Berita Nasional Terpercaya

Relawan Tidur-tiduran di Lapangan Parkir dengan Alas Seadanya Demi Indonesia Maju

0

JAKARTA, BERNAS.ID –Jarum jam menunjukkan angka 01.00 pada Sabtu (13/4/2019) dinihari. Sebuah bus warna biru melaju pelan mencari posisi parkir yang tepat. Dari kejauhan sudah terlihat puluhan bus pariwisata dan ratusan mobil pribadi berjejer rapi di lapangan parkir bagian Barat Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Dari dalam bus warna biru, Pandawa 87, satu per satu penumpang yang mengenakan kaos serba putih turun, lalu menuju kamar mandi dan sebagian lagi ke helipad untuk mencari tempat dan tidur-tidur dengan alas seadanya, seperti karung plastik, kertas kresek atau kertas koran. Sebagian duduk-duduk sambil menikmati makanan dan minuman ringan yang dibawa dari rumah masing-masing. Sebagian lagi jalan-jalan sekadar untuk menikmati udara pagi yang segar di pagi hari itu.

Itulah yang dialami ratusan relawan pendukung pasangan calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'aruf Amin yang tergabung dalam berbagai kelompok relawan dari DIY, seperti Seknas Jokowi, Foreder, Bejo, Srikandi Griya Relawan Jokowi- Amin. Mereka rela berkoban apa saja demi mendukung calon yang diusung menuju Indonesia yang lebih maju. Mereka tidak hanya berkorban tenaga dan waktu, tapi juga materi.

“Kami dari Jogja, murni relawan dari beberapa organ. Berangkat ke Jakarta atas inisiatif sendiri dengan biaya sendiri. Kami berjuang tanpa kenal lelah karena ingin mendukung capres yang sudah jelas dan hasil kerjanya nyata demi Indonesia yang lebih baik dan maju,” kata Bunda Erna, salah seorang relawan dari Foreder yang mengikuti rombongan Srikandi Griya Relawan Jokowi-Amin, ke Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Relawan yang mengikuti rombongan Srikandi Griya Relawan Jokowi-Ma'aruf pimpinan Indriana Fatmawati itu berangkat dari Jogja dengan menggunakan bus Pandawa 87. Relawan yang berjumlah 50 orang itu berangkat dari Posko Srikandi Griya Relawan Jokowi-Amin di Jalan Tajem Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jumat (12/4/2019) pukul 14.00 dan tiba di lapangan parkir sebelah Barat Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) pukul 01.00 dinihari WIB setelah beberapa kali berhenti istirahat di beberapa rest area maupun SPBU di luar jalan. Perjalanan yang aman, nyaman dan lancar karena melalui jalan tol mulai dari Salatiga hingga Jakarta.

Di sepanjang perjalanan, para relawan bernyanyi bersama, bercanda-ria sambil sesekali menjadi “pengamat politik” menganalisa masalah politik terkini dan penuh optimisme. Ketika sampai di lapangan parkir Gelora Bung Karno, sebagian beristirahat, sebagian duduk-duduk di dalam bus namun tak sedikit yang duduk dan tidur-tiduran di helipad lapangan parkir Gelora Bung Karno yang berkapasitas 200 bus pariwisata itu, dengan alas seadanya.

Ketika rombongan Srikandi Griya Relawan Jokowi-Amin pimpinan Indriana Fatmawati dan Mohammad Wahyudi tiba pukul 01.00 WIB dinihari, sudah ada puluhan bus pariwisata dan ratussan mobil pribadi di lapangan parkir yang mengantar relawan dari berbagai daerah, termasuk dari Bekasi, Cirebon, Boyolali, Tangerang. Sambil menunggu fajar menyingsing, mereka yang tiba lebih awal beristirahat dengan alas seadanya di ruang terbuka. Sebagian duduk-dukuk ngobrol sambil menikmati makanan dan minuman ringan yang dibawa dari rumah masing-masing.

Menurut Bunda Erna, sebagai sesama relawan pendukung pasangan 01, mereka sering bersinergi. Dan dengan adanya kampanye akbar di Gelora Bung Karno, mereka berunding bagaimana caranya agar bisa turut meramaikan GBK. “Kami sepakat urunan untuk semua fasilitas dan akomodasi untuk berangkat ke GBK. Alhamdulillah, kami bisa sampai di sini menjadi saksi dan bagian dari sejarah kampanye akbar 01. Kami satu bus adalah gabungan relawan Griya Relawan Yogyakarta,” kata Bunda Erna kepada Bernas.id yang mengikuti rombongan tersebut. Hal yang sama disampaikan Bunda Erna saat ditanya wartawan CNN Indonesia, baik media televisi maupun online.

Ketika ditanya mengapa mendukung pasangan 01, Bunda Erna mengatakan karena capres 01 sudah jelas dan nyata hasil kerjanya. “Selain itu, kami sebagai generasi tua rela jatuh bangun mendukung pasangan 01 demi menunjukkan pada generasi muda bahwa petahana adalah pintu menuju bangsa yang lebih maju dengan rekam jejak yang nyata, yang sangat layak diperjuangkan untuk terpilih kembali,” kata Bunda Erna panjang lebar usai mengikuti kampanye rapat umum terbuka di Gelora Bung Karno.

Hal yang sama juga dilakukan relawan asal Cirebon. “Dari Cirebon ada 7 bus. Dan kami rombongan pertama yang tiba di sini,” kata Edy Syamsul, pimpinan rombongan dari Cirebon ketiks ditemui Bernas.id saat duduk-duduk bersama anggota rombongan di helipad lapangan parkir Gelora Bung Karno.

Menurut Edy Syamsul, warga Cirebon sangat antusias menghadiri kampanye rapat umum terakhir guna memberi dukungan kepada pasangan Jokowi-Amin. Dan mereka rela mengeluarkan biaya menuju GBK demi mendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'aruf Amin. Dan Edy Syamsul optimistis pasangan Jokowi-Amin bisa meraih 80 persen suara di Cirebon.

“Kami sangat optismis pasangan Jokowi-Amin bisa menang telak di Cirebon karena banyak pembangunan yang telah dihasilkan dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Cirebon yang mayoritas nelayan,” kata Edy Syamsul yang menjadi panitia pada penerimaan Jokowi saat berkampanye di Cirebon beberapa waktu lalu.

Pengorbanan para relawan tidak hanya pada saat tiba dengan tidur-tiduran di lapangan parkir. Ketika sampai di dalam stadion pun, banyak yang rela berdiri di lapangan selama acara berlangsung, karena tidak mendapat kursi atau tempat duduk di tribun. Di bawah panas terik matahari sejak pagi, mereka tetap ceria, berjoget, bernyanyi dan meneriakkan yel-yel untuk memberi semangat bagi calon yang di dukung. Karena cuaca panas, para petugas GBK pun menyemprotkan air ke tegah lapangan untuk memberi kesejukan kepada para relawan. Dan meski basah kuyup, para relawan tetap bertahan hingga acara dimulai hingga berakhir pukul 17.00 wib.

Rombongan relawan dari Jogja sedikit beruntung karena berkat perjuangan yang berat bisa mendapat kursi di tribun sehingga bisa duduk sejak pukul 11.00 hingga pukul 16.30 wib. Sepanjang acara berlangsung, suasana gegap gempita dengan berbagai yel yel dan lagu-lagu ciptaan para relawan, termasuk relawan dari Solo yang lengkap dengan alat musik drum. “Jokowi wae, ojo liyane, Jokowi wae, Jokowi lagi,” demikian lirik sebuah lagu yang dibawakan ribuan relawan asal Solo diiring alat musik drum yang diikuti sebagian besar relawan yang ada di dalam stadion GBK.

Meski acara resmi baru dimulai pukul 12.00 dan capres Jokowi baru hadir dan tampil di panggung pukul 16.00, para relawan tetap setia menunggu sejak pagi hingga acara selesai. Mereka dihibur ratusan artis beken ibukota sehingga cuaca panas dan rasa capai terobati. “Sama sekali gak terasa capai. Perjalanan penuh kegembiraan, apalagi baru pertama kali ini melihat langsung Gelora Bung Karno. Kalau bukan untuk Jokowi, mungkin gak bisa lihat Gelora Bung Karno,” kata Bu Aris, relawan lainnya.

Cuaca stadion yang awalnya sempat panas tak membuat peserta kampanye yang berada di lapangan stadion beranjak. Mereka berjoget-joget mengikuti irama musik dan lagu-lagu yang dibawa ratusan artis bekean seperti penyanyi rap Iwa K, Abdee Slank, Addie MS, Cak Lontong, Olla Ramlan, Arie Kriting, Angel Karamoy dengan pembawa acara Indra Bekti dan Gading Marten serta Cak Lontong. (lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.