Berita Nasional Terpercaya

Barahmus DIY Dorong Peningkatan Kualitas SDM Pemandu Wisata Museum

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID —Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pemandu museum di DIY, Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramuwisata Indonesia (Pramusindo) Jakarta dan Asdep Pengembangan SDM & Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI menyelenggarakan uji kompetensi bagi Pemandu Wisata Museum di Gedung F Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Senin (11/3/2019).
             
Direktur LSP Pramusindo Drs Budiarto mengemukakan, penyelenggaraann uji kompetensi merupakan wujud sinergisitas antara LSP Pramusindo dan Kemenpar RI dengan Barahmus DIY dalam rangka meningkatkan kompetensi pemandu wisata museum di DIY. Sebab, pemandu wisata museum merupakan garda terdepan dalam menginformasikan museum sebagai distinasi wisata yang menarik.
             
Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd mengaku bersyukur dapat menjalin kerja sama dengan LSP Pramusindo Jakarta. Mengutip PP No 66 tahun 2015, Bambang Widodo mengatakan bahwa museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi dan mengkomunikasikannnya kepada masyarakat. “Tugas pemandu museum seperti wartawan yaitu mengkomunikasikan museum dan koleksi kepada pengunjung serta mampu menjelaskan bahwa museum dapat sebagai wahana untuk membangun karakter bangsa dan menjadi sumber inspirasi bagi generasi milenial,” kata Bambang Widodo dalam rilis yang dikirim ke redaksi Bernas.id, Rabu (13/3/2019).
         
Joko Sulistyono SSn MM dari Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan antar Lembaga Kemenpar RI mengatakan, kompetensi pemandu wisata museum DIY diuji oleh para asesor LSP Pramusindo sehingga berkompeten dan mendapat sertifikat yang diakui oleh BNSP. “Pada tahun 2019 ini, kami ditargetkan memfasilitasi uji kompetensi di sektor pariwisata sebanyak 70.000 SDM di bidang pariwisata dapat terpenuhi,” kata Joko.
          
Menurut Bambang Widodo, uji kompetensi yang diikuti 50 peserta dari 18 museum di DIY ini dibuka secara resmi oleh Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Drs Suharja. (*/lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.