Berita Nasional Terpercaya

Rangkaian Peringatan 70 Tahun Pertempuran Plataran

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Komunitas Historia 24249 bersama Ikatan Keluarga Akademi Militer Yogya (IKAM), Akademi Militer (AKMIL) Magelang, serta Pemda DIY menggelar pembukaan rangkaian acara peringatan 70 tahun Pertempuran Plataran, Minggu (17/2/2019). Acara peringatan pertempuran heroik melawan Belanda pada 24 Februari 1949 ini akan digelar selama sepekan ke depan, dengan berbagai kegiatan budaya.

Nuriel Huda dari Komunitas Historia 24249 menjelaskan, peringatan 70 tahun Pertempuran Plataran digelar di kawasan Monumen Perjuangan Taruna, Desa Plataran, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Beragam acara ditampilkan, antara lain pawai budaya dan pesta rakyat.

“Hari ini digelar pentas Jathilan Kenya Mayangkara,” ujarnya.

Dalam rangkaian acara beberapa hari ke depan, akan dilakukan napak tilas di lokasi pertempuran Desa Sambiroto dan kunjungan bekas Markas Gerilya Pasukan MA-Yogya saat Perang Kemerdekaan II, tahun 1948-1949 di Desa Gatak, Kringinan, Ngrangsan, Kalibulus dan Kledokan dilakukan.

Selain itu juga dilakukan napak tilas Jembatan Bogem dan Jembatan Bendan. Kedua jembatan di sepanjang jalan raya Yogya-Solo ini pernah diledakkan oleh gerilyawan Akademi Militer Yogya pada Januari-April 1949 lalu, untuk menahan gerak maju pasukan Belanda saat Perang Kemerdekaan II.

Perlu diketahui, Akademi Militer Yogya (MA-Yogya) berdiri pada kurun tahun 1945-1950 di ibukota perjuangan Yogyakarta dan menghasilkan tiga angkatan lulusan. Pada 11 November 1957, MA Yogya dibuka kembali oleh Presiden Soekarno sebagai Akademi Militer Nasional di Magelang yang saat ini dikenal sebagai Akademi Militer (Akmil). (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.