Berita Nasional Terpercaya

Tour de Jogja Ingin Mengenalkan NYIA

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pariwisata Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Tour de Jogja 2019, event sepeda berkonsep long distance cycling ?Exploride for Happiness Life? pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2019. Untuk lokasi Start dan Finishing berada di Kompleks Candi Prambanan.

Rute Tour de Jogja kali ini akan melewati rute sejauh 142 kilometer dan akan melewati landmark ikonik yang ada di Yogyakarta. Selanjutnya, pada spot-spot terpilih akan diberikan kejutan untuk menambah semangat para pesepeda.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Yogyakarta, Marlina Handayani mengatakan selain berolahraga,  Tour dengan Jogja ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan length of stay wisatawan. “Event bersepeda ini merupakan event tahunan. Tahun 2019 ini, event Tour de Jogja menjadi yang kedua,” katanya ketika konferensi pers di salah satu yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto, Jumat 15 Maret 2019.

“Kami memilih melintasi seluruh kabupaten yang ada di Yogyakarta untuk rute Tour de Jogja dengan harapan dapat merangkul seluruh masyarakat. Kita dapat berolahraga sekaligus bisa menikmati beberapa destinasi wisata yang dilewati acara Tour de Jogja,” imbuhnya.

Ia mengatakan untuk target 1000 peserta, tapi malah bisa mencapai 1250 peserta dari dalam negeri dan luar negeri, seperti dari Korea, Jepang, Kanada, Malaysia, dan lainnya. “Baru dibuka, dua Minggu sudah penuh,” ucapnya.

Untuk rute, Marlina juga menyebut lebih mayoritas di daerah Kulonprogo yang akan lebih memperkenalkan NYIA. Selama rute berlangsung peserta akan melewati 3 Check Point (CP) yaitu CP1 di Sumber agung, CP 2 di SD Gembongan, dan CP3 di SD Gentan. Ketiga check point tersebut sudah mendapat persetujuan pengelola dan pemerintah daerah.

“Setiap check point, akan ditampilkan tarian tradisional yang diambil dari masyarakat lokal. Di rute-rute tersebut, ada sejumlah lokasi destinasi wisata yang baru, misal di Kecamatan Giripurwo, terdapat mini Indonesia, ada penganut lima agama di sana,” tambahnya.

Total hadiah yang dibagikan dalam Tour de Jogja sebesar Rp50 juta. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.