Gadis TK Hidup Tak Layak Bersama Kakek di Tengah Kota


14 Maret 2019

Mbah Cokro Utomo Parimin saat menjemput sang cucu, Cindy, dengan bersepeda onthel dari TK Perintis Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (13/3/2019). Foto : Tedy Kartyadi/Bernas.id

PURWOREJO, BERNAS.ID -Sungguh ironis di tengah hiruk-pikuk masyarakat perkotaan yang hidup serba wah, ada gadis kecil berusia Taman Kanak-kanak (TK) hidup bersama kakek-nenek tua renta di rumah yang sangat tak layak. Gadis kecil bernama Cindy Uristiyanti (7) yang ditinggal pergi sang ayah entah kemana sejak lahir dan sang ibu yang tinggal di panti rehabilitasi jiwa karena mengalami gangguan jiwa itu, kini tinggal bersama sang kakek Cokro Utomo Parimin (72) dan neneknya Tukiyem (70) di sebuah rumah tak layak di RT 03/RW 01 Desa Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo.

Setelah ditinggal kedua orangtuanya, Cindy dididik dan tinggal bersama kakek-neneknya sejak usia tiga bulan. Kedua orangtua Cindy berpisah sejak ia lahir. Ayahnya merantau di Jakarta menjadi buruh, sementara ibunya mengalami gangguan jiwa sehingga kini tinggal di panti rehabilitasi jiwa di Purworejo setelah beberapa kali masuk rumah sakit jiwa di Magelang.

"Saya merawat Cindy sejak usia tiga bulan. Kedua orangtuanya berpisah," kata Parimin (72), sang kakek, dalam bahasa Jawa yang kental saat ditemui Bernas.id di rumahnya di RT 03/RW 01 Desa Kledung, Karandalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (13/3/2019).

Ketika Bernas.id mendatangi sekolah Cindy, TK Perintis Kledung Karangdalem yang berjarak sekitar 2 kilometer dari rumahnya, ia duduk agak terpisah dari temannya. Cindy tampak murung dan diam, entah apa yang ada dalam benaknya. Ia baru bergeser perlahan saat diminta Kepala TK Kismiyati untuk merapat bergabung dengan temannya di ruang kelas yang berada di belakang Kantor Desa Kledung Karangdalem itu.

Tidak seperti teman-temannya yang selalu ceria dan langsung menjawab setiap kali ditanya, Cindy tampak pelit berbicara. Ia tak mengeluarkan sepatah kata pun ketika ditanya Bernas.id mengenai perasaannya saat bermain bersama teman-temannya. Begitu pula saat ditanya cita-citanya kelak ketika dewasa, Cindy hanya berbisik tanpa suara menyebut kata dokter.

Menurut Kismiyati, Kepala TK Perintis Kledung Karangdalemi, Cindy memang sangat berbeda dibanding teman-teman sekelasnya. "Mungkin merasa minder dengan kondisi rumah kakeknya yang sangat sederhana," kata Ibu Kismiyati setengah menduga.

Dikatakan, pada awal masuk TK tersebut, Juli 2018, Cindy secara tak sengaja datang ke TK tersebut. Melihat kondisi Cindya yang sangat memprihatinkan, Kismiyati mengajak Cindy untuk bersekolah. "Bajunya kotor, rambutnya panjang dan banyak kutunya. Pokoknya lusuh. Namun, kami mengajak untuk masuk TK. Dan ketika masuk TK, kami memberikan baju, sepatu dan seragam secara gratis. Rambutnya dipotong dan didandani sehingga bersih hingga sekarang," kata Ibu Kismiyati seraya menyebutkan bahwa Cindy hanya membayar SPP Rp 50.000 per bulan dan selebihnya tidak membayar apa pun alias gratis bahkan baju seragam, sepatu dan lain-lain gratis.

Seorang guru lainnya, Widihediyanti, mengatakan bahwa mereka menginginkan Cindy masuk SD umum setelah lulus TK, bukan masuk SLB seperti permintaan sebagian warga. "Banyak yang bilang setelah lulus TK, Cindy masuk SLB saja, tapi kami bilang tidak, dia harus masuk SD umum karena sebenarnya anaknya normal. Kalau sekarang kondisinya seperti ini bisa jadi karena ia sempat dididik ibunya yang mengalami gangguan jiwa," kata Widhihediyati.

Setiap hari, Cindy diantar-jemput sang kakek dengan sepeda onthel yang sudah butut/karatan. Dengan segala keterbatasan, sang kakek dengan setia mengantar-jemput sang cucu ke sekolah. Ketika ia terlambat menjemput karena sepeda onthelnya rusak atau karena alasan lain, guru-guru di sekolah tetap mendampingi Cindy sampai sang kakek datang. "Bu guru pasti tunggu sampai saya datang menjemput," kata Cokro Utomo Parimin yang pendengarannya sedikit terganggu.

Boleh jadi apa yang dialami Cindy saat ini sebagai akumulasi dari kondisi kedua orangtuanya yang berpisah (cerai), lebih-lebih setelah sang ibu kemudian mengalami gangguan jiwa dan tinggal di panti rehabilitas. Hal ini diperparah dengan kondisi kakek-nenek Cindy yang tinggal di rumah tak layak. Rumah dengan tembok berwarna putih kusam dan berlumut itu berlantai tanah. Meski pada siang hari, kondisi rumah berusia puluhan tahun warisan mbah buyut Cindy itu gelap dan pengap karena hampir tak ada ventilasi udara.

Rumah tersebut terdiri tiga bagian/ petak besar yang memanjang dari timur ke barat. Di bagian depan, terdiri dari ruang tamu di sisi barat atau kanan dari pintu masuk dengan tiga kursi lusuh dan sebagian sudah jebol, sementara di sisi timur atau kiri adalah ruang tidur terbuka Cindy bersama sang kakek dengan sebuah dipan yang dipenuhi pakaian yang bertumpukkan tak teratur.

Sementara di bagian tengah juga terdiri dari dua kamar. Kamar sebelah barat untuk tempat tidur sang nenek yang juga dipenuhi tumpukkan pakaian, sementara di sisi timur tempat menyimpan berbagai barang kebutuhan dapur. Sedangkan petak bagian belakang terdiri dari dapur (sebelah barat) dan tempat cuci di sisi timur. Selain gelap, kondisi rumah tampak basah/ lembab sehingga terasa pengap.  

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Cokro Utomo Parimin mengaku bekerja sebagai buruh tani dengan upah Rp 50.000 per hari. Dan itu pun kalau ada pekerjaan. "Kalau pas tidak ada pekerjaan ya mengandalkan kiriman dari anak saya di Jakarta. Kalau kirim antara Rp 200 ribu-Rp 300 ribu dan kadang Rp 500 ribu tapi sangat jarang," kata Parimin yang mengaku memiliki 4 anak, dua tinggal di Jakarta, seorang merantau di Jambi dan satu lagi berada di Purworejo, yakni ibunya Cindy yang kini tinggal di panti rehabilitasi jiwa.

Subardadi, Ketua RT 01/RW 01 Kledung Karangdalem yang mengantar Bernas.id ke rumah Parimin mengatakan, kondisi Parimin memang memprihatinkan. Selain mendapat upah sebagai buruh tani, ia juga mendapat bantuan dari pemerintah berupa raskin. Hal ini juga dibenarkan Sunaryo, Staf Kantor Desa Kledung Karandalem. Namun, Sunaryo sendiri mengaku tidak tahu persis bantuan apa saja dari pemerintah yang diberikan kepada Parimin. "Maaf soal bantuan untuk Mbah Parimin saya tidak tahu persis. Pak Lurah mungkin yang bisa menjelaskan," kata Sunaryo.

Bernas.id belum mendapatkan informasi/konfirmasi dari Lurah Kledung Karangdalem karena sedang tidak berada di tempat. Parimin sendiri mengaku mendapat Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari pemerintah, namun ia mengaku tidak tahu soal bantuan lainnya. "Saya dapat KIS," kata Parimin yang tak bisa berbahasa Indonesia ini.

Apa yang dialami Parimin, terutama kondisi rumah yang tak layak, sungguh ironis. Betapa tidak, rumah yang sebenarnya berada di wilayah perkotaan dan tak jauh dari jalan utama menuju kota Purworejo itu luput dari perhatian pemerintah setempat. Padahal banyak program pemerintah maupun swasta dalam hal bedah rumah, namun rumah Parimin yang- maaf-mirip kandang hewan itu, sama sekali tak tersentuh oleh program peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk program bedah rumah. (lip)

 


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Budaya

Ajak Masyarakat Peduli Alam Melalui Pameran

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bumi yang saat ini kita tinggali bukanlah milik manusia saja. Banyak makhluk hidup seperti tumbuhan dan binatang yang hidup bersama manusia sejak jutaan tahun lalu. Semua makhluk hidup tersebut terus berevolusi mengi ...

Politik

Effendi Sianipar : Masyarakat Punya Peran Jaga Kondusifitas Jelang Pelantikan Presiden

JAKARTA, BERNAS.ID - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Sianipar berharap, seluruh komponen bangsa bisa menjaga suasana yang kondusif serta keamanan menjelang pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma ...

Pendidikan

Hormat Bendera dalam Upacara, Simbol Penghargaan terhadap NKRI

SLEMAN, BERNAS.ID- Dalam rangka peringatan hari Santri, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta menggelar lomba pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat nasional untuk SLTA di kampus UIN Suka Yogyakarta s ...

Politik

Terima Pimpinan MPR, Presiden Jokowi Ingin Pelantikan Khidmat dan Sederhana

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Kesepuluh pimpinan MPR dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dalam per ...

Daerah

KPU dan Pemkab OKU Tandatangani NPHD

OKU, BERNAS.ID - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU menandatangani Naskah Perjanjian  Hibah Daerah (NPHD) bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Komplek Pemkab OKU, Senin (14/10/2019). Diungkap ...

Budaya

Ucap Syukur, 1000 Jeep Kenduri di Bunker Kali Adem

SLEMAN, BERNAS.ID- Sebagai bentuk rasa syukur, 1000 sopir jeep wisata Merapi menggelar Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi di Lapangan Boyong Kaliurang Sleman, Senin pagi 14 Oktober 2019. Kenduri syukur ini dilakukan sebab pasca erupsi ...

Politik

Diperkarakan Soal Cuitan, Hanum Rais Bolos Rapat Paripurna DPRD DIY

YOGYA, BERNAS.ID - Anggota DPRD DIY dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hanum Salsabiela Rais, hari ini (14/10/2019) mangkir dalam rapat paripurna ke-54 masa persidangan III tahun 2019. Berdasarkan pantauan Bernas.id, rap ...

DIY

KPK Akan Lumpuh dalam Tiga Hari ke Depan

SLEMAN, BERNAS.ID- Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM menyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan lumpuh dalam tiga hari ke depan jika pemerintah tidak melakukan intervensi dengan mengeluarkan Perppu KPK agar Undang-undang (UU) KPK ...

Daerah

Gowes Bersama Memeriahkan HUT TNI ke 74

OKU, BERNAS.ID - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) didampingi Dandim 0403/ OKU dan Kapolres OKU melepas ratusan peserta Gowes HUT TNI ke 74 dengan tema "Gowes Sehat Bersama TNI Profesional Kebanggaan Rakyat", di halaman Rumah Dinas B ...

Politik

Gabung di Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Pengamat: Prabowo Capek Jadi Oposisi

JAKARTA,BERNAS.ID - Kuat kemungkinan Partai Gerindra akan masuk ke dalam Pemerintahan Jokowi-Maruf. Setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu empat mata dengan Presiden Joko Widodo. Pengamat Politik, Hendri Satrio ...

Politik

Prabowo Dipastikan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipastikan akan hadir di acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada 20 Oktober 2019 mendatang. “Ya kalau ...

Hukum dan Kriminal

Abu Rara Mengaku Tidak Tahu Yang Ditusuknya Adalah Wiranto

JAKARTA, BERNAS.ID - Kepada polisi, Syahril Alamsyah alias Abu Rara mengaku dirinya tidak tahu kalau yang ditusuknya adalah Menko Polhukam Wiranto. Abu Rara menceritakan begitu melihat kapal dirinya secara spontan ke alun-alun. &ldquo ...

Pendidikan

STIEBBANK Tandatangani Kerjasama dengan Organisasi Pelaku Wisata

SLEMAN, BERNAS.ID- Kampus STIEBBANK Yogyakarta melakukan penandatanganan kerjasama dengan Badan Promosi dan Pariwisata Sleman (BPPS), Omah Bahasa, dan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) di Gelanggang Kampus STIEBBANK, Jumat 11 Oktober 2019 ...

Budaya

Tepis Kesan Ekslusif, Sejumlah Model Fashion Show Batik di Bandara Adisutjipto

SLEMAN, BERNAS.ID- Ada yang menarik di area ruang tunggu Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto. Sejumlah model berbusana batik berlenggak-lenggok memperagakan 28 rancangan busana milik Yunet Wahyuningsih, sekaligus menyapa secara la ...

DIY

Alumni UGM Setia Pancasila, Menolak Politisasi Agama di Kampus

SLEMAN, BERNAS.ID- Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Forum Madani menolak politisasi agama di kampus. Untuk itu, Alumni UGM Setia Pancasila mengeluarkan pernyataan sikap menyikapi perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini seperti kul ...

DIY

Muslim United Ngotot Diadakan Walau Tak Dapat Izin Kraton Jogja

YOGYA, BERNAS.ID -- Meskipun tidak diberi izin oleh Kraton Yogyakarta, acara Muslim United 2019 tetap nekat digelar di Masjid Gedhe Kauman, kompleks Kraton Yogyakarta. Ribuan orang tampak memadati tempat penyelenggaraan acara hari pertama, ...

DIY

Alumni Terusik dengan Sikap dan Ucapan Takmir Masjid UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Alumni Universitas Gadjah Mada dan Forum Madani menolak politisasi agama di kampus. Hal ini dilontarkan terkait adanya rencana kuliah umum Ustad Abdul Somad bertema "Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ...

Hukum dan Kriminal

Kondisi Terkini Wiranto, Sudah Bisa Bicara dengan Jelas

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Agum Gumelar, menjenguk Menko Polhukam di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dia menyebut kondisi Wiranto yang ditusuk saat berkunjung ke Pandeglang, Banten, semakin membaik. &ld ...

Politik

Wiranto Ditusuk, Arnold Thenu Minta Kepala BIN Dicopot

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua FORMAMA (Forum Masyarakat Maluku) Arnold Thenu, meminta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dicopot dari jabatannya atas rentetan peristiwa seperti kerusuhan Mei di Jakarta, kerusuhan Papua, aksi unju ...

Politik

Presiden Jokowi Jenguk Menkopolhukam di RSPAD Gatot Subroto

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Wiranto diketahui tengah menjalani penangan ...

Olahraga

Semaraknya Pembukaan Porda DIY 2019

YOGYA, BERNAS.ID - Ratusan penari  menyemarakkan pesta pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2019 yang  berlangsung di Stadion Mandala Krida, Kamis (10/10/2019) malam. Lewat seni gerak dan tari, ratusan pen ...

Politik

Presiden Jokowi : Usut dan Tindak Tegas Pelaku Serangan Terhadap Menkopolhukam

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Polri untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penusukan beserta jaringannya terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto ...

DIY

Proyek Apartemen Barsa City Diprotes Warga Sekitar

SLEMAN, BERNAS.ID- Proses pembangunan proyek konstruksi gedung bertingkat yang berdekatan dengan pemukiman padat penduduk acapkali menimbulkan persoalan sosial di masyarakat sekitar. Kamis siang (10/10), warga Padukuhan Ngentak Depok Caturt ...

Hukum dan Kriminal

Wiranto Ditikam, Pengamat Teroris: JAD Berafiliasi dengan ISIS Incar Pejabat Negara

JAKARTA, BERNAS.ID - Pelaku penikaman terhadap Menko Polhukam Wiranto disebut merupakan bagian dari kelompok teroris lama, yakni Jamaah Anshorud Daulah (JAD). Demikian dikatakan pengamat teroris, Al Chaidar saat dimintai t ...

DIY

Kebakaran Hanguskan Sebuah Rumah di Kemetiran

YOGYA, BERNAS.ID - Kebakaran telah menghanguskan rumah milik Mirianto, warga Kemetiran Kidul, Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta, Rabu (9/10/2019) malam. Diduga, penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Nugroho, salah ...

Olahraga

Obor Timoho Siap Kobarkan Semangat Atlet Porda XV dan Peparda II DIY

YOGYA, BERNAS.ID - Obor Timoho telah tiba di halaman Balaikota Jogja, Rabu (9/10/2019) malam, dalam Welcome Dinner Kontingen Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) II Tingkat DIY Tahun 2019. Obor karya pemaha ...

DIY

Tiba-tiba Ambrol, Dua Pekerja Tertimpa Reruntuhan Talud RSUD Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Tak dipungkiri, evakuasi salah satu korban yang tertimpa material talud sisi timur RSUD Sleman pada pukul 10.15 WIB membutuhkan waktu yang lama. Talud yang ambrol memiliki tinggi 3 meter dengan panjang 6 meter. Salah s ...

Daerah

Kesbangpol Sleman dan FKUB Sleman Lakukan Kunker ke Kota Pontianak

PONTIANAK, BERNAS.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sleman melalukan kunjungan kerja (kunker) dalam bentuk studi orientasi ke Kantor Kesbangpol Kota Pontianak, ...

Olahraga

Kota Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Porda 2019

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Paralympic Daerah (Peparda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2019 yang akan resmi dibuka besok Kamis 10 Oktober ...

DIY

UGM Meminta Kuliah Umum Ustad Abdul Somad Dibatalkan

SLEMAN, BERNAS.ID- Universitas Gadjah Mada (UGM) meminta rencana kuliah umum bersama Ustad Abdul Somad dan Profesor Dr Heddy Shri Ahimsa Putra, MBA, PhD pada hari  Sabtu, 12 Oktober 2019 jam 12.45 - 14.30 WIB bertema "Integrasi Is ...

Hukum dan Kriminal

BNNP DIY Musnahkan Sabu Sebanyak 5 Ribu Gram

YOGYA, BERNAS.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis metafetamin (sabu) sebanyak 5.465 gram. Barang bukti narkoba tersebut dimusnahkan dengan cara diarutkan dalam  air dan d ...

DIY

Sertijab, KSAU: AAU Berperan Strategis bagi Masa Depan TNI AU

SLEMAN, BERNAS.ID- Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melakukan serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Akademi Angkatan Udara dari Marsda TNI Tatang Harlyansyah kepada Marsda TNI Nanang Santoso dan penandatanganan pakta ...

Kesehatan

Ironi BPJS, Anggaran untuk Orang Miskin Dipakai Menalangi Orang Kaya

SLEMAN, BERNAS.ID- Perkiraan Defisit BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) saat ini sekitar 18 trilyun rupiah lebih. Untuk menalangi defisit BPJS itu, dana untuk orang miskin PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang bersumber dari APBN dipakai ...

Politik

BUMN Watch: Jangan Kasih Ruang Paham Radikal Menjalar di BUMN

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Koordinator BUMN Watch Naldi Haroen, SH., meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengangkat menteri yang diduga terpapar radikal. "Saat mengangkat menteri tahun 2019-2024 ini Presiden Jokowi harus ber ...

DIY

Jangan Ketinggalan, Hari Ini 8000 Lowongan Pekerjaan Dibuka di UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Bagi kamu para pencari kerja di Jogja, ayo datang ke Job Fair dan Career Expo, Be Hero For Your Life di Grha Saba Pramana UGM, dari tanggal tanggal 8-10 Oktober 2019. Job karir ini menawarkan 8000 lebih lowongan pekerjaan ...

Politik

Daerah-daerah Ini Mendapatkan Penghargaan Terinovatif, Yogya Kok Nggak Dapat !

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang inovatif. Pemberian penghargaan diberikan dalam acara malam puncak anugerah ‘Innovative Government Award 2019’ yang ...

Budaya

Kerennya Kapi-Kapi, Tokoh Wayang Khas Jogja, di WJNC Ke-4

YOGYA, BERNAS.ID - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ke-4 digelar Senin (7/10/2019) malam. Acara budaya yang megah ini digelar untuk merayakan HUT ke-263 Kota Yogyakarta. Ada satu hal yang menarik dari WJNC ke-4, yakni mengangkat tema W ...

DIY

Menaker: Saya Percaya Garis Tangan

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Hanif Dhakiri menyerahkan kepada pemilih alias Presiden Joko Widodo terkait apakah nanti dirinya akan dipilih lagi sebagai menteri tenaga kerja lagi. Ia mempercayai garis tangan. "K ...

DIY

Di Jogja, Menaker Berbicara Upskilling Tenaga Kerja

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Hanif Dhakiri menyebut pentingnya peningkatan skill bagi tenaga kerja di Indonesia karena saat ini ada sekitar 136 juta angkatan kerja. Namun, ia mengatakan 58 persennya lulusan SD dan SMP, ...

DIY

Jalan Jagalan Sudah Jadi Searah. Bagaimana Dampaknya?

YOGYA, BERNAS.ID – Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Jagalan Yogyakarta sudah menjadi satu arah dari selatan ke utara, sejak Jumat (23/8/2019) lalu. Hingga kini, masih sering ditemui beberapa pengendara kendaraan yang melanggar ...

Hukum dan Kriminal

Sabu-sabu Senilai 5 Milyar Gagal Diselundupkan Via Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID- Angkasa Pura I Yogyakarta melakukan ekpos temuan barang terlarang berwujud sabu-sabu 5,5 kilogram senilai 5 milyar rupiah yang coba diselundupkan melalui Bandara Adisutjipto pada hari Minggu tanggal 29 September 2019 seki ...

DIY

Warga Jogja Tanami Kawasan Proyek Mangkrak dengan Jagung

YOGYA, BERNAS.ID - Sudah satu bulan lebih proyek perbaikan Saluran Air Hujan di Jalan Babaran, Kota Jogja mangkrak, terhitung sejak tersandungnya proyek itu setelah dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Karena tak kunjung mendapa ...

DIY

#HUT263Jogja Jadi Trending Topik di Twitter

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hari ini tanggal 7 Oktober 2019, Kota Yogyakarta genap berusia 263 tahun. Warganet di seluruh Indonesia pun ramai-ramai mengucapkan selamat ulang tahun. Tak pelak #HUT263Jogja pun menjadi trending topik di jagat maya ...

DIY

Semangat Serbuan Kotabaru Diharapkan Diwarisi Semua Pihak

YOGYA, BERNAS.ID - Peristiwa Serbuan Kotabaru merupakan salah satu peristiwa heroik yang patut dikenang dan diperingati oleh bangsa Indonesia. Semangat para pejuang dalam mengalahkan tentara Jepang harus diwarisi oleh generasi masa kini. ...

Budaya

Kades Sendangadi Mlati: Festival Angon Bocah Bentuk Karakter Anak

SLEMAN, BERNAS.ID- Untuk mewujudkan Dusun Ramah Anak di wilayah Kabupaten Sleman, ratusan anak memeriahkan Festival Angon Bocah. Ratusan anak terlibat dalam sejumlah kegiatan, misalnya pertunjukan seni dan budaya, permainan tradisional, hin ...

Budaya

David Foster Tampil Spektakuler di Batik Music Festival

KLATEN, BERNAS.ID - Tiga mahakarya dunia, yakni Candi Prambanan, musik dari David Foster dan deretan musisi papan atas, dan batik, disatukan dalam Batik Music Festival, Sabtu (5/10/2019) malam di pelataran Candi Prambanan. Ini adalah ajang ...

Lingkungan

13 Pendaki Gunung Raung Berhasil Dievakuasi Tim SAR

BANYUWANGI, BERNAS.ID - Sebanyak 13 orang pendaki Gunung Raung berhasil dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, pada Sabtu (5/10/2019) pukul 11.30 WIB. Pendaki sebanyak 13 orang ini terdiri dari dua orang guide, dua orang porter, dua orang pendak ...

DIY

Rayakan HUT Pertama, LLDIKTI Wilayah V DIY Gelar Jalan Sehat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka memperingati HUT ke-1 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta digelar acara jalan sehat yang diikuti kurang lebih 600 peserta yang berasal dari PTS dan PTN wilaya ...

Lifestyle

Kustomfest 2019 Coba Kembali ke Akar Budayanya

BANTUL, BERNAS.ID - Indonesian Kustom Kulture Festival (Kustomfest) sudah menginjak usia kedelapan, dimana dalam proses perjalanannya makin memberi warna di ranah kustom kulture Nusantara.  Tahun ini, Kustomfest yang digelar 5-6 Oktobe ...

Budaya

Batik Music Festival Hadirkan David Foster di Prambanan Besok Malam

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga mahakarya dunia, yakni Candi Prambanan, musik dari musisi AS David Foster, dan batik, akan disatukan dalam Batik Music Festival, Sabtu (5/10/2019) malam di pelataran Candi Prambanan. Ini adalah ajang pertama yang di ...