Berita Nasional Terpercaya

Audit Mutu Perguruan Tinggi Jangan Hanya Basa-basi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID —Perguruan tinggi harus secara serius dan rutin melakukan audit mutu internal guna menghadapi persaingan global yang kian ketat dan menyiapkan lulusan yang kreatif-inovatif serta melek teknologi. Untuk itu, setiap perguruan tinggi perlu banyak tenaga auditor yang kompeten dan qualified. Karena itu, perguruan tinggi perlu mengikuti pelatihan dan sertifikasi para anggota dengan kesadaran internal, bukan karena adanya tuntutan regulator atau perintah Kemenristek-dikti.

Hal itu disampaikan Pakar Manajemen Pendidikan Tinggi Prof Dr  Edy Suandi Hamid dalam ceramahnya pada Pelatihan Auditor yang diikuti 60 peserta dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia, di kampus Universitas Muhammadiyah Tangerang, Minggu (7/4/19).

Menurut Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta yang juga mantan Ketua Umum APTISI ini, banyak PT yang melakukan audit internal ala kadarnya, hanya basa-basi atau memenuhi formalitas. Aibatnya, lebih banyak menghamburkan energi dan biaya.”Karena hanya basa-basi sehingga secara substantif tidak memberikan manfaat apa-apa. Padahal dari audit internal ini diharapkan bisa memotret utuh kualitas dari unit-unit yang diaudit, bagaimana proses akademik dilakukan. Dapat diketahui apa kekurangannya, apa yang harus diperbaiki dan dilakukan ke depan,” ujar Prof Edy Suandi Hamid.

Menurut mantan Rektor UII dua periode ini, dengan audit mutu bisa dicermati kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh PT dengan kenyataan di lapangan. Dengan demikian, jika audit bisa dilakukan rutin setiap semester, ditangani oleh tenaga yang kompeten, kemudian ada tindak lanjut hasil, maka bisa diharapkan akselerasi perbaikan mutu lembaga akan terjadi.

Kompetisi antarunit untuk perbaikan kualitas juga akan terjadi. Ini akan menimbulkan evolusi berkelanjutan sehingga terjadi percepatan peningkatan mutu secara terus menerus.”Jika ini sudah terjadi, maka budaya mutu juga akan mewujud. Ini berarti perguruan tinggi tersebut sudah punya modal besar untuk bersaing bukan saja pada level lokal atau bahkan nasional, tetapi juga global. Akreditasi unggul juga akan mudah diperoleh, bahkan akreditasi internasional,” tutur Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammdiyah ini dalam rilis yang dikirim ke redaksi Bernas.id, Minggu (7/4/2019). (*/lip)

Leave A Reply

Your email address will not be published.