Berita Nasional Terpercaya

Jogja Heboh 2019 Dianggap Berhasil Tingkatkan Perekonomian dan Pariwisata

0

YOGYA, BERNAS.ID – Ajang Jogja Heboh 2019 dinilai mampu menjadi pematik dan pemicu untuk menggairahkan dan roda perekonomian di daerah selama low season.

Setda DIY Gatot Saptadi mengatakan Pemda DIY mengapresiasi pelaksanaan Jogja Heboh yang berlangsung selama satu bulan penuh pada Februari 2019. Menurutnya, Jogja Heboh 2019 telah mampu mengeksplore potensi yang ada di DIY sehingga memunculkan adanya transaksi.

“Even Jogja Heboh bersamaan dengan even-even yang digelar Pemda. Hal ini membuktikan ada sinergi antara Pemda dengan dunia usaha, khususnya asosiasi seperti dengan Kadin, Asita, PHRI dan tidak terkecuali melibatkan UMKM. Jogja Heboh 2019 sudah bagus sebagai semacam latihan untuk menunjukkan kita bisa dan memiliki kemauan menawarkan potensi yang dimiliki,” kata Gatot dalam acara penutupan Jogja Heboh di Bangsal Kepatihan, Jumat (1/3/2019).

Gatot menyampaikan pihaknya juga telah membantu mempromosikan Jogja Heboh dan menghimbau keterlibatan Pemkab maupun Pemkot di DIY. Pemkab ataupun Pemkot bisa menggelar atraksi atau aktivitas dalam waktu yang bersamaan di masing-masing wilayah.

“Jogja Heboh 2019 ini sebagai pemicu saja, kota dan kabupaten harus ikut tampil dalam jangka waktu yang sama ke depannya. Apapun kegiatannya bisa diikutsertakan dalam Jogja Heboh pada masa-masa mendatang,” sambungnya.

Pihaknya mengaku siap memberikan dukungan dan bersinergi untuk menyuksesan Jogja Heboh selanjutnya. Jogja Heboh menurutnya bisa menjadi informasi awal dan bermanfaat sehingga sinergi Pemda khususnya melalui aktivitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sektor lainnya untuk digabungkan dan dirangkai menjadi sebuah kemasan even yang berbobot.

“Secara umum even Jogja Heboh 2019 dikatakan bisa berjalan dengan sukses. Jogja Heboh berhasil menggelar setidaknya 20 even selama satu bulan penuh yang difokuskan pada atraksi dan transaksi,” kata Ketua Panitia Jogja Heboh 2019, HR Gonang Djuliastono.

Gonang menjelaskan dari hasil evaluasi masyarakat maupun wisatawan sudah banyak mengetahui even Jogja Heboh selama Februari 2019 sejak peluncuran maskot, branding hingga pelaksanaan berbagai kegiatan.

Pihaknya mengaku target jumlah penonton dan peserta yang berpartisipasi dalam Jogja Heboh sudah masuk mulai awal kegiatan seperti pejazztrian, fashion show 1000 sarong, Sarkemfest, pameran Seni Kriya, Pameran Perindustrian, Festival Makanan Halal, perlombaan olahraga seperti Colorun, Funbike dan lainnya.

“Tingginya animo penonton maupun peserta dalam Jogja Heboh ini, berarti masyarakat sudah mulai mengenal adanya Jogja Heboh. Dalam waktu sangat singkat ini, dari segi kegiatan boleh dikatakan Jogja Heboh 2019 cukup sukses,” tambahnya.

Sementara dari sisi transaksi melalui aplikasi Jogja Acces menurutnya juga cukup berhasil. Setidaknya 1.100 anggota dari berbagai macam usaha baik UMKM, asosiasi pengusaha dan sebagainya sudah mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut selama Jogja Heboh berlangsung.

“Terkait nominal transaksi yang berhasil dicapai selama Jogja Heboh 2019 berlangsung, saya belum bisa menyampaikan nominalnya. Sebab belum ada laporan menyeluruh untuk capaian transaksi,” imbuhnya.

Selain terjadi peningkatan transaksi, Jogja Heboh 2019 juga berdampak terhadap peningkatan jumlah wisatawan yang dapat dilihat dari kenaikan jumlah penumpang kereta api yang menuju Yogyakarta dan kenaikan tingkat hunian atau okupansi perhotelan di DIY. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.