Berita Nasional Terpercaya

Lubang Bendungan yang Viral Dikebut Perbaikannya

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman terus melakukan perbaikan lubang di Bendungan Sambirembe, Sambirejo, Selomartani, Kalasan terus dilakukan. Sejak Sabtu (09/02), DPUPKP telah menurunkan bpersonel dan juga alat berat.

Wahyudi, dari Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pelayanan Sumber Daya Air (PSDA) Wilayah Tengah, Bidang SDA DPUPKP Sleman mengatakan menjelaskan alasan mempercepat perbaikan lubang bendungan karena dikhawatirkan bisa mengganggu aliran irigasi persawahan warga.

“Beberapa petani khawatir tidak mendapat air. Secepatnya, kami akan selesaikan jika kondisi cuaca bagus. Minggu ini kalau bisa agar air bisa mengalir lagi untuk irigasi,” katanya, Selasa 12 Februari 2019.

Dari segi bangunan, Wahyudi mengatakan bendungan tersebut sudah cukup tua sehingga aliran air yang deras akibat hujan, ditambah beban sedimen yang cukup banyak, mengakibatkan munculnya lubang tersebut.

“Di Sleman ada sekitar 800an bendungan yang sudah berumur tua, bahkan dari tahun 1960an, yang masih berfungsi kami biarkan karena masih bagus kondisinya. Kami selalu melakukan pengecekan tiap tahun untuk update kondisi bendungan,” ucapnya.

Sebelumnya, Dukuh Sambirejo, Giyanto, mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Jumat (08/02) sekitar pukul 11.00 WIB. Hal tersebut membuat heboh warga sekitar hingga akhirnya viral di media sosial.

“Memang yang khawatir beberapa petani karena takut tidak mendapat air, namun ini kan sudah dalam proses pengerjaaan,” katanya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.