Berita Nasional Terpercaya

Balai Arkeologi DIY Luncurkan Ruang Peradaban

0

YOGYA, BERNAS.ID – Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan Ruang Peradaban yang ada di kantor instansi tersebut, Senin (4/3/2019). Ruang Peradaban merupakan ruang khusus sebagau media belajar sejarah dan budaya Nusantara masa lampau.

Kepala Balai Arkeologi DIY Sugeng Riyanto menjelaskan, Ruang Peradaban dibuat dari hasil penelitian yang ada di balai tersebut. Ini berdasarkan misi Pemerintah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional hingga 2025 adalah “mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila”.

“Ini diturunkan dalam Nawacita yang salah satu unsurnya melakukan revolusi karakter bangsa, serta memperkuat restorasi sosial Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, 60 persen bagian Ruang Peradaban dibuat sebagai tempat bersosialisasi dan diskusi secara lesehan. Ruang Peradaban dilengkapi dengan buku, brosur, berbagai media audio visual, dan ada peneliti atau narasumber yang bisa didatangkan untuk memberi informasi lengkap bagi siswa sekolah atau komunitas.

“Harapannya Rumah Peradaban bisa menjadi media belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah maupun masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di Indonesia ada tiga lokus situs yang menjadi fokus penelitian Balai Arkeologi, yakni situs manusia purba Pati Ayam di Kudus, Situs Liyangan, dan Situs Kota Lama Semarang. Dari ketiganya, sudah ada banyak materi yang bisa diakses di Ruang Peradaban Balai Arkeologi DIY. Ditambah juga materi dari Situs Plered di Bantul, DIY.

“Kini Ruang Peradaban tidak hanya ada di situs, tapi di kantor Balai Arkeologi,” ujarnya sambil menambahkan bahwa tahun ini pihaknya akan menambah koleksi dari Situs Plered, Bantul. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.