akan diserahkan kepada Kraton dalam bentuk digital. Simposium ini akan membahas naskah-naskah tersebut.

“Pembicara yang akan menjadi pengisi materi simposium antara lain Peter Carey (sejarahwan), Annabel Gallop, perwakilan British Library, Roger Vetter seorang peneliti gamelan Jawa, akademisi dari berbagai universitas, dan penyaji terpilih,” ujarnya.

KRT Thomas Haryonagoro menjelaskan, selain simposium, tak kalah penting, akan digelar juga pameran naskah Kraton Yogyakarta, dari 7 Maret hingga 7 April 2019. Naskah-naskah fisik yang akan dipamerkan merupakan koleksi Kraton warisan Sri Sultan Hamengku Buwono V, berupa babad, serat, dan catatan dari perpustakaan Kraton.

“Yang menjadi highlight adalah suatu Babad Ngayogyakarta dari Hamengku Buwana I hingga Hamengku Buwana III, yang menceritakan sejarah berdirinya Ngayogyakarta,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.